Apa itu Startup?, Sejarah, Karakteristik dan Komunitasnya di Indonesia

Share:
pengertian dan sejarah startup
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah startup. Kata startup sebenarnya serapan dari bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses awal sebuah organisasi atau usaha bisnis. Maraknya kata startup, membuat kita yang awam bertanya-tanya apa itu startup dan bagaimana sejarahnya di Indonesia?. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu startup, sejarah singkat, karakterisitk dan komunitas startup di Indonesia. Ayo simak selengkapnya di bawah ini.


Pengertian Startup

Menurut Wikipedia startup adalah perusahaan yang belum lama beroperasi, baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Belakangan startup sering dikaitkan dengan hal-hal tentang teknologi, website, aplikasi, internet dan apapun yang berhubungan dengan itu. Tapi intinya, startup itu adalah perusahaan rintisan atau perusahaan baru yang sedang dikembangkan.


Sejarah Singkat Startup

Startup mulai populer secara internasional pada era buble dot-com. Fenomena buble dot-com dimulai pada tahun 1998-2000. Berisikan perusahaan dot-com yang didirikan secara bersamaan dan dengan gencarnya perusahaan-perusahaan itu membuka website pribadinya.

Sementara menurut Ronald widha dari TemanMacet.com, startup bukan hanya perusahaan baru yang berkaitan dengan teknologi, Dunia Maya, aplikasi atau produk melainkan juga merupakan jasa dan gerakan yang mampu mandiri tanpa bantuan perusahaan yang lebih besar dan mapan.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Mudah Membuat Form Otomatis terisi Atau Autofill Dengan Jquery Ajax read more
📰 2. Input dan Menampilkan Data Tanpa Reload dengan Jquery Ajax read more
📰 3. Cara Membuat Form Input Add More/Tambah Dinamis dengan php dan MySQL read more


Karakteristik Perusahaan Startup

1. usia perusahaan yang kurang dari 3 tahun
2. pegawai kurang dari 20 orang
3. pendapatan kurang dari 100.000 dolar/ tahun
4. dalam proses berkembang
5. biasanya beroperasi dibilang teknologi
6. produk berupa aplikasi digital dan
7. beroperasi melalui website.


Perkembangan bisnis startup di Indonesia cenderung cukup pesat dan menggembirakan. Setiap bulan ada saja startup-startup baru yang bermunculan. Menurut dailysocial.net, lebih kurang 1500 startup lokal ada di Indonesia. Banyaknya pengguna internet di Indonesia menjadikan bisnis startup ini menjamur dan mengalami peningkatan. Menurut Rama Mamuaya, CEO Dailysocial.net, di Indonesia startup dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu :

1. Startup pencipta game
2. Startup aplikasi edukasi
3. Startup perdagangan misalnya e-commerce dan portal informasi.

Pembuatan game dan aplikasi edukasi yang tergolong relatif mudah menyebabkan startup dibidang ini yang menurutnya memiliki pasar potensial dan terbuka di Indonesia. Sementara e-commerce masih memiliki tantangan yang cukup besar disebabkan kurangnya penggunaan kartu kredit oleh masyarakat. Namun sebaliknya startup dibidang informasi atau berita perkembangannya malah sangat pesat lagi.

Pengertian Startup sahretech
Hasil survey 2017, Pertumbuhan Pengguna Internet-APJII
sumber: www. teknopreneur.com



Komunitas Founder-Founder Startup di Indonesia

1. Bandung digital vallery (bandungdigitalvallery.com)
2. Jogja Digital vallery (jogjadigitalvalerry.com)
3. Ikitas (www.ikitas.com) inkubator bisnis yang ada di Semarang.
4. Stasion(stasion.org) wadah startup lokal Semarang

Dan komunitas lainnya yang mungkin belum saya ketahui. Komunitas memudahkan para founder untuk saling berbagi informasi, membimbing dan menjaring investor. Kompetisi yang diadakan perusahaan-perusahaan seperti Telkom bisa diikuti oleh founder-founder startup dan menjadikan perusahaan tersebut sebagai investor mereka.

Tim yang solid merupakan hal utama untuk mendirikan startup sehingga ide-ide baru yang kreatif dan inovatif yang bermunculan serta eksekusi yang tepat dapat memudahkan founder menarik minat masyarakat maupun investor. Eksekusi tidak tepat yang dilakukan founder startup bisa mengakibatkan mereka mengalami kegagalan.

Sekarang contoh startup-startup lokal yang telah sukses di dunia Maya adalah Kaskus, Tokopedia, gojek dan lainnya. Semoga kedepannya bisa terus bertambah dan berkembang agar bisa menjangkau pengguna internet internasional semisal Facebook, Twitter dll.

Sekian artikel kali ini tentang apa itu startup, sejarah singkat, karakteristik  dan komunitas startup di Indonesia. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kasih komentar kalian di bawah ini. Terima kasih dan sampai jumpa.


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik