Membuat ListView di Dalam List View (Nested) pada Flutter

Share:
Membuat ListView di Dalam List View (Nested) pada Flutter
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan yang berbahagia kali ini saya akan berbagi tutorial cara menggabungkan widget listview dan widget-widget lainnya di flutter. Atau cara membuat ListView di dalam ListView, atau bisa kita sebut ListView n Penasaran?, ayo ikuti selengkapnya di bawah ini.


P: Bro, gw bingung kok pas widget listview digabung dengan widget lain error atau kadang ada tulisan overlaod size ya?

J: Oh, itu mah gampang. Pertama lu harus bungkus dengan list dulu, terus baru lu tambahin deh listview lagi di dalamnya. Tapi inget harus nambahin shrinkWrap: True, dan physics: NeverScrollablePhysics() biar gak error, dan berjalan sesuai keinginan.

P: Oh, gimana?, gimana?.

J: Ok, coba lu ikutin caranya di bawah ini.

Pada tutorial kali ini kita akan membuat layout flutter yang terdiri dari beberapa widget sekaligus. Widget ini diantaranya ada list view dan widget-widget lainnya seperti text. Untuk gambaran wireframenya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

List View Nested
Struktur Widget Tree



Cara Menggabungkan ListView dan Widget Lainnya di Flutter

1. Buatlah sebuah project baru, silahkan buka visual studio code kalian masing-masing. Lalu tekan tombol ctrl + shift + P bersamaan pilih flutter new project → pilih folder bebas → beri nama project "latihan list_view_nested".

2. Buka file main.dart. Lalu ganti isi di dalamnya dengan script yang ada di bawah ini. Untuk penjelasan, sudah saya jelaskan di dalam script dan di dalam tabel penjelas. Jika masih kesulitan, silahkan tanya di kolom komentar.
    

import 'package:flutter/material.dart'; void main() { runApp(MaterialApp( //menghilangkan label debug di kanan atas debugShowCheckedModeBanner: false, title: "Latihan List View", home: MyApp(), )); } class MyApp extends StatefulWidget { const MyApp({Key? key}) : super(key: key); @override _MyAppState createState() => _MyAppState(); } class _MyAppState extends State<MyApp> { @override Widget build(BuildContext context) { return Scaffold( appBar: AppBar( // membuat title app bar berada di tengah atas title: Center(child: Text("News App")), ), //bungkus semua widget di dengan listview terlebih dahulu //widget di dalam listview seperti padding, singlechildscrollview, dan listview body: ListView( children: [ Padding( padding: EdgeInsets.only(top: 20, left: 15), child: Text("Headline News"), ), //singlechildscrollview berfungsi untuk membuat widget dapat discroll //fungsinya hampir sama dengan listview SingleChildScrollView( //untuk merubah arah scroll menjadi ke kanan scrollDirection: Axis.horizontal, child: Row( children: [ Padding( padding: const EdgeInsets.only(top: 15, left: 15), child: Container( width: 200, height: 150, decoration: BoxDecoration( color: Colors.grey, image: DecorationImage( image: NetworkImage( "https://cdn.pixabay.com/photo/2016/10/19/08/57/mountains-1752433__340.jpg"), fit: BoxFit.cover)), ), ), Padding( padding: const EdgeInsets.only(top: 15, left: 15), child: Container( width: 200, height: 150, decoration: BoxDecoration( color: Colors.grey, image: DecorationImage( image: NetworkImage( "https://cdn.pixabay.com/photo/2016/08/27/14/38/mountains-1624284__340.jpg"), fit: BoxFit.cover)), ), ), ], ), ), Padding( padding: const EdgeInsets.only(top: 15, left: 15), child: Text("List All News"), ), //membuat listview di dalam listview //perhatikan beberapa properti di dalamnya untuk menghidnari error ListView( //Jika tidak menyetel properti shrinkWrap, ListView akan sebesar induknya. //Jika menyetelnya ke true, maka besarnya akan menyesuaikan dengan ukuran content di dalamnya shrinkWrap: true, //membuat widget tidak dapat discroll sendiri //scrolling mengikuti parent physics: NeverScrollableScrollPhysics(), children: [ ListTile( leading: Container( height: 50, width: 50, decoration: BoxDecoration( color: Colors.grey, image: DecorationImage( image: NetworkImage("https://cdn.pixabay.com/photo/2016/11/23/18/29/cloudy-1854241__340.jpg"), fit: BoxFit.cover)), ), title: Text("judul pertama"), subtitle: Text("deskripsi pertama"), trailing: Icon(Icons.bookmark) ), ListTile( leading: Container( height: 50, width: 50, decoration: BoxDecoration( color: Colors.grey, image: DecorationImage( image: NetworkImage("https://cdn.pixabay.com/photo/2016/11/23/18/29/cloudy-1854241__340.jpg"), fit: BoxFit.cover)), ), title: Text("judul kedua"), subtitle: Text("deskripsi kedua"), trailing: Icon(Icons.bookmark) ) ], ), ], ), ); } }


Tabel Penjelas

# Syntax/Script Keterangan
1 appBar: AppBar( title: Center( child: Text("News App") ), ), Membuat app bar, dengan judul appbar berada di tengah
2 body: ListView(…..) Untuk membuat berbagai widget yang dapat discroll, kita perlu menggunakan ListView() pada body: sebagai induk dari semua widget.
3 SingleChildScrollView(…..) Widget ini memiliki fungsi yang sama dengan ListView(), yaitu untuk membuat widget di dalamnya dapat discroll. Perbedaan widget ini dengan listview builder adalah, widget ini hanya dapat menerima satu anak(child), sedangkan ListView dapat menerima banyak anak(children)
4 scrollDirection: Axis.horizontal, Membuat widget dapat discroll ke samping
5 ShrinkWrap: true ListView yang berada di dalam ListView, perlu ditambahkan properti ini. Properti ini berfungsi agar widget tidak sebesar parent.
6 physics: NeverScrollableScrollPhysics(), Membuat widget tidak dapat discroll, scolling mengikuti parent



3. Ok, semua tahap sudah dikerjakan. Sekarang tinggal melakukan uji coba. Jalankan emulator kesayangan kalian. Dan jika berhasil, maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

List View Nested Flutter
Hasil Akhir



Mantap!, sekarang kalian sudah mulai pro nih. Kalian sekarang sudah bisa membuat tampilannya yang sedikit rumit dengan berbagai widget yang bsia digunakan sesuai kebutuhan. Oh, ya. Saya juga sudah membahas beberapa artikel terkait dengan pemrograman flutter yang bisa kalian pelajari secara mandiri.


Sekian tutorial kita kali ini tentang cara menggabungkan listview dan widget lainnya di flutter. Semoga bermanfaat. Jika ada kesulitan, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah post ini atau tanya langsung di fanspage sahretech. Sekian, terima kasih dan sampai jumpa.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi