Cara Membuat Fitur Login & Registrasi pada Laravel 8

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial bagaiamana cara membuat autentikasi pada laravel 8. Autentikasi ini sangat lengkap, dimana salah satunyanya akan terdapat proses login dan registrasi. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Di setiap versi laravel, selalu terdapat fitur autentikasi untuk memudahkan para developer mengembangkan aplikasi berbasis web. Autentikasi ini sangat lengkap, yang mana meliputi proses login, registrasi, reset password dan verifikasi email. Semua dibuat dengan sangat mudah oleh laravel, kita hanya perlu menjalankan beberapa perintah saja yang akan dijelaskan di bawah ini.

Lalu hal yang perlu kita ketahui juga, bahwa paket pembuatan autentikasi ini bernama laravel breeze. Jadi setelah kita melakukan instalasi laravel, kita perlu menginstall paket laravel breeze agar autentikasinya dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Sedikit tambahan, selain laravel breeze, kalian juga dapat menggunakan laravel jetstream dan laravel fortify untuk membuat autentikasi serupa. Tapi pada kesempatan kali ini, kita cukup belajar apa itu laravel breeze dan bagaimana cara menggunakannya pada laravel 8.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Membuat Notifikasi Realtime dengan php dan Jquery read more
📰 2. Cara Membuat Hide/Show Input Password dengan Javascript dan Bootstrap read more
📰 3. Cara Mencegah Multiple Submit dan Cara Menggunakan Spinner Bootstrap sebagai Indicator Loading pada Php read more



Cara Membuat Fitur Login dan Registrasi pada Laravel

1. Install Laravel 8

Langkah pertama yang perlu kita persiapkan adalah menginstall laravel 8, tapi jika kalian sudah punya aplikasi laravel yang siap digunakan, silahkan langsung ke step berikutnya. Untuk menginstall laravel silahkan ikuti langkahnya di bawah ini:

1.1. Siapkan composer, jika belum punya download dari link berikut ini https://getcomposer.org/download. Lalu lakukan instalasi seperti aplikasi pada umumnya. Setelah composer terinstall, silahkan cek composer tersebut dengan menjalankan perintah composer di terminal atau cmd kalian
membuat fitur login dan registrasi laravel 8
Composer



1.2. Masih di terminal atau cmd, silahakn masuk ke folder yang ingin kalian install aplikasi laravel. Gunakan perintah cd nama_folder untuk masuk ke dalam folder tetentu.

1.3. Silahkan copy perintah di bawah ini dan pastekan pada terminal atau cmd kalian. Lalu tunggu sampai proses instalasi selesai. laravel-breeze adalah nama project yang akan kita buat


composer create-project laravel/laravel laravel-breeze

cara membuat login dan registrasi laravel 8
Instalasi laravel selesai



1.4. Setelah selesai, masuk ke folder laravel kalian. Kemudian jalankan perintah php artisan serve. Jalankan url ini http://127.0.0.1:8000 di browser kalian. Maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

cara membuat login dan registrasi laravel 8
Menjalankan laravel


cara membuat fitur login dan registrasi laravel 8
Tampilan awal laravel 8





2. Konfigurasi Database dan Migrate

2.1. Silahkan buka project laravel kalian dengan menggunakan web editor. Lalu cari file .env silahkan ganti DB_DATABASE, DB_USERNAME, dan DB_PASSWORD sesuai dengan konfigurasi database kalian.

membuat login dan registrasi laravel 8
Melakukan konfiguasi database di file .env



Catatan: setiap ada perubahan pada file .env, kalian harus menjalankan perintah php artisan config:cache. Tujuannya agar laravel mendapatkan konfigurasi terbaru dari file .env. Untuk menjalankan perintah di atas, kalian tinggal masuk ke folder laravel kalian, lalu jalankan perintahnya.

2.2. Buatlah sebuah database baru di dalam phpmyadmin, nama database harus sama dengan nama DB_DATABASE yang telah kalian set di file .env.

2.3. Selanjutnya kita perlu menjalankan perintah php artisan migrate pada terminal atau cmd kalian. Hal ini ditujukan untuk membuat beberapa tabel secara otomatis ke dalam database. Tabel-tabel ini sudah ada secara default saat pertama kali menginstall laravel, kalian tinggal menjalankan migrasi untuk membuat tabel secara otmatis di dalam database.

membuat login dan registrasi laravel 8
Menjalankan php artisan migrate


membuat login dan registrasi laravel 8
Tabel berhasil dibuat di dalam database laravel_breeze




Setelah perintah php artisan migrate kalian jalankan. Maka hasilnya akan tampak terdapat beberapa tabel yang secara otomatis sudah masuk ke dalam database kalian seperti gambar di atas.



3. Instalasi Laravel Breeze

Akhirnya kita masuk ke tahap yang paling ditunggu-tunggu. Sejatinya jika kalian sudah memahami dua step di atas, kalian bisa langsung masuk ke step ke-tiga ini. Tapi karena pembahasan ini saya tujukan untuk semua orang jadi saya pikir perlu untuk menambahkan dua step dasar di atas, hehehe :).

3.1. Jalankan perintah di bawah ini dengan menggunakan terminal atau composer. Perintah ini berfungsi untuk mendownload paket laravel breeze.


composer require laravel/breeze --dev

membuat login dan registrasi laravel 8
Install laravel breeze



3.2. Selanjutnya, setelah instalasi laravel breeze selesai, jalankan perintah di bawah ini secara bergantian tiap barisnya.


php artisan breeze:install


npm install


npm run dev

3.3. Semua konfigurasi sudah kita jalankan. Saatnya melihat hasil akhir. Silahkan jalankan kembali php artisan serve. Lalu buka kembali broswer kalian ketik url berikut ini http://127.0.0.1:8000/register dan lihat hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

membuat login dan registrasi laravel 8
Tampilan halaman registrasi



Setelah registrasi berhasil, kalian akan diarahkan langsung ke halaman dashboard seperti gambar di bawah ini.

membuat fitur login dan registrasi laravel 8
Halaman dashboard



Silahkan logout dan login kembali dengan email dan password yang telah kalian datarkan sebelumnya. Bagaimana gampangkan??, kita tidak perlu ngoding, cukup menjalankan beberapa perintah saja, dan voila.. semua otomatis diediakan oleh laravel.

Sekian tutorial cara membuat fitur login dan registrasi pada laravel 8. Semoga tutorial kali ini bermanfaat. Jika ada kesalahan, atau ada tulisan yang kurang dipahami silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah postingan ini. Sampai jumpa di tutorial laravel dari sahretech lainnya.


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik