Pengertian, Perbedaan Sistem Informasi dan Aplikasi yang Harus Kalian Tahu

Share:
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan menulis sebuah pembahasan yang mungkin banyak orang sering katakan tapi tidak terlalu paham apa arti keduanya. Yaitu aplikasi dan sistem informasi yang dilihat dari keduanya sebagai perangkat lunak. Saya akan mengulas arti dan perbedaan kedua kata tersebut dalam artikel berikut ini.




Sistem informasi dan aplikasi adalah 2 kata yang sering disebut-sebut khususnya bagi anak-anak IT. Dan bagi mahasiswa semeter awal, mungkin kata sistem informasi adalah hal baru, dan menjadi sulit membedakan apa itu sistem informasi dan apa itu aplikasi.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Bagaimana cara google mengenal dan mengerti para penggunanya? read more
📰 2. Cara Membuat Widget Pencarian Trending dengan Google Trends di Blogger read more
📰 3. Cara Mudah Membaca Google Trends Untuk Riset Internet Marketing read more

Anak IT atau orang awam yang baru mendengar sistem informasi akan berpikir bahwa sistem informasi adalah hal yang sama atau hampir sama dengan aplikasi, tapi sebenarnya 2 hal ini berbeda. Sebelum kita masuk ke perbedaan keduanya, saya akan mengartikan kedua kata tersebut terlebih dahulu:

Sistem Informasi

Menurut Mc Leod Sistem informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informsi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.

Key: Mengumpulkan informasi dari semua sumber.

Aplikasi

Disadur dari wikipedia, aplikasi adalah subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer.

Key: subkelas perangkat lunak komputer.

Perbedaan Sistem Informasi dan Aplikasi

Hal yang paling mudah disimpulkan dari keduanya adalah bahwa: Bisa kita artikan bahwa sistem informasi adalah kumpulan aplikasi, dan setiap aplikasi di dalam sistem informasi dapat bekerja sama dengan aplikasi lainnya.Sistem informasi adalah bagian yang lebih besar dari aplikasi.

sistem informasi dan aplikasi
Sistem informasi dan aplikasi




Kita bisa ambil contoh sederhana dari penerapan keduanya. Sistem informasi akademik sekolah dan aplikasi pendataan siswa. Sistem informasi akademik sekolah terdapat banyak aplikasi di dalamnya, seperti aplikasi pendataan siswa, aplikasi pendataan guru, aplikasi absensi, aplikasi penilaian, aplikasi penugasan, aplikasi rapot, dsb. Sedangkan aplikasi pendataan hanya sebuah bagian di dalam sistem informasi akademik sekolah.


Sistem informasi akademik sekolah menjadi sebuah sistem induk yang mengakomodir sub sistem lainnya, dalam hal ini sub sistem adalah aplikasi. Jadi jika kalian menemukan pengertisan sistem informasi di dalam maknanya terdapat: sistem informasi adalah kumpulan komponen..., sistem informasi dapat berinteraksi.., sistem informasi dapat menggabungkan.., sistem informasi dapat mengkomunikasikan... maka hal itu senada dengan pendapat saya di atas. Bahwa setiap aplikasi di dalam sistem informasi dapat berinteraksi.


Mungkin itu sedikit tulisan tentang pendapat saya dan arti keduanya menurut para pakar tentang apa itu sistem informasi dan apa itu aplikasi. Semoga artikel singkat ini bermanfaat khususnya untuk anak IT. Jika ada pertanyaan, kritik, saran atau ada pendapat lainnya silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di artikel seru lainnya.


No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik