Cara Menampilkan Timeline Facebook Fanspage pada Blogger atau Wordpress

Share:
Gambar oleh Werner Moser dari Pixabay

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tutorial yang tidak kalah seru, yaitu bagaimana cara menampilkan timeline fanspage pada blogger atau wordpress. Penasaran?, ayo ikuti tutorial selengkapnya berikut ini.



Fanspage atau halaman penggemar adalah fitur yang ada di facebook, biasanya fitur ini digunakan untuk berjualan secara online dan membagikan informasi kepada penggemarnya. Menggunakan fitur ini jelas terlihat lebih profesional dibandingkan dengan account facebook biasa. Setiap orang yang ingin mendapatkan informasi dari fanspage tertentu harus mengikutinya terlebih dahulu dengan menekan tombol like. 

Semakin banyak orang yang mengikuti fanspage kalian maka semakin banyak juga orang yang akan melihat informasinya. Ada salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan penggembar fanspage, yaitu dengan memasangnya di blogger atau wordpress kalian.

Selain bisa meningkatkan penggembar, blogger atau wordpress kalian juga akan mendapatkan informasi dari sumber lain dan tentunya akan meningkatkan reputasi dan professionalisme. Ok, langsung saja kita mulai tutorial intinya.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. 5 Alasan Kenapa Anda Wajib Menggunakan Wordpress untuk Mengembangkan Website yang Berhasil read more
📰 2. Cara Proteksi Halaman Login Wordpress dengan Captcha Moodle read more
📰 3. Apa itu Brute Force Attack dan Berikut Tips Manjur Untuk Mencegahnya Komputer read more


Cara Menampilkan Timeline Fanspage pada Blogger

1. Silahkan kunjungi halaman berikut ini https://developers.facebook.com/docs/plugins/page-plugin/
2. Kemudian, silahkan masukkan alamat fanspage kalian, lalu isikan timeline pada form tab, tentukan lebar dan tinggi widget yang akan ditampilkan, lalu tentukan lagi apakah kalian ingin menampilkan opsi lainnya dengan meng-click checkbox yang ada di bawah form lebar dan tinggi

memasang timeline facebook di blogger
Memasang timeline fanspage di blogger



Catatan: (1). Untuk menemukan alamat fanspage, pertama masuk ke facebook terlebih dahulu lalu masuk ke dalam fanspage yang dituju, selanjutnya copy url yang ada di bagian atas browser.
(2). Tidak hanya timelin, kalian juga bisa menampilkan hal lain seperti pesan, acara yang diketik langsung pada form tab

3. Scroll ke bagian bawah untuk melihat previewnya. Jika menurut kalian sudah sesuai, klik tombol dapatkan kode. Lalu pada jendela popup yang muncul klik iframe, lalu copy scriptnya

memasang timeline facebook di blogger
Memasang timeline facebook di blogger



4. Masuk ke blogger, pilih menu tata letak → pilih bagian yang ingin ditambahkan widget → pilih HTML/Javascript, lalu pastekan script yang kalian dapatkan sebelumnya, dan klik tombol simpan

memasang timeline facebook di blogger
Memasang timeline facebook di blogger




Sampai tahap ini kalian sudah berhasil memasang timeline facebook pada blogger. Iframe yang kalian dapatkan juga bisa kalian gunakan di tempat lain seperti di dalam postingan atau halaman. Caranya tinggal buat post atau halaman baru, lalu pilih tampilan HTML dan pastekan iframe sebelumnya.


Cara Menampilkan Timeline Facebook pada Wordpress

1. Dapatkan kode iframenya terlebih dahulu di link berikut ini https://developers.facebook.com/docs/plugins/page-plugin/, untuk caranya bisa kalian baca pada step 1 -3 di atas.
2. Masuk ke wordpress kalian, lalu klik menu tampilan → pilih widget
3. Pilih widget HTML khusus

memasang timeline facebook di wordpress
Memasang timeline facebook di wordpress



4. Drag and drop HTML khusus di bagian sidebar yang kalian inginkan. Lalu pastekan script iframe pada bagian isi, selanjutnaya klik tombol simpan untuk menerapkannya pada website kalian.

menampilkan timeline facebook pada wordpress
Menampilkan timeline facebook pada wordpress



Sampai tahap ini kalian sudah berhasil memasang timeline facebook pada wordpress. Iframe yang kalian gunakan di atas bisa kalian gunakan juga di dalam halaman atau post wordpress. 


Sekian tutorial cara menampilkan timeline facebook fanspage pada blogger atau wordpress. Semoga tutorial singkat ini dapat membantu. Jika ada pertanyaan terkait dengan artikel di atas, silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial keren lainnya.


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik