Cara Merubah Tampilan Halaman Login Wordpress Biar Lebih Kece

Share:
Gambar oleh Werner Moser dari Pixabay dan telah diedit oleh sahretech

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara merubah tampilan login pada wordpress agar terlihat lebih keren, profesional, dan tidak membosankan. Ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Wordpress adalah CMS(content Management System) yang paling populer saat ini. Banyak orang sudah tahu bagaimana bentuk dari form login wordpress itu sendiri. Form loginnya sangat sederhana dan mudah diingat oleh semua orang. Karena terlalu sederhana membuat kesan monoton untuk sebagian orang.

Tujuan utama merubah halaman login adalah untuk mem-branding produk dari website itu sendiri, orang yang melihatnya juga tidak akan tahu kalo website tersebut adalah wordpress. Hal ini juga bisa menambah nilai plus di mata client, karena kalian bisa menyesuaikan tampilannya dengan bisnis yang dijalankan.

Ada banyak plugin yang bisa kalian gunakan untuk mempercantik tampilan login wordpress. Cara menggunakannya juga mudah sekali. Tidak perlu banyak setting apalagi ngoding, dijamin semua orang bisa menggunakannya. Diantaranya ada: LoginPress, Login Designer, Login Customizer, Login Page Customizer, dll. Nah, pada tutorial kali ini kita akan coba menggunakan plugin Login Designer.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. 5 Alasan Kenapa Anda Wajib Menggunakan Wordpress untuk Mengembangkan Website yang Berhasil read more
📰 2. Cara Proteksi Halaman Login Wordpress dengan Captcha Moodle read more
📰 3. Apa itu Brute Force Attack dan Berikut Tips Manjur Untuk Mencegahnya Komputer read more


Cara Merubah Tampilan Halaman Login Wordpress

Seperti yang sudah saya singgung di atas, kita akan menggunakan Login Designer untuk mempercantik tampilan login wordpress. Dan untuk plugin yang lainnya bisa kalian eksplorasi sendiri.

1. Masuk ke halaman login wordpress kalian, lalu masuk seperti biasa.
2. Klik menu Plugin → pilih tambah baru.
3. Lalu cari di kata kunci pencarian "Login Designer", selanjutnya install dan aktifkan plugin seperti yang saya beri kotak merah di bawah ini.

merubah tampilan halaman login wordpress
Install plugin login designer



4. Lalu  masuk ke menu Plugin → Plugin Terpasang, lalu cari plugin Login Designer dan klik settings. Kalian bisa menggunakan kotak pencarian untuk mempermudah pencarian plugin jika plugin yang kalian pasang sudah terlalu banyak.

merubah halaman login wordpress
Mengganti halaman login wordpress



5. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke halaman customize seperti gambar di bawah ini. Login Designer memberikan 2 template untuk membuat tampilan login yang berbeda. Disini saya pilih model template yang kedua.

merubah halaman login wordpress
Mengganti template form login



6. Selain itu silahkan arahkan kursor ke halaman loginnya dan perhatikan beberapa tombol icon berwarna biru di bawah ini. Setiap icon memiliki fungsi untuk mengubah bagian tertentu. icon pensil untuk mengubah latar belakang form, icon kuas untuk mengubah background gambar, icon gear untuk menampilkan brand Login Designer.

mengganti halaman login wordpress
Mengganti halaman login wordpress


7. Setelah kalian selesai melakukan edit pada halaman login, jangan lupa menekan tombol terbitkan yang ada di sebelah kanan atas halaman. Oh ya, kalian juga dapat menemukan pengaturan ini di dalam menu tampilan → sesuaikan


Silahkan diubah dan dikreasikan sesuka hati kalian. Saya pikir plugin ini mudah digunakan dan sangat membantu dalam konteks "untuk mengubah halaman login". Template login juga saya pikir tidak perlu yang macam-macam. 

Untuk customisasi yang lebih, mungkin kalian bisa menggunakan plugin lain yang telah saya sebutkan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada pendapat atau pertanyaan silahkan tulis langsung di kolom komentar di bawah ini. Dan sampai jumpa di tutorial seru berikutnya.


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik