Apa itu LAN, MAN, WAN dan Disertai Contoh-contohnya

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Kali ini kita akan belajar jaringan, dalam pembahasan apa itu LAN, MAN, dan WAN dan disertai dengan contoh-contohnya. Ayo ikuti selengkapnya berikut ini.


Dalam jaringan komputer, jenis jaringan dapat dibedakan menurut ukuran dan lebar area jangkauan. Terdapat beberapa istilah, diantaranya: LAN, MAN, dan WAN. Ketiga istilah tersebut biasa didengar oleh anak IT, bahkan istilah ini tetap dibahas di bangku perkuliahn. Tapi apa sih sebenarnya penjelasan dari ketiga istilah tersebut?, dan apa saja contohnya?


Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Bagaimana cara google mengenal dan mengerti para penggunanya? read more
📰 2. Cara Membuat Widget Pencarian Trending dengan Google Trends di Blogger read more
📰 3. Cara Mudah Membaca Google Trends Untuk Riset Internet Marketing read more

Pengertian LAN

LAN adalah singkatan dari local area network, yaitu suatu jaringan yang menghubungkan antara komputer  ke komputer lain di area lokal atau di area yang tidak begitu luas. Seperti sebuah rumah, gedung kantor, gedung sekolah, gedung rumah sakit atau laboratorium komputer.

Setiap perangkat komputer yang terkoneksi dengan jaringan LAN dapat melakukan komunikasi, bertukar data dan informasi, berkirim pesan, mengakses atau berbagi resource dari komputer lain seperti printer.

Satu komputer biasanya menjadi server dan komputer lain menjadi client, dan setiap komputer yang terhubung memiliki sistem dan akses mereka masing-masing yang nantinya dapat diatur dan dibatasi oleh kompuer server.

Komputer yang menggunakan jaringan LAN dapat terhubung melalui ethernet atau dengan teknologi wireless. Wireless pada jaringan lokal biasa disebuat dan disingkat dengan WLAN, yang mana WLAN adalah kepanjangan dari wireless local area network, tulisan ini biasa kita jumpai pada perangkar router.

Warnet adalah contoh dari penggunaan jaringan LAN. Setiap komputer akan saling terhubung terutama dengan komputer utama atau komputer server, yang mana komputer ini biasa dioperasikan oleh penjaga warnet.

Ilustrasi LAN
Ilustarasi LAN, sumber: goominfoteknologi.blogspot.com



Pengertian MAN

MAN adalah singkatan dari metropolitan area network. Yaitu sebuah istilah jaringan kompter yang dapat meng-cover area yang lebih luas dari jaringan LAN. Jaringan ini adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN yang jaraknya dapat menjangkau hingga 50 Km. Disebut sebagai metropolitan karena area yang dapat dijangkau adalah sebesar sebuah kota atau wilayah. 

Contoh dari penggunaan jaringan MAN yaitu, jaringan MAN biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer antar bangunan, seperti di gedung-gedung perkantoran yang jaraknya masih dalam satu wilayah.

Ilustrasi MAN
Ilustrasi MAN, sumber: icograms.com




Pengertian WAN

WAN adalah singkatan dari wide area network. Yaitu jaringan komputer yang lebih luas dari LAN atau MAN. WAN memiliki luas cakupan yang dapat meng-cover satu negara bahkan benua. Pembangunan jaringan WAN dibutuhkan kabel fiber optik atau menggunanakan satelit. Karena cakupan wilayah yang luas, pembangunan jaringan ini membutuhkan biaya yang sangat besar.

WAN memiliki kecepatan transmisi dari 2Mbps hingga 1Gbps, performa kecepatan internet dapat berubah-ubah sesuai dengan medan, infrastruktur dan konfigurasi yang digunakan. Contoh dari penggunaan jaringan ini seperti kita mengakses sosial media seperi facebook. Server milik facebook berada di Amerika sedangkan kita berada di Indonesia. Untuk dapat mengakses laman facebook maka kita jaringan WAN.

Ilustrasi WAN
Ilustrasi WAN, sumber: icograms.com




ok sekian artikel singkat kali ini tentang pengertian LAN, MAN, WAN dan contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan ajukan pertanyaan di bawah ini jika ada yang perlu didiskusikan. Sampai jumpa di artikel dan tutorial menarik lainnya


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik