Cara Mudah Berpindah Halaman di Flutter dengan Parameter

Share:
Cara Mudah Berpindah Halaman di Flutter dengan Parameter
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Kali ini kita akan belajar bagaimana cara berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya di flutter. Penasaran?, ayo ikuti pembahasannya berikut ini.

Di flutter, cara untuk berpindah halaman ke halaman lainnya cukup mudah. Kita bisa menggunakan script Navigator.push() untuk berpindah ke halaman yang dituju, dan menggunakan Navigator.pop() untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Nah pada tutorial kali ini kita akan membuat dua buah halaman sederhana, pertama halaman utama yang menampilkan tombol, dan jika tombol tersebut diklik maka akan menuju ke halaman kedua. Di halaman kedua kita akan menampikan parameter yang telah dikirim dari halaman sebelumnya dan membuat tombol untuk kembali ke halaman sebelumnya. Pada tutorial kali ini sekaligus kita akan belajar:

     ⦿ Cara berpindah halaman
     ⦿ Cara kembali ke halaman sebelumnya
     ⦿ Cara mengirim data ke halaman lain
     ⦿ Cara membaut button dengan aksi


Cara Berpindah Halaman di Flutter dengan Parameter

1. Buatlah sebuah project flutter baru. Caranya buka visual studio code ctrl + shift + P  flutter new project → pilih folder(bebas) → beri nama project “latihan_pindah_halaman”.

2. Buka file main.dart, lalu ganti script yang ada dengan script yang ada di bawah ini. Untuk penjelasannya sudah saya sertakan di script dan di dalam tabel penjelas di bawah ini.
    

import 'package:flutter/material.dart'; import 'detail_page.dart'; void main() { runApp( MaterialApp( title: "App", home: MyApp() ) ); } class MyApp extends StatelessWidget { //menentukan variabel untuk dikirim String title = "Lorem Ipsum"; String desc = "Lorem ipsum sit dolor amet"; @override Widget build(BuildContext context) { return Scaffold( appBar: AppBar( title: Text("Latihan Pindah Halaman"), ), body: Center( //membuat tombol child: ElevatedButton( //aksi yang akan dijalankan saat tombol diklik/ditekan onPressed: () { //navigator.push adalah fungsi di flutter untuk berpindah halaman Navigator.push( context, // DetailPage adalah halaman yang dituju MaterialPageRoute( builder: (context) => DetailPage( title: title, desc: desc, ) ), ); }, child: Text("klik untuk menuju ke halaman lain")), ), ); } }

Saat dicopas akan terjadi error pada bagian import, dan DetailPage(). Hal itu wajar dan tidak perlu khawatir, karena kita belum membuat DetailPage. Di tahap selanjutnya kita akan membuatnya.

Tabel Penjelas

No Syntax/Script Keterangan
1 String title = "Lorem Ipsum";
String desc = "Lorem ipsum sit dolor amet";
Variabel yang akan dikirim sebagai parameter ke page selanjutnya
2 Center(…..) Membuat widget berada di tengah layar
3 ElevatedButton(
     onPressed: (){
      .....
     }
)
Membuat button, di dalam button kalian boleh membuat/mengkustomisasi banyak hal, seperti merubah warna, menambahkan tulisan. onPressed adalah perintah yang jika button diklik maka akan menjalankan fungsi yang ada di dalamnya
4 Navigator.push(
     context, MaterialPageRoute(
          builder: (context) => DetailPage(
              title: title,
              desc: desc,
          )
     ),
);
Navigator.push() adalah perintah untuk berpindah halaman. DetailPage() adalah halaman yang dituju. Title dan desc adalah parameter yang akan dikirim ke halaman yang dituju



3. Selanjtunya kita perlu membuat halaman yang dituju. Buatlah sebuah file baru di dalam folder lib. Lalu isi dengan script yang ada di bawah ini.
        

import 'package:flutter/material.dart'; class DetailPage extends StatelessWidget { //constructor DetailPage({required this.title, required this.desc}); //properti String title; String desc; @override Widget build(BuildContext context) { return Scaffold( appBar: AppBar( title: Text("Detail Page"), ), body: Center( child: Column( mainAxisAlignment: MainAxisAlignment.center, children: [ //menampilkan title yang dikirm Text(title, style: TextStyle(fontSize: 25),), //menampilkan desc Text(desc), ElevatedButton( //Navigator.pop() digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya onPressed: (){ Navigator.pop(context); }, child: Text("Kembali"), ) ], ), ), ); } }

4. Setelah semua tahapan sudah kita kerjakan saatnya kita melakukan uji coba. Silahkan jalankan project ini dan jika berhasil maka tampilannya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Berpindah Halaman di FLutter dengan parameter
Hasil Akhir



Sekarang kita sudah tahu caranya berpindah halaman di flutter. Selanjutnya kalian bisa melakukan improvisasi secara mandiri dengan menggunakan data api, list view dan widget flutter lainnya sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Ok, sekian tutorial kali ini tentang cara berpindah halaman di flutter. Semoga bermanfaat, jika kalian kesulitan, atau ada pertanyaan lainnya, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini atau tanya langsung di fanspage sahretech. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik