Cara Cepat Membuat Popup di Wordpress

Share:
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Salah satu fitur yang cukup bermanfaat untuk diterapkan sebagai media iklan di sebuah website adalah fitur popup. Popup adalah dialog box yang muncul di tengah layar website saat kita membuka laman tertentu atau melakakukan aksi tertentu.




Fitur ini biasa kalian temui di website-website e-commerce seperti lazada, tokopedia, shopee atau lainnya untuk menampilkan promo atau info yang menarik. Dengan hadirnya fitur ini, informasi menarik seperti promo dan semacamnya dapat lebih mudah terlihat user.

Pada tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat popup di website wordpress dengan menggunakan plugin yang ada, cara membuatnya sangat mudah. Mari ikuti tutorialnya berikut ini.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Membuat Upload Gambar dari Webcam dan Prosesnya dengan Php, Jquery, dan Mysql read more
📰 2. Cara Membuat Drag dan Drop File dan Prosesnya dengan Php, Mysql dan Dropzone Js read more
📰 3. Cara Cepat Membuat Back-end Restful API Tanpa Coding dengan Typicode Json Server Komputer read more
📰 4. Cara Menggabungkan Website dengan Iframe Komputer read more

Cara Mudah Membuat Popup di Wordpress

1. Masuk/login ke wordpress kalian masing-masing. Lalu masuk ke menu plugins tambah baru → cari di kotak pencarian CM Popup → klik install sekarang → aktifkan

cara cepat membuat popup di wordpress
Download dan install CM Popup



2. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke halaman popup setting seperti gambar di bawah ini. Lalu klik add new campaign untuk membuat popup baru.
 
cara membuat popup di wordpress
CM Popup



3. Kemudian isi semua informasi yang akan ditampilkan. Tampilan di bawah ini mirip dengan tampilan saat kalian membuat post baru. Silahkan tambahkan judul dan content seperti gambar yang saya contohkan di bawah ini.
 
Membuat popup di wordpress
Membuat popup




4. Kemudian scroll ke bawah, maka kalian akan melihat ada campaign options. Lalu centang show on homepage untuk menampilkan popup di halaman depan.

Karena optional maka kalian bisa melewati bagian lainnya dan langsung menekan tombol terbtikan untuk langsung melihat popup. Untuk keterangan tiap konfigurasinya bisa kalian lihat seperti berikut ini:

No Syntax/Script Penjelasan
1 Type Pilih model popup yang ingin ditampilkan. Untuk langkah awal silahkan pilih popup saja
2 Disable Campaign Jika kalian centang, maka campaign ini tidak akan dimunculkan
3 Width & Height digunakan untuk menentukan lebar dan tinggi popup yang akan ditampilkan. Secara default lebarnya adalah 400px dan tingginya adalah 600px
4 Background Color digunakan untuk merubah latar belakang popup. Kalian bisa mencari warna yang cocok di internet. Cari dengan kata kunci html color atau hexadecimal color
5 Shape digunakan untuk menentukan bentuk popup yang akan ditampilkan, seperti bentuk kotak atau memiliki lengkungan di setiap ujung popup
6 Center content vertically digunakan untuk membuat popup berada di tengah secara vertical
7 Center Content Horizontally digunakan untuk membuat popup berada di tengah secara horizontal
8 Underlay type digunakan sebagai lapisan belakang popup, apakah gelap atau terang
9 Hide Devices with Width Less Than Diisi dengan angka, dan jika diisi maka popup tidak akan ditampilkan pada layar dengan lebar di bawah angka yang kalian input
10 Show on Every Page, Home Page or Selected Page digunakan jika kalian ingin menampilkan popup pada halaman atau post tertentu saja.


Jika dijalankan, maka tampilannya akan tampak serperti gambar di bawah ini. Gampang kan!.
 
cara membuat popup di wordpress
Tampilan popup





Sekian tutorial membuat popup pada wordpress. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial wordpress lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik