Membuat Bottom Navbar Bootstrap Seperti di Mobile App

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesemptan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat bottom navbar seperti aplikasi mobile dengan menggunakan bootstrap. Bagaimana cara buatna?, ayo ikuti selengkapnya berikut ini.


Aplikasi mobile saat ini umumnya meletakkan navbar atau menu di bagian bawah seperti aplikasi youtube, instagram, tokopedia, twitter, dan aplikasi-aplikasi lainnya. Alasan kenapa menu pada aplikasi mobile di letakkan di bagian bawah adalah untuk memudahkan user untuk mengakses menu yang ada, karena memang saat user menggunakan smartphone jari-jari tangan berada dekat dengan bagian bawah layar smartphone.

Dan pada umumnya, aplikasi berbasis website meletakkan menu pada bagian atas. Baik diakses menggunakan laptop atau smartphone, menu tetap (fix) berada di bagian atas. Nah sekarang apakah mungkin merubah menu yang semula di bagian atas menjadi ke bagian bawah?. Ya, tentu saja mungkin, dan caranya sangat mudah.

Pada kesempatan kali ini kita akan dibantu dengan menggunakan bootstrap. Jadi kita tidak membutuhkan css sama sekali. Cara implementasinya cukup mudah dan tidak perlu menerapkan script yang membingungkan.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Study Case : Membuat Website Berita dengan menggunakan NewsAPI dan Bootstrap read more
📰 2. Cara Memuat Website Pencarian Trending dengan Google Trends dan Php read more
📰 3. Apa itu Brute Force Attack dan Berikut Tips Manjur Untuk Mencegahnya Komputer read more


Cara Membuat Bottom Navbar Bootstrap

1. Buatlah sebuah file baru dengan nama index.html. Lalu copy script di bawah ini dan paste ke dalam file tersebut.


<!DOCTYPE html> <html lang="en"> <head> <meta charset="UTF-8"> <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0"> <title>Bottom Navbar Bootstrap</title> <link rel="stylesheet" href="https://stackpath.bootstrapcdn.com/bootstrap/4.3.1/css/bootstrap.min.css" integrity="sha384-ggOyR0iXCbMQv3Xipma34MD+dH/1fQ784/j6cY/iJTQUOhcWr7x9JvoRxT2MZw1T" crossorigin="anonymous"> </head> <body> <!-- Bottom Navbar --> <div> <nav class="navbar navbar-dark bg-danger navbar-expand"> <ul class="navbar-nav nav-justified w-100"> <li class="nav-item"> <a href="#" class="nav-link"> Beranda </a> </li> <li class="nav-item"> <a href="#" class="nav-link"> Cari </a> </li> <li class="nav-item"> <a href="#" class="nav-link"> Notifikasi </a> </li> <li class="nav-item"> <a href="#" class="nav-link"> Bookmark </a> </li> </ul> </nav> </div> <div class="container mt-4"> <div class="card"> <div class="card-body"> <p>Lorem ipsum, dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Nostrum exercitationem alias libero mollitia esse, illum odio ex perspiciatis omnis voluptate ducimus, corporis cupiditate nobis corrupti voluptatum fugit at dolor eaque. </p> </div> </div> </div> </body> </html>

Script di atas adalah contoh script sederhana cara membuat navbar dengan bootstrap yang saya ambil dari dokumentasinya. Jadi tidak ada yang sangat membingungkan, dan saya kira tidak perlu dijelaskan. 

2. Selanjtunya jalankan halaman tersebut di browser, lalu klik kanan → inspect element → toggle device toolbar. Lihat gambar di bawah ini untuk melihat detailnya.

membuat bottom navbar bootstrap
Tampilan navbar



Terlihat pada hasil yang ditampilkan, menu masih berada di bagian atas layar. Jadi langkah selanjutnya kita perlu melakukan modifikasi agar menu bergeser ke bagian bawah layar.

3. Silahkan copy script di bawah ini dan tambahkan pada bagian class <nav>.


fixed-bottom

Lihat gambar di bawah ini bagaimana cara menambahkan script di atas pada bagian class <nav>

membuat bottom navbar dengan bootstrap
Membuat navbar ke bagian bawah

fixed-bottom adalah class di dalam bootstrap. Fungsinya untuk membuat element berada tetap di bagian bawah meski layar discroll ke atas atau ke bawah.

Kemudian saat dijalankan maka hasilnya akan berubah seperti gambar di bawah ini. Menu yang semula berada di bagian atas, langsung berubah dan berada di bagian bawah. Bagiaman caranya sangat mudah kan?.

membuat bottom navbar dengan bootstrap
Hasil bottom navbar dengan bootstrap




Merubah Label Menu menjadi Icon

1. Selanjutnya kita akan merubah label tiap menu menjadi icon. Icon yang akan kita gunakan adalah icon yang sudah disediakan bootstrap. Klik link berikut ini untuk melihat list iconnya https://icons.getbootstrap.com/

bootstrap icon
Bootstrap icon



2. Silahkan pilih dan klik salah satu icon yang ada. Lalu copy kode svgnya seperti contoh di bawah ini

bootstrap icon
Bootstrap icon



3. Buka kembali file index.html kalian. Lalu replace kata beranda dengan kode yang kita dapatkan sebelumnya. Dan jangan lupa untuk merubah width dan height svgnya menjadi 1.5em.

Jalankan kembali project kalian. Dan hasilnya akan berubah seperti gambar di bawah ini.

merubah navbar icon
Merubah navbar icon



Keren!, silahkan lakukan hal yang serupa dengan menggunakan icon yang berbeda-beda. Jika sudah maka tampilannya akan tampak seperti aplikasi mobile pada umumnya. Padahal ini kan website. Hehehehe 😎

merubah navbar icon
Merubah navbar icon




Ok, sekian tutorial cara membuat bottom navbar bootstrap seperti mobile app. Semoga dapat membantu, jika ada yang sulit dipahami silahkan langsung tanyakan di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial desain dan programming keren lainnya

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik