Cara Merubah Alamat URL Login Wordpress Agar Lebih Aman dari Serangan

Share:
Gambar oleh Werner Moser dari Pixabay dan telah diedit oleh sahretech

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada tutorial kali ini kita akan membahas cara mengamankan website wordpress, dengan mangalihkan halaman login ke URL lain. Penasaran gimana cara bikinnya?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Secara default, url login wordpress adalah nama-website/wp-admin. Url seperti ini jelas tidak aman dan rentan terkena serangan. Salah satu serangannya adalah brute force attack. Brute force attack adalah serangan ke sebuah website dengan cara membanjiri permintaan ke server. Biasanya dilakukan bot untuk menebak username dan password sebanyak mungkin.

Jika url login diubah, maka kesempatan peretas untuk membobol website kalian akan berkurang. Selain dengan merubah alamat url, pengaman tambahan seperti captcha juga perlu diterapkan, ikuti link berikut ini untuk membaca tutorial cara memasang captcha pada wordpress https://www.sahretech.com/2021/02/cara-proteksi-halaman-login-wordpress.html.

Dari penjelasan di atas sekarang kita tahu bahwa merubah alamat url login pada wordpress sangatlah penting. Jadi jika website kalian saat ini memiliki banyak pengguna sebaiknya tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan, eh keamanan 😁. Setelah sedikit intermezzo, saatnya kita mulai prakteknya, let's go mamang!.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. 5 Alasan Kenapa Anda Wajib Menggunakan Wordpress untuk Mengembangkan Website yang Berhasil read more
📰 2. Cara Proteksi Halaman Login Wordpress dengan Captcha Moodle read more
📰 3. Apa itu Brute Force Attack dan Berikut Tips Manjur Untuk Mencegahnya Komputer read more



Cara Merubah URL Login Wordpress

1. Login ke website wordpress
2. Buka menu plugin → tambah baru → cari wps hide login → install dan aktifkan

cara mengganti url login wordpress
Mengganti URL login



3. Selanjutnya, buka menu pengaturan → pilih WPS hide login
4. Kemudian ganti login url sesuai dengan yang kalian inginkan, disini saya mengganti alamat urlnya dengan nama-domain/admin-area

cara mengganti url login wordpress
Mengganti url login wordpress



5. Sekarang logout dan akses halaman login dengan url yang baru. Jika kalian mengakses halaman login yang lama maka kalian akan diarahkan ke halaman 404 alias not found.

cara mengganti url login wordpress
Mengganti url login wordpress





Sekian tutorial cara merubah URL login pada wordpress. Semoga dapat membantu, jika ada yang ingin didiskusikan atau ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial wordpress lainnnya.


No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik