Pengertian Jingling, Ciri-ciri dan Bahayanya Bagi Website Kalian

Share:

Halo semuanya kembali lagi di sahretech. Setiap pemilik website pasti ingin websitenya terkenal dan dikunjungi ratusan ribu hingga jutaan visitor setiap harinya. Artinya semakin banyak visitor, maka semakin besar pula peluang untuk menghasilkan uang dari website tersebut. 


Tapi untuk mendapatkan visitor yang banyak tidaklah mudah, butuh proses yang tidak sebentar, butuh konsistensi, promosi, dan selalu memberikan produk yang terbaik kepada para pengguna tentunya. Akhirnya sebagian pemilik website menempuh cara lain, yaitu menggunakan jingling untuk mendapatkan visitor secara instan. Bagi yang belum tahu, pasti akan bertanya-tanya apa itu jingling?, dan apa dampaknya bagi website kita?. Semua pertanyaan itu akan kita jawab pada artikel di bawah ini.


Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mudah Membuat Pagination pada Laravel 8 read more
📰 2. Cara Membuat Fitur Login dan Registrasi pada Laravel 8 read more
📰 3. Cara Menggunakan Select2 dan Ajax agar Tidak Memberatkan Load Halaman read more


Pengertian Jingling

Jingling adalah bahasa china yang berarti gemerincing. Kata ini biasa digunakan untuk menyebut suara besi atau logam yang berjatuhan. Sedangkan dalam dunia internet marketing, jingling adalah bot atau autovisitor yang datang dalam jumlah banyak di waktu-waktu tertentu. Jingling ini juga masuk ke dalam kategori non-organik visitor, yang mana visitornya bukan manusia melainkan robot yang mengakses.

Sebelum banyak dijadikan sebagai sebuah istilah, jingling mulanya adalah software auto visitor yang memang berasal dari china  dan diperkenalkan pada tahun 2008. Kalian bisa mendownload aplikasi resminya dari link berikut ini http://www.spiritsoft.cn/ atau klik link berikut ini untuk mendownload versi bahasa inggrisnya http://www.ipts.com/

Fungsi utama jingling adalah untuk memanipulasi visitor, cara kerjanya, aplikasi ini akan mengumpulkan seluruh random ip dari bebagai negara lalu seluruh ip yang dikumpulkan akan digunakan untuk mengunjungi situs tertentu.

pengertian dan bahaya jingling
Software jingling



Ciri-ciri Blog yang Terkena Jingling

Jingling ini bisa kalian gunakan sendiri atau digunakan oleh orang lain untuk menyerang blog atau website kalian. Kalo menggunakan jingling untuk meningkatkan visitor blog atau website pribadi sepertinya mustahil mengingat hasilnya buruk dan tidak menguntungkan sama sekali. Tapi jika jingling digunakan oleh orang lain untuk menyerang blog atau website kalian maka berikut ini adalah ciri-cirinya:


1. Pengunjung atau visitor naik drastis dari biasanya dalam waktu singkat, padahal kalian tidak sedang melakukan optimalisasi atau melakukan campaign iklan ke sosial media atau jasa periklanan. Jika hal ini terjadi pada blog atau website kalian jangan bangga dulu, bisa jadi itu bot atau jingling.

2. Visitor datang dari berbagai negara seperti China dan Amerika. Padahal di hari-hari biasa pengunjung blog atau website berasal dari negara Indonesia atau negara lainnya. Hal ini juga patut diwaspadai dengan tetap memperhatikan poin pertama.

3. Biasanya kenaikan kunjungan ini hanya pada page atau artikel-artikel tertentu saja. Kalian bisa mengecek lebih lanjut tentang statistik blog atau website kalian dan membandingkan visitornya pada page satu dengan page lainnya.

4. Engagment tidak meningkat. Jingling tidak akan memberikan komentar, memberi like, melakukan sharing atau aktivitas lainnya selain mengakses halaman tertentu. Jika jumlah visitor kalian meledak maka setidaknya ada di antara visitor tersebut yang melakukan hal tersebut. Jika tidak ini bisa menjadi pertanda bahwa blog atau website kalian didatangi oleh bot jingling. 


Bahaya Jingling bagi Website

Setiap pemilik website pasti ingin websitenya berkembang dan dikunjungi oleh orang banyak, tapi itu tidak mudah. Maka akhrinya sebagian dari mereka mencoba menggunakan auto visitor untuk meningkatkan peringkat website di mata mesin pencari. Jadi meski engagmentnya 0, tapi website otomatis naik peringkat dan semakin mudah dicari di mesin pencari.

Jika masih berpikiran seperti itu, artinya kalian tidak update, teknologi jingling sudah ketinggalan zaman. Google sudah lebih cerdas dan mengerti mana website yang memiliki pengunjung organik dengan website yang hanya menggunakan auto visitor. Berikut ini dampak yang akan diterima jika menggunakan jingling:

1. Dideteksi Sebagai Situs Spam atau Sampah

Seperti yang sudah saya singgung di atas, penggunaan jingling sudah tidak relevan lagi saat ini. Kecuali jika digunakan untuk menjatuhkan website kompetitor. Google selalu mengembangkan algoritmanya untuk mengetahui bahwa website tersebut bermasalah atau tidak. Alih-alih meningkatkan rangking website, google malah memberi cap spam kepada website kalian. Akibatnya website kalian semakin sulit dicari di halaman pencarian.

2. Dibanned dari Google Adsense

Jika tujuan kalian adalah google adsense, jadi jangan berharap google mau bekerja sama dengan website kalian. Jangankan untuk menjalin kerja sama, google juga akan memutus atau melakukan pemberhetian layanan iklan pada website kalian jika terindikasi melakukan pelanggaran. 


3. Berisiko Dihapus dari Google dari Pencarian

Ini adalah dampak yang paling buruk jika kalian terus melakukan pelanggaran, tidak hanya tersingkir dari layanan google adsense, tapi website kalian juga tidak akan ditemukan di mesin pencari. Tapi bukan artinya website kalian dihapus dari internet, saat kalian mengakses alamat url website kalian, kalian tetap dapat membukanya, hanya saja website kalian tidak terindeks lagi di mesin pencari sehingga siapa pun tidak dapat menemukannya, kecuali jika mereka mengetikkan langsung url web tersebut.



Sekian artikel kali ini, tentang pengertian dan bahaya jingling bagi website kalian. Semoga mencerahkan, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan kalian di kololom komentar di bawah postingan ini. Sampai jumpa di artikel dan tutorial porkaone lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik