Edit Tabel yang Sudah Dimigrasi Di laravel dengan File Migration

Share:
Edit Tabel yang Sudah Dimigrasi Di laravel dengan File Migration
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara mengedit kolom pada tabel yang salah melalui migration. Penasaran?, ayo ikuti langkahnya di bawah ini.



Sebelumnya saya sudah menulis tutorial cara menambahkan kolom baru di tabel yang sudah ada pada laravel melalui migration, klik tautan berikut ini untuk membaca. https://www.sahretech.com/2023/01/laravel-migration-menambahkan-kolom.html

Pada kesempatan kali ini kita akan mengedit atau merubah struktur tabel yang sudah dimigrasi di laravel. Jika tabel yang dikerjakan masih sedikit, kalian bisa menggunakan perintah php artisan migrate:rollback untuk mengedit ulang file migrasi yang terdapat kesalahan.

Tapi jika project yang dikerjakan semakin besar dan memiliki banyak sekali tabel di dalamnya, dan ternyata kalian harus memperbaiki salah satu tabel yang sudah ada sebelumnya, maka menggunakan cara yang saya sebutkan di atas bukanlah solusi.

Untuk memperbaiki kesalahan tersebut kita bisa menggunakan library doctrine/dbal. Library ini sangat mudah digunakan, dan history perubahan tabel juga tetap tercatatat. Bagaimana cara menggunakannya?, ikuti selengkapnya di bawah ini.


Cara Mengedit Struktur Tabel yang Sudah Dimigrasi di Laravel

1. Agar tutorial ini sederhana dan mudah dimengerti, saya akan menggunakan contoh tabel users yang sudah ada di laravel. Silahkan migrasi terlebih dahulu dengan menjalankan perintah di bawah ini.
php artisan migrate



2. Di bawah ini adalah contoh tabel user yang sudah kita migrasi. Tapi ternyata terdapat kesalahan dan kita perlu merubah type pada kolom name dari varchar menjadi text.

Cara Mengedit Struktur Tabel yang Sudah Dimigrasi di Laravel
Tabel Users



3. Silahkan kalian jalankan perintah di bawah ini untuk mendownload library yang dibutuhkan. Dan pastikan kalian berada pada direktori project laravel terlebih dahulu. Lalu tunggu sampai proses download selesai.
composer require doctrine/dbal



4. Jalankan perintah di bawah ini untuk membuat file migration baru. edit_column_to_users_table adalah nama untuk file migration. Kalian bisa membuat nama file sesuai dengan keinginan kalian.
php artisan make:migration edit_column_to_users_table --table=users



5. Selanjutnya buka file migration yang baru kita buat sebelumnya dan edit file tersebut seperti script di bawah ini.

<?php use Illuminate\Database\Migrations\Migration; use Illuminate\Database\Schema\Blueprint; use Illuminate\Support\Facades\Schema; class EditColumnToUsersTable extends Migration { /** * Run the migrations. * * @return void */ public function up() { Schema::table('users', function (Blueprint $table) { $table->text('name')->change(); }); } /** * Reverse the migrations. * * @return void */ public function down() { Schema::table('users', function (Blueprint $table) { // }); } }



6. Ok, semua langkah sudah kita kerjakan. Saatnya lakukan migrasi dengan menjalankan perintah di bawah ini.
php artisan migrate


7. Jika berhasil dan tidak terdapat error. Maka kalian dapat melihat adanya perubahan pada tabel users seperti gambar di bawah ini.

Edit Tabel yang Sudah Dimigrasi Di laravel dengan File Migration
Hasil Akhir



Ok, sekian tutorial kita kali ini tentang cara mengedit atau merubah tabel yang sudah ada di laravel dengan migration. Semoga tutorial singkat ini bermanfaat dan dapat diimplementasikan. Jika ada pertanyaan, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi