5 Pekerjaan Paling Dicari di Era Big Data Saat ini

Share:
5 Pekerjaan Paling Dicari di Era Big Data Saat ini
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Saat ini adalah eranya big data, suatu era yang menjadikan data aktifitas manusia di dunia maya menjadi hal terpenting terhadap keberlangsungan bisnis perusahaan. Lantas apa yang dimaksud dengan big data? Pengertian Big data adalah sebuah sebutan untuk data massive baik data terstruktur ataupun tidak terstruktur yang dapat dimanfaatkan perusahaan sebagai dasar informasi untuk dijadikan acuan strategi bisnis yang lebih baik.

Dengan menguasai big data, sebuah perusahaan dapat memenangkan persaingan bahkan meskipun tidak memiliki infrastruktur offline yang memadai, contohnya kemampuan perusahaan ride hailing seperti Grab dan Gojek dalam memanfaatkan big data mengenai kebutuhan pengguna transportasi, walaupun kedua perusahaan transportasi online ini tidak memiliki cukup banyak uang untuk memulai bisnis transportasi, mereka sukses menggeser perusahaan transportasi yang sudah beroperasi puluhan tahun di Indonesia.

Begitu juga dengan perusahaan startup lain seperti e-commerce, yang dengan kecanggihan digitalnya mampu mengambil alih transaksi berbagai bisnis retail yang memiliki bisnis di berbagai kota di tanah air. Kesimpulannya adalah kesuksesan mereka terjadi karena perusahaan-perusahaan startup berbasis teknologi ini memahami konsep memaksimalkan data-data calon pengguna yang tersebar di dunia maya. Bagaimana dengan kalian?, apakah kalian semua telah bersiap untuk berkontribusi di pasar digital yang terus berkembang saat ini?.


Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Mudah Membuat Form Otomatis terisi Atau Autofill Dengan Jquery Ajax read more
📰 2. Input dan Menampilkan Data Tanpa Reload dengan Jquery Ajax read more
📰 3. Cara Membuat Form Input Add More/Tambah Dinamis dengan php dan MySQL read more


5 Pekerjaan Berprospek di Era Big Data

Ada lima kemampuan yang paling dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di era big data seperti saat ini. Lima kemampuan tersebut sangat penting dalam memaksimalkan kemajuan perusahaan dengan memanfaatkan big data yang ada.

big data
Big Data



Data Scientist

Data scientist yaitu seorang yagn bertanggung jawab dalam mengolah data, dan menginterpretasikannya ke berbagai bentuk informasi yang dibutuhkan oleh berbagai pihak, terutama pihak manajemen dalam mengambil keputusan. Mereka yang ingin bergelut di bidang ini, haruslah paham mengenai pemrograman, matematika, dan statistika.


Data Engineer

Bila seorang data scientist bertanggung jawab mengolah data, sebaliknya data engineer bertanggungjawab untuk mengembangkan algoritma komputer agar dapat meningkatkan aksesibilitas terhadap data, terutama data-data yang tidak terstruktur dari big data. Sedangkan data engineer, mereka harus mampu merancang struktur data yang baik untuk sebuah sistem.


Tujuannya adalah agar data yang disimpan tidak mudah terjadi redudansi atau duplikasi data, selain itu strukturnya harus benar-benar ramping agar tidak ada space yang terbuang sia-sia dan agar aplikasi dapat tetap berjalan optimal. Selain dituntut memiliki kemampuan algoritma pemrograman, sistem database, bahasa pemrograman, data engineer juga diharuskan memiliki tanggung jawab terhadap infrastruktur sistem data perusahaan.


Data Analyst

Data analis adalah mereka yang bertanggung jawab untuk menganalisis data mana saja yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk kepentingan bisnis di masa kini dan masa yang akan datang. Seorang data analyst diharuskan untuk mempunyai kemampuan mengolah data yang mumpuni, sehingga mereka bisa menampilkan data yang dapat dipahami oleh staff lain dan top level management. Skill atau kemampuan dalam hal matematika, statistika, logika dan kemampuan pemrograman menjadi kunci utama jika kalian ingin menjadi seorang data analyst.


Data Architect

Jika data engineer berkaitan erat dengan infrastruktur dan sistem pemrograman data, maka data architect lebih fokus pada aspek desain database dan sistem aksesnya. Bisa dikatakan data architect ini memegang core sistem database yang dimiliki oleh perusahaan.

Data architect juga memiliki peran melakukan perancangan dan pengujian prototype database yang lebih efisien, cepat, rigid, reliable serta tentunya realtime. Skill yang diperlukan selain kemampuan database management juga berkaitan dengan pemrograman data.


Database Administrator

Database administrator berfungsi mengelola data perusahaan, dan menentukan role pengaturan akses data untuk setiap jenjang managerial dalam perusahaan. Hal ini bertujuan menjaga agar data perusahaan hanya dapat diakses oleh bidang atau staff yang memang memiliki tanggung jawab terhadap sebuah data.

Database administrator harus menjamin database bisa selalu diakses dan reliable, mereka diwajibkan memiliki pengetahuan pemrogramman dan database management system.

Dari lima jenis pekerjaan di era big data diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa skill pemrogramman menjadi salah satu skill yang paling dibutuhkan dalam dunia big data. Agar bisa bersaing di era big data ini kita bisa belajar tutorial pemrograman terupdate atau mengikuti kursus pemprograman guna meningkatkan skill pemrograman kita.

Sekian pembahasan kali ini tentang 5 Pekerjaan Paling Dicari di Era Big Data saat ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel keren dan menarik lainnya. :D

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik