Cara Mudah Membaca Google Trends Untuk Riset Internet Marketing

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah di artikel kali ini kita akan membahas salah satu tools internet yang cukup bermanfaat yang disediakan oleh google untuk memudahkan para pegiat internet marketing untuk melihat peluang pasar internet lokal maupun interlokal. Yaitu Google Trends. Ayo ikuti pembahasannya berikut ini.



Google trends adalah salah satu layanan gratis google yang dapat digunakan oleh orang awam sekalipun untuk melihat pembahasan apa yang sedang trends saat ini secara global atau pembahasan yang bisa disesuaikan berdasarkan negara. Kalian bisa mengunjungi situsnya langsung di link berikut ini https://trends.google.com


Google trends akan melakukan rekap tiap tahunnya untuk melihat pencarian apa saja yang paling laku atau paling populer sepanjang tahun tersebut. Jika kalian mengunjungi laman utama google trends, kalian akan menemukan rekap pencarian google yang sudah dirangkum sejak tahun 2001.Dengan begitu kalian bisa membuat rewind versi kalian sendiri nih, heheheh..


Cara Menggunakan Google Trends

Cara menggunakan google trends cukup mudah, pertama kalian perlu menyesuaikan pencarian berdasarkan negara terlebih dahulu. Pilih negara Indonesia, di bagian paling atas google trends, di bagian sebelah kanan layar.

sahretech
Melakukan pencarian
trending berdasarkan negara


Lalu scroll ke bagian bawah sampai kalian menemukan bagian "Trending baru-baru ini". Google akan memunculkan pencarian yang paling populer di bagian tersebut, tapi kalian juga bisa melihat bagian yang lebih detail untuk mengetahui trend yang terjadi di hari-hari sebelumnya. Klik penelusuran trending lainnya untuk melihat detail trending.

sahretech
Detail trending saat ini



Cara melihat Seberapa Trending Suatu Topik

Selain bisa melihat urutan pencarian paling populer, kalian juga bisa melihat seberapa kuat pencarian suatu topik. Caranya kalian tinggal ketik kata yang ingin dicari di bagian kotak pencarian Pelajari topik.

sahretech
Mencari topik


Kalian bisa mencari apa saja, mau secara luas seperti teknologi, atau bagian-bagian tertentu seperti merk hp xiaomi. Setelah kalian melakukan pencarian, maka datanya akan ditampilkan dalam bentuk diagram garis seperti gambar di bawah ini.

sahretech
Hasil pencarian topik google trends



Cara Membandingkan Suatu Topik dengan Topik Lainnya

Nah ini nih fitur yang nggak kalah seru, kalian bisa membandingkan suatu topik dengan topik lainnya loh. Topik yang kalian bandingkan juga gak cuma satu, tapi bisa banyak loh. Caranya mudah sekali, kalian tinggal ketik kata apa yang ingin dicari di kotak pencarian topik. Disini saya ingin membandingkan bahasa pemrograman php dengan bahasa-bahasa lainnya.

Setelah muncul hasilnya untuk bahasa php, selanjutnya klik bandingkan dan ketik bahasa pemrograman apa yang ingin kalian bandingkan dengan bahasa pemrograman php. Kalian dapat membandingkan lebih dari 1 bahasa seperti gambar di bawah ini.

sahretech trends
Perbandingan Bahasa Program




Tidak hanya bahasa pemrograman, kalian juga bisa membandingkan merk tertentu, popularitas suatu lembaga tertentu, olahraga, dan banyak hal lainnya.

Dengan mempelajari googl trends kalian bisa mendapatkan insight baru tentang harus bagaimana menjual produk yang kalian punya., dan membangun bisnis yang lebih dicintai masyarakat tentunya. 


Sekian artikel cara mudah membaca google trends untuk riset internet marketing. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya 😃

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik