5 Plugin Wordpress Wajib biar Website Kamu Lebih SEO

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi informasi mengenai wordpress, khususnya plugin yang wajib ada di wordpress kalian, agar lebih SEO. Penasaran?, ayo ikuti selengkapnya berikut ini.


Salah satu kemudahan yang diberikan oleh wordpress adalah tersedianya plugin yang lengkap, mulai dari plugin tampilan, plugin keamanan, plugin multimedia, plugin utilitas, sampai plugin untuk peningkatan SEO juga tersedia. Tidak seperti CMS lain, wordpress memberikan banyak sekali kemudahan untuk mengelola website agar lebih mudah dan nyaman dioperasikan. Maka dari itu jangan heran kalo kalian lihat ada web e-commerce enginenya menggunakan wordpress. Bahkan masih banyak website universitas di Indonesia masih mempercayakan diri terhadap wordpress.

Tapi pada artikel kali ini saya tidak akan bercerita tentang apa itu wordpress atau kelebihannya. Kali ini saya akan membahas 5 plugin wajib install di wordpress agar website kalian lebih SEO. Plugin ini sangat direkomendasikan, apa lagi kalo kalian ingin memantau dan menaikan rangking website secara termonitoring. Baiklah, berikut ini 5 plugin terbaik untuk meningkatkan SEO

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mudah Membuat Pagination pada Laravel 8 read more
📰 2. Cara Membuat Fitur Login dan Registrasi pada Laravel 8 read more
📰 3. Cara Menggunakan Select2 dan Ajax agar Tidak Memberatkan Load Halaman read more


1. Akismet

Komentar spam adalah hal yang sangat meresahkan bagi pemilik website. Biasanya mereka meninggalkan komentar yang tidak sesuai dengan isi artikel yang ditulis, bisanya meraka akan menawarkan produk atau link yang mengarah ke website mereka sendiri. Spam harus dibasmi, jangan sampe website kalian hanya dipenuhi dengan komentar-komentar sampah. Apalagi jika spam ini jumlahnya banyak, maka akan berdampak buruk bagi performa SEO website kalian.

Akismet adalah salah satu plugin yang dapat membasmi masalah tersebut. Plugin ini dapat memfilter komenter yang masuk ke website. Dengan begitu setiap komentar dapat di pilih untuk ditampilkan atau dihapus sesuai dengan algoritma yang mereka gunakan. Plugin ini setidaknya dapat mempermudah pekerjaan kalian, kalian tidak perlu memilih komentar yang ada satu persatu dan kalian tentunya juga bisa lebih fokus pada hal yang lebih penting. Untuk lebih jelasnya bisa kalian ikuti tautan berikut ini https://akismet.com

akismet
akismet.com



2. Yoast SEO

Membuat konten yang SEO bukanlah hal yang gampang. Apalagi konten ditulis berulang-berulang untuk menyediakan informasi yang terus update kepada para pengguna. Inspirasi, ide dan kemudahan dalam utilitas juga menjadi kunci utama untuk membuat konten yang berkualitas secepat mungkin. Saat kalian menggunakan CMS wordpress, kalian bisa menggunakan yoast SEO sebagai utilitas untuk membantuk konten yang kalian tulis lebih SEO.

Yoast SEO dibuat untuk memudahkan para administrator website untuk mengatur tingkat efektivitas SEO dalam sebuah halaman atau artikel. Ada beberapa fitur yang bisa kalian gunakan untuk membantu web kalian tetap optimal, diantaranya optimasi keyword, keyphrases, sinonim, kata kunci terkait, preview hasil pencarian google, perview post on social media, dan masih banyak fitur lainnya.

Yoast SEO akan menganalisa keyword yang kalian ketikkan, Yoast SEO akan memberi tahu apakah kata kunci yang kalian sering menggunakan kata kunci tersebut atau tidak. Selain itu, plugin ini akan memberikan maksimal karaketer untuk judul dan meta deskripsi yang lebih SEO. Jika kalian membeli versi peremiumnya, plugin ini akan melakukan pemeriksaan dan analisa lebih dalam untuk memberikan rekomendasi yang tepat seperti sinonim dan kata-kata yang cocok dengan apa yang kalian tulis. Untuk penjelasan detailnya bisa kalian lihat di link berikut ini, https://yoast.com/wordpress/plugins/seo

yoast seo
yoast.com



3. WP Smush

Performa kecepatan load halaman website adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sayangnya hal ini banyak diabaikan, terutama pengelola web pemula. Salah satu alasan kenapa load sebuah website terlalu lama adalah karena gambar yang ditampilkan terlalu besar. Gambar dengan ukuran besar apalagi HD memang terlihat mulus, tetapi imbalannya adalah waktu load halaman website yang lama.

Masalah ini cukup merepotkan apalagi jika gambar yang diunggah sudah terlalu banyak. Tapi kalian tidak perlu khawatir. WP Smush dapat memberikan solusi atas masalah load halaman yang terlalu lama disebabkan ukuran gambar. Dengan plugin ini seluruh gambar akan dikompresi tanpa mengurangi kualitas gambar yang ada. Semua dilakukan secara praktis oleh wp smush, sehingga kalian tidak perlu repot untuk melakukan kompresi gambar satu persatu dan cara penggunaan plugin ini juga cukup mudah. Jika kalian tertarik dengan plugin ini silahkan kunjungi selengkapnya di link berikut ini. https://id.wordpress.org/plugins/wp-smushit

wp smush
Wp smush




4. WP Super Cache

Selanjutnya ada wp super cache, plugin ini digunakan untuk menyimpan cache halaman website. Saat website diload ulang, maka waktu untuk menampilkan seluruh halaman akan lebih cepat dari pertama kali saat website di buka. Hal ini dikarenakan wp super cache menyimpan data-data statis dari website yang kalian miliki, lalu saat terjadi action, browser tidak perlu merequest semua data halaman, cukup data-data baru saja.

Plugin ini memiliki 3 mekanisme yang berbeda dalam menjalankan halaman. Pertama ada mekanisme expert, expert adalah mekanisme tercepat dan memastikan load halaman tetap stabil trafik sedang padat. Kemudian ada mekanisme simple, mekanisme ini di bawah expert, lalu yang ketiga ada wp-cache caching, mekanisme ini dapat mengelola user yang masuk ke dalam aplikasi dan memastikan bahwa website tetap dalam performa yang baik saat di buka oleh penguna.

Saya sangat merekomendasikan plugin ini, karena plugin ini cukup ringan dan tentunya mudah digunakan, bahkan oleh newbie sekalipun. Plugin ini juga menggunakan CDN yang mana hal ini bisa menaikkan kecepatan situs. Untuk detailnya bisa kalian lihat di link berikut ini https://id.wordpress.org/plugins/wp-super-cache

wp super cache
Wp super cache





5. Backup Wordpress

Selanjutnya yang terakhir ada backup wordpress plugin. Plugin ini memang tidak ada kaitannya dengan SEO, tapi cukup berguna saat kalian ingin melakukan backup seluruh data yang ada di dalam wordpress kalian. Plugin ini wajib digunakan, apalagi jika website yang kalian bangun sudah berkembang dengan banyak visitor harian.

Plugin ini memiliki fitur scheduling yang dapat kalian atur, sehingga kalian tidak perlu melakukan backup data secara manual. Dan tentunya plugin ini dapat digunakan di berbagai platform sistem operasi, seperti mac os, windows, dan linux. Untuk detailnyabisa kalian lihat di link berikut ini. https://wordpress.org/plugins/backupwordpress

backup wordpress
Backup wordpress




Sekian artikel singkat kali ini tentang 5 plugin wordpress wajib biar website kamu lebih SEO. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel seru lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik