Cara Mudah Membuat Jawaban Otomatis di Whatsapp

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat jawaban otomatis atau auto reply di aplikasi whatsapp. Penasaran?, ayo ikuti pembahasannya berikut ini.


Saat ini customer service, atau bagian pelayanan publik diharuskan cepat dalam memberikan jawaban kepada pelanggan. Pelanggan ingin jawaban mereka sesegera mungkin dijawab, karena menunggu adalah hal yang membosankan dan dapat memberikan dampak negatif terhadap lembaga atau perusahaan itu sendiri.

Whatsapp saat ini tidak hanya digunakan sebagai aplikasi pesan instan pribadi, tapi hampir semua pelayanan publik atau customer service menggunakan layanan ini untuk mengirim dan menjawab pesan dari dan kepada konsumen. Tapi sayangnya, menjawab pertanyaan konsumen tidaklah mudah, apalagi jika dalam satu hari ada lebih dari puluhan orang bertanya.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Bagaimana cara google mengenal dan mengerti para penggunanya? read more
📰 2. Cara Membuat Widget Pencarian Trending dengan Google Trends di Blogger read more
📰 3. Cara Mudah Membaca Google Trends Untuk Riset Internet Marketing read more



Nah saat ini ada aplikasi yang bisa membantu kalian untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara otomatis. Aplikasi tersebut bernama WhatsAuto. Aplikasi ini akan terhubung ke whatsapp pribadi atau whatsapp bisnis kalian. Setiap ada yang bertanya, maka whatsapp otomatis akan menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan pertanyaan dan jawaban yang telah diset sebelumnya.

Aplikasi ini sangat cocok diterapkan pada bagian pelayanan publik atau customer service, semisal informasi pendaftaran sekolah atau event, informasi tentang pelayanan rumah sakit, reservasi hotel atau delivery makanan dan hal-hal lainnya.

cara membuat whatsapp auto respon
Whatsauto





Cara Membuat Jawaban Otomatis di Whatsapp

1. Pertama download dan install aplikasi whatsauto di playstore pada link berikut ini, https://play.google.com/store/apps/details?id=com.guibais.whatsauto
2. Buka aplikasi whatsauto, lalu pada tab rumah atau home, hidupkan jawab otomatis, lalu berikan akses ke whatsauto

cara membuat whatsapp auto respon
Memberikan izin akses notifikasi

3. Lalu kembali lagi ke tab rumah atau home, di bagian teks balasan otomatis tekan icon pensil,  lalu pada bagian pilihan balasan, centang pilihan kustom balas lalu tekan tanda yang ada di bagian pojok atas, seperti gambar di bawah ini.

cara membuat whatsapp auto respon
Menghidupkan teks balasan otomatis



4. Kemudian masuk ke tab menu, lalu pilih balasan ubah sesuaikan.

Membuat jawaban auto respon



5. Pertama hidupkan terlebih dahulu balasan dengan menekan tombol switch yang ada di sebelah kanan atas.
6. Lalu klik tombol + yang ada di bagian pojok kanan bawah untuk membuat respon baru.

cara membuat jawaban otomatis di whatsapp
Membuat jawaban auto respon



7. Untuk membuat pesan otomatis, pertama masukan keyword, keyword ini adalah pesan yang dikirim dari whatsapp user lain. Lalu isi balasan sesuai yang kalian inginkan. Lalu pada bagian pilihan yang cocok pilih mengandung dan tekan tanda untuk menyimpan. Dan untuk contoh setupnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

cara membuat whatsapp auto respon
Membuat pesan auto respon



8. Sampai tahap ini, kalian sudah berhasil membuat balasan otomatis dengan whatsapp. Aplikasi whatsauto juga sudah secara otomatis menyambungkan ke whatsapp kalian. Sekarang kalian bisa coba dengan mengirimkan pesan dari nomor whatsapp lain ke nomor whatsapp kalian. Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

cara membuat jawaban otomatis whatsapp
Jawaban otomatis


Bagaimana?, cukup mudah bukan. Itu adalah sedikit langkah-langkah sederhana bagaimana cara membuat whatsapp auto respon tanpa pengetahuan komputer yang mendalam. Selebihnya kalian bisa melakukan ekplorasi lebih dalam bagaimana menambahkan tag, metode inputan, bagaimana jika kata kunci yang dimasukan tidak tepat, bahkan kalian bisa menghubungkan whatsapp dengan google spreadsheet untuk membuat jawaban otomatis.

Sekian tips dan trick cara mudah membuat jawaban otomatis di aplikasi whatsapp. Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah postingan ini. Sampai jumpa di tutorial dan tips komputer menarik lainnya di sahretech.


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik