Menambah Kolom Baru Di Tabel yang Sudah Dibuat dengan Migration Laravel

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengambahkan kolom baru pada tabel yang sudah dimigrate atau sudah dibuat di dalam database dengan menggunakan fitur migration pada laravel. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Hal yang sangat mungkin terjadi saat memdevelop aplikasi adalah perubahan pada sebuah tabel di dalam database. Salah satu perubahannya adalah penambahan kolom baru pada sebuah tabel yang akan kita bahas kali ini.

Di laravel sendiri, ada fitur migration, dimana fitur ini biasa digunakan untuk membuat tabel baru. Tapi tidak hanya itu, dengan bantuan migration kita juga bisa menambah kolom tabel yang kurang.

Jadi kalo kalian biasa menambahkan kolom secara langsung di phpmyadmin, mulai sekarang tinggalkan!. Karena hal tersebut tidak akan tercatat di dalam laravel, sehingga saat aplikasi dipindahkan ke tempat lain, kolom tabel menjadi berkurang dan akan mengakibatkan error saat dijalankan. Baiklah ayo kita mulai praktiknya :).


Baca Artikel Lain ✨
📰 1. 5 Alasan Kenapa Anda Wajib Menggunakan Wordpress untuk Mengembangkan Website yang Berhasil read more
📰 2. Cara Proteksi Halaman Login Wordpress dengan Captcha read more
📰 3. Apa itu Brute Force Attack dan Berikut Tips Manjur Untuk Mencegahnya Komputer read more



Cara Menambah Kolom Baru di Tabel Dengan Migration

Pada contoh kali ini saya akan menambahkan kolom baru pada tabel users yang telah dimigrate ke dalam database sebelumnya.

Jadi hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat migration baru, jalankan perintah di bawah ini sesuai dengan versi laravel yang kalian pakai

Versi Laravel 3:



php artisan migrate:make add_address_to_users_table


Versi Laravel 5+:



php artisan make:migration add_address_to_users_table --table=users


Setelah perintah di atas di jalankan maka seperti biasa, sebuah file migration baru otomatis dibuat. Buka file tersebut dan tambahkan kolom yang kalian inginkan di dalamnya. Cara menambah kolom baru sama seperti membuat migration baru ya:).



public function up() { Schema::table('users', function($table) { $table->text('address'); }); }


Terakhir jalankan perintah php artisan migrate dan hasilnya bisa kalian lihat di bawah ini, bahwa kolom baru telah di tambahkan di dalam tabel yang dituju.

menambah kolom baru di table yang sudah dibuat di laravel
Kolom address berhasil ditambahkan ke tabel



Sekian tutorial cara menambahkan kolom baru di tabel dengan migration laravel. Semoga artikel kali ini membantu kalian semua. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial pemrograman lainnya.



No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik