Cara Mudah Menghapus Ribuan Broken Link di Blogger

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan berbagi tips dan trick cara mudah mencari dan menghapus link rusak di dalam blogger. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Broken Link

Broken link atau link rusak, adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan link yang tidak dapat ditemukan. Biasanya kita akan menemukan pesan error 404 not found saat mengakses link tersebut, tapi tidak terbatas hanya error 404 saja, bisa jadi error 400 bad request, bad host, bad url, dsb. Dan hal seperti ini tentu sangat tidak nyaman bagi pengguna. Link-link ini dapat berasal dari dalam blog maupun dari luar blog kita.

Hal ini bisa terjadi karena 2 hal, pertama karena typo saat memasukkan link atau link tersebut sudah dihapus oleh pemilikinya. Tempatnya bisa di dalam artikel atau di dalam komentar.

Selain membuat pengguna tidak nyaman, hal ini juga membuat blog tidak SEO frendly, dan berdampak pada penurunan reputasi blog di dalam mesin pencari. Terus gimana nih caranya membuang broken link tersebut? kalo artikelnya banyak capek dong nyarinya satu-satu. Tenang, ayo ikuti caranya di bawah ini.


Cara Mudah Menghapus Ribuan Broken Link di Blogger

1. Silahkan kalian buka link berikut ini, https://www.brokenlinkcheck.com/
2. Lalu masukkan alamat blog kalian pada form seperti gambar di bawah ini, lalu klik tombol find broken links
cek broken link sahretech
Cek broken link



3. Selanjutnya akan tampil gambar seperti di bawah ini. Silahkan masukkan security code, lalu pilih report distinct broken links only. Lalu klik find broken links now
cek broken link sahretech
Cek broken link



4. Tunggu proses analisanya hingga selesai. Setelah selesai akan tampil gambar seperti di bawah ini.

sahretech
Hasil cek broken link

Penjelasan

Gambar tersebut, adalah hasil analisa yang dilakukan terhadap blog sahretech. Datanya dipresentasikan dalam bentuk tabel. Kalian bisa cek halaman yang mengadung broken link dengan menekan tombol url pada kolom page where found. Dan jika kalian ingin melihat broken linknya langsung silahkan klik tombol src.

Server response, adalah tanggapan yang diberikan oleh server saat kalian mengakses link yang rusak. Klik link yang ada di dalam kolom server response untuk melihat jenis-jenis link bermasalah.

Sedikit tips, jika kalian menemukan broken link seperti ini https://www.blogger.com/profile/10163454182316485649 maka letaknya ada pada kolom komentar. Jika kalian lihat sekilas mungkin tidak masalah, menjadi masalah saat profilenya diklik, saat kalian klik maka error yang kalian dapatkan adalah 404. 



Menghapus Link di Dalam Artikel

Klik tombol url pada tabel hasil yang kalian dapatkan. Selanjutnya masuk ke dalam dashboard blogger kalian lalu cari artikel yang mengandung link rusak. Kemudian buka dan hapus link tersebut dengan menggunakan editor blogger 


Menghapus Link di Dalam Komentar

Klik tombol url pada tabel hasil yang kalian dapatkan. Selanjutnya masuk ke dalam dashboard blogger lalu cari komentar yang merujuk ke url tersebut. Lalu hapus komentar secara permanen. 

Jika komentar tidak dihapus secara permanen maka broken link akan tetap muncul, karena yang dihapus hanya komentarnya saja, sedangkan broken link ada pada profile.


Jika semula blog kalian terjadi penurunan, mungkin ini bisa jadi penyebabnya. Silahkan cek blog kalian secara berkala, dan jika ditemukan link yang rusak segera dihapus dan mudah-mudahan reputasi blog kalian meningkat, view dan penghasilan juga bertambah banyak.

Sekian tips dan trick cara mudah menghapus ribuan broken link di blogger. Semoga bermanfaat, kurang lebihnya saya mohon maaf. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial keren lainnya.


No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik