Laravel Migration, Menambahkan Kolom Baru ke Tabel yang Ada di Laravel

Share:
Laravel Migration, Menambahkan Kolom Baru ke Tabel yang Ada di Laravel
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara menambahkan kolom baru ke tabel yang sudah ada melalui laravel migration. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya di bawah ini.



Mungkin sebagian dari kalian masih bingung bagaimana cara menambahkan kolom baru ke tabel yang sudah ada. Biasanya dengan menjalankan php artisan:migrate rollback masalah ini sudah terselesaikan.

Tapi bagaimana jika saat mendevelop program dan tabel sudah sangat banyak, sedangkan kita harus menambahkan beberapa kolom ke tabel yang sudah dibuat sebelumnya. Menjalankan php artisan:migrate rollback bukanlah solusi. Solusi yang sangat mudah adalah dengan menggunakan migration baru untuk menambah kolom ke tabel yang sudah ada sebelumnya. Bagaimana caranya?, ayo ikuti tutorialnya di bawah ini.


Cara Menambahkan Kolom Baru ke Tabel yang Sudah Ada di Laravel

1. Sebagai contoh sederhana, saya akan memanfaatkan tabel users yang sudah ada di laravel. Silahkan jalankan perintah di bawah ini untuk membuat tabel baru ke dalam database.
php artisan migrate


2. Berikut ini tabel user yang ada di dalam database. Tapi ternyata saat telah dimigrasi, kita perlu menambahkan beberapa kolom baru ke dalam tabel users. Berikut ini tabel users di laravel tanpa diedit apapun.

Cara Menambahkan Kolom Baru di Tabel yang Sudah Ada
Table Users di Laravel



3. Ok silahkan jalankan perintah di bawah ini untuk membuat migration baru. add_some_column_to_users_table adalah penamaan file migration. Jadi kalian bebas membuat nama file yang diinginkan.
php artisan make:migration add_some_column_to_users_table --table=users


4. Lalu buka file migration yang baru kita buat sebelumnya. Lalu tambahkan beberapa kolom baru di dalamnya, seperti script di bawah ini. Cara menambahkan kolom baru sama dengan saat kalian membuat file migration, jadi jangan bingung.

<?php use Illuminate\Database\Migrations\Migration; use Illuminate\Database\Schema\Blueprint; use Illuminate\Support\Facades\Schema; class AddSomeColumnToUsersTable extends Migration { /** * Run the migrations. * * @return void */ public function up() { Schema::table('users', function (Blueprint $table) { $table->text('address'); $table->string('phone_number'); $table->enum('gender', ['male', 'female']); }); } /** * Reverse the migrations. * * @return void */ public function down() { Schema::table('users', function (Blueprint $table) { // }); } }


5. Jalankan perintah php artisan migrate. Jika tidak terjadi error maka silahkan buka kembali database kalian dan hasilkan akan tampak seperti gambar di bawah ini. Terlihat tedapat 3 kolom baru yang sudah berhasil kita tambahkan melalui migration.

Laravel Migration, Menambahkan Kolom Baru ke Tabel yang Ada di Laravel
Menambahkan Migration baru



Ok sekian tutorial singkat kita kali ini tentang cara menambahkan kolom baru ke tabel database di laravel. Semoga bermanfaat dan dapat diimplementasikan. Jika ada pertanyaan, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi