5 Alternatif Mesin Pencari Selain Google yang Aman dan Akurat

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian semua, alternatif mesin pencari atau search engine selain google yang tentunya aman dan akurat. Penasaran?, ayo ikuti selengkapnya berikut ini.


Mesin pencari atau search engine adalah sistem pencari informasi dari setiap web yang diindeks oleh mesin pencari. Pada umumnya, hasil atau output yang ditampilkan berbentuk daftar yang diurutkan sesuai relevansi, peringkat, rasio pengunjung, tingkat SEO, dan parameter-paramter lainnya.

Search engine yang paling populer saat ini adalah google. Lebih dari setengah penduduk bumi menggunakan google untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.  Saat ini google sudah sangat pintar, setiap tahun selalu ada pembaharuan algoritma yang membuatnya semakin cerdas dan mengerti keinginan pengguna.

Sejatinya di luar sana ada banyak sekali mesin pencari selain google yang bisa kita gunakan. Namun, tidak semuanya memiliki keakuratan dan keamanan sebaik atau paling tidak mendekati google. Meski jarang, tapi masih ada mesin pencari yang punya keunggulan dan dapat bersaing dengan mesin pencari lainnya bahkan google sekalipun. Lantas mesin pencari apakah itu?, apakah kita pernah tah dan menggunakannya?. Jawabanya, mungkin ya, mungkin juga tidak. Ayo ikuti pembahasannya berikut ini.


Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mudah Membuat Pagination pada Laravel 8 read more
📰 2. Cara Membuat Fitur Login dan Registrasi pada Laravel 8 read more
📰 3. Cara Menggunakan Select2 dan Ajax agar Tidak Memberatkan Load Halaman read more



Mesin Pencari Alternatif Selain Google

1. Bing.com

Yang pertama ada bing.com. Bing diluncurkan pada tanggal 1 juni 2009, yang mana Sebelumnya mesin pencari ini bernama live search atau MSN search. Meski sudah cukup lama, bing masih kalah populer di bandingkan dengan google. Tapi untuk kualitas akurasi dan keamanan pencarian, mesin pencari ini bisa diandalkan, salah satu alasannya adalah karena mesin pencari ini dibuat oleh perusahaan besar yaitu Microsoft.

Bing juga memiliki banyak fitur serupa seperti google, kalian bisa mencari infromasi seperti teks, dokumen, gambar, video, berita dan maps secara cepat, akuran dan aman tentunya. Tidak hanya fitur yang cukup mumpuni, bing juga memiliki interface yang elegant dan modern, sehingga pengguna dapat lebih tertarik untuk menggunakannya. Sedangkan untuk pangsa pasarnya sendiri, bing menempati posisi kedua setelah google dengan perolehan 5.56% menurut statista.com pada bulan juni 2021.

5 alternatif mesin pencari selain google
bing.com




2. Yahoo.com

Selanjutnya ada yahoo.com. Mesin pencari ini bahkan lebih tua dibandingkan dengan google. Yahoo didirikan pada tahun 1995 sedangkan google baru ada 3 tahun setelahnya yaitu tahun 1998. Pada masanya yahoo menjadi salah satu search engine paling populer, bahkan menjadi pesaing google di ranah search engine. Tapi semakin kesini yahoo mengalami penurunan sehingga penggunanya pun semakin berkurang.

Untuk pangsa pasarnya sendiri yahoo menempati posisi ke 3 setelah bing. dengan perolehan 2.71% menurut statista.com pada bulan juni 2021. Untuk fiturnya sendiri yahoo memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan mesin pencari lainnya, namun memiliki penamaan yang berbeda. Fitur-fiturnya adalah:yahoo search, yahoo image, yahoo video, yahoo local, yahoo news, dan yahoo shopping search.

Selain mesin pencari, yahoo juga memiliki berbagai macam layanan lainnya seperti yahoo mail dan yahoo messenger untuk sosial media dan komunikasi. Sedangkan layanan konten, yahoo menyediakan produknya seperti yahoo sports, yahoo finance, yahoo music, yahoo movie, yahoo news, yahoo answers dan yahoo games.

5 alternatif mesin pencari selain google
yahoo.com




3. Ask.com

Selanjutnya ada ask.com. Mesin pencari ini dulunya adalah website atau forum tanya jawab. Lalu ask.com akhirnya bertransformasi menjadi mesin pencari yang saat ini cukup banyak digunakan. Ask menjadi salah satu daftar mesin pencari yang bisa kalian gunakan untuk melakukan pencarian data yang akurat dan aman.

Hal yang tidak bisa diragukan lagi dari kemampuan ask adalah pencarian dan teknologi matang yang ada di dalamnya. Karena jika kita melihat umur dan pengalaman, ask telah hadir sejak tahun 1996 dan menjadi salah satu search engine tertua yang masih ada saat ini. 

5 mesin pencari alternatif selain google
ask.com





4. Duckduckgo.com

Selanjutnya ada duckduckgo.com. Mesin pencari satu ini layak kalian pertimbangkan untuk digunakan selain dari daftar mesin pencari yang telah disebutkan di atas. Mesin pencari ini terkneal dengan keamanan dan privasi. Duckduckgo tidak mengkoleksi atau mengumpulkan data apa pun yang diinput oleh penggunanya dan mereka sangat menghargai privasi itu.

Duckduckgo menyebutkan bahwa mereka tidak menyimpan cookies dan history pencarian dari penggunanya dan mereka mengatakan juga bahwa data itu tidak akan dijual ke pengiklan. Hal inilah yang menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh duckduckgo kepada pengguna, dimana kebanyakan mesin pencari menggunakan data pribadi pengguna untuk diperjual belikan kepada pengiklan. 

Selain privasi tentunya keakuratan dan relevansi pencarian tidak usah diragukan lagi. Karena duckduckgo sudah hadir sejak tahun 2008. Duckduck go juga memberikan tampilan yang menarik sehingga bagi pemula sekalipun tidak menjadi masalah saat pertama kali mencoba mesin pencari ini.

5 alternatif mesin pencari selain google
duckduckgo.com



5. Yandex.com

Yang terakhir ada yandex.com. Mesin pencari ini besutan negara Rusia didirikan pada tahun 1997 yang mana artinya, yandex bukanlah pemain baru di ranah mesin pencari. Hadirnya yandex bertujuan untuk memembantu pebisnis dan konsumen dalam bisnis digital bagik secara online dan offline dengan lebih baik.

Yandex bekerja layaknya mesin pencari pada umumnya, mesin pencari ini mengumpulkan data pengguna seperti kata kunci yang dimasukan dan riwayat penelusuran. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan relevansi dan keinginan pengguna. Maka dengan seiring berjalannya waktu yandex dapat terus tumbuh dan berkembang dengan terus memahami maksud para penggunanya.

Yandex cukup popluer di negara-negara eropa yang dekat dengan Rusia, seperti Ukraina, Belarusia, Turki, dan Kazakhstan. Untuk pangsa pasarnya sendiri, yandex menjadi mesin pencari terpopuler ke 5 setelah google, bing, yahoo, dan baidu pada bulan Juni 2021 menurut statista.com

5 alternatif mesin pencari selain google
yandex.com




Itulah 5 alternatif mesin pencari selain google yang aman dan akurat. Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, jika ada yang ingin bertanya silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini, dan mari kita diskusikan bersama. Sekian dan sampai jumpa di artikel teknologi lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik