Cara Menonaktifkan Plugin Wordpress Tanpa Login

Share:
Gambar oleh Werner Moser dari Pixabay dan telah diedit oleh sahretech

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara menonaktifkan plugin wordpress tanpa harus login aplikasi terlebih dahulu. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Menonaktifkan plugin di wordpress bisa dilakukan melalui menu pugins → installed plugins. Tetapi ada saatnya kalian tidak bisa masuk ke dalam dashbaord disebabkan error yang terjadi pada plugin yang kalian pasang. 

Error atau kerusakan pada plugin bisa terjadi karena plugin tersebut tidak kompatibel dengan wordpress yang digunakan, bisa jadi saat kalian melakukan instalasi plugin atau upgrade versi wordpress. Akibatnya saat kita login maka tampilannya menjadi error dan terkadang kita tidak dapat melakukan aktivitas seperti mengaktifkan atau menonaktfikan plugin.

Solusi yang bisa kalian lakukan jika error plugin bisa menyebabkan tidak bisanya login adalah menonaktifkan plugin yang bersangkutan dari file manager. Jika kalian menggunakan jasa hosting tertentu, bertanyalah kepada mereka, mereka akan senang hati menjawab dan memperbaiki permasalahan kalian. Tapi jika kalian menggunakan server pribadi dan tidak ada yang bisa kalian tanya, lakukan hal berikut ini.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Membuat Upload Gambar dari Webcam dan Prosesnya dengan Php, Jquery, dan Mysql read more
📰 2. Cara Membuat Drag dan Drop File dan Prosesnya dengan Php, Mysql dan Dropzone Js read more
📰 3. Cara Cepat Membuat Back-end Restful API Tanpa Coding dengan Typicode Json Server Komputer read more
📰 4. Cara Menggabungkan Website dengan Iframe Komputer read more



Cara Menonaktifkan Plugin Wordpress di Localhost

1. Masuk ke folder Local Disk(C:) → Masuk ke folder xampp
2. Masuk ke folder htdocs → Lalu cari nama wordpress kalian, kemudian buka

cara menonaktifkan plugin wordpress
Menonaktifkan plugin wordpress di localhost


3. Masuk ke folder wp-contentplugins, lalu ubahlah nama plugin yang ingin kalian nonaktifkan. Seperti contoh di bawah ini saya menonaktifkan plugin fakerpress. Saya ubah nama foldernya menjadi fakerpress-disabled

cara menonaktifkan plugin wordpress
Menonaktifkan plugin wordpress di localhost


4. Kemudian cek apakah plugin yang bersangkutan benar-benar sudah tidak aktif dengan cara login ke dalam wordpress, lalu buka menu plugins → installed plugins, dan lihatlah apakah status plugin tersebut sudah berubah.

Cara Menonaktifkan Plugin Wordpress di Hosting

Cara yang dilakukan di localhost dan hosting adalah sama, kalian hanya perlu mencari lokasi folder wordpress di dalam file manager hosting tersebut.

1. Masuk ke dalam penyedia layanan hosting kalian
2. Masuk ke Cpanel, dan cari file manager di kolom pencarian, lalu klik untuk masuk

Cara menonaktifkan plugin wordpress
Menonaktifkan plugin wordpress di hosting



3. Cari public_html → klik folder plugins → lalu cari nama plugin yang ingin kalian nonaktifkan dengan mengganti namanya, contoh: namaplugin menjadi namaplugindisabled

cara menonaktifkan plugin wordpress
Menonaktifkan plugin wordpress di hosting



4. Tambahan, jika kalian tidak menginstall wordpress di domain utama, maka carilah sub domain yang kalian gunakan untuk menginstall website wordpress, lalu lakukan cara yang sama seperti di atas.


Sekian tutorial cara menonaktifkan plugin wordpress tanpa login, semoga artikel singkat ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan kalian. Jika ada yang kurang dipahami silahkan tanya langsung pada kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial wordpress lainnya.


No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik