5 Situs Freelance Terbaik di Dunia, Patut Dicoba!

Share:
5 situs freelance terbaik
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Mendapatkan pekerjaan terkadang menjadi hal tersulit bagi sebagian orang. Kalian yang pernah menjadi jobseeker pasti telah memahami tantangan dalam mencari pekerjaan, apalagi disaat pandemi seperti sekarang ini. 


Kendala seperti PHK massal, menjadikan jobseeker tidak memiliki kesempatan mengikuti proses seleksi recruitment karyawan baru. Karena banyak daerah melakukan pembatasan masuk kewilayahan tersebut. Dikarenakan hal ini banyak jobseeker yang beralih menjadi freelancer.

Istilah freelancer dikenal sebagai pekerja lepas atau pekerja independen yang tidak memiliki keterikatan dengan sang pemberi kerja. Berikut ini 5 situs Freelance terbaik yang ada di dunia yang sering menjadi acuan jobseeker.


Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Mudah Membuat Form Otomatis terisi Atau Autofill Dengan Jquery Ajax read more
📰 2. Input dan Menampilkan Data Tanpa Reload dengan Jquery Ajax read more
📰 3. Cara Membuat Form Input Add More/Tambah Dinamis dengan php dan MySQL read more


1. Upwork

Freelance asal Amerika ini awalnya bernama Elance-oDesk. Namun pada tahun 2015 berganti nama menjadi Upwork Global inc. Jumlah freelancer nya sudah mencapai 12juta orang dan clientnya mencapai 5juta orang. Upwork menyediakan setidaknya 3juta pekerjaan freelance tiap tahun. Tawaran pekerjaan di Upwork pun beragam, dari proyek jangka pendek sampai proyek jangka panjang dan sulit dengan sistem pembayaran kontrak perjam hingga kontrak per proyek. Namun Upwork mengkhususkan diri pada bidang software dan digital marketing saja.

5 situs freelance terbaik dunia
upwork.com



2. Guru

Guru atau yang mulanya bernama eMoonlighter.com terbentuk di tahun 1998 dan berpusat di Pittsburgh Pennsylvania, Amerika. Guru memiliki sebuah ide baru yang mereka namai SmartMatch technology pada tahun 2002 dimana tekhnologi ini akan menyesuaikan data dalam resume dengan pekerjaan yang diinginkan oleh freelancer. Teknik khusus dari industrial and organizational psychology digunakan pada website ini untuk memahami sifat dan mampu menempatkan freelancer dengan sebuah pekerjaan yang tepat, misalnya marketing, sales, penulis, penerjemah hingga desain. Pengguna website ini telah berjumlah 3juta orang. Semakin bagus review freelancer tersebut maka semakin dicari oleh para client.

guru.com situs freelance terbaik dunia
guru.com



3. Toptal

Website bonafit ini memiliki kriteria freelancer top 3% saja yang terpilih dan berhak mendapatkan pekerjaan hanya dalam masa pencarian 2 hari saja. Karena seleksi yang ketat membuat Toptal hanya berisikan orang-orang dengan jam terbang yang tinggi dibidangnya. Pekerjaan yang ditawarkan mulai dari software development, desainer, finance consultants dan product manager. Perusahaan pengguna Toptal antara lain Shoopify, Airbnb, Duolingo, Bridgestone,USC dll.

toptal.com situs freelance terbaik dunia
toptal.com



4.Peopleper Hour

Berasal dari Inggris, People per Hour dibentuk di tahun 2007 dan menjadi website freelance pertama di UK. Penggunanya hampir 3juta orang dan telah mendapatkan £ 137juta dari para freelancer. Jenis pekerjaan yang ditawarkan sperti asset management, 3D printing , Facebook consultants sampai menjadi penerjemah. 

peopleperhour.com



5. Fiverr

Berkantor di Tel Aviv, Israel dan terbentuk sejak tahun 2010, Fiverr menawarkan pekerjaan seperti desainer grafis programmer, editor video, penulis hingga penerjemah. Rata-rata gaji yang dibayarkan pada freelancer yang terdaftar di situs ini dengan rate awal USD 5, dan bertambah seiring banyaknya Gigs. Gigs adalah servis yang ditawarkan di website ini.

fiverr.com



Pertumbuhan Fiverr cenderung sangat cepat. Dari Tahun 2011 penambahan transaksi mencapai 600% dan di tahun 2012 website ini telah menyediakan pekerjaan sebanyak 1,3 juta dan menjadikan Fiverr website yang berada dalam Top 100 terpopuler di Amerika. Bahkan pada tahun 2013 berhasil masuk dalam Top 200 website terpopuler dunia.

Demikian pembahasan kita kali ini, untuk kalian para jobseeker ataupun freelancer tetap semangat ya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika ada pertanyaan silahakan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya. :D

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik