Cara Mengconvert Aplikasi Android Menjadi APK atau File Aplikasi Mentah

Share:
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan trick cara menkonversi aplikasi yang telah terinstall di smartphone android menjadi file mentah alias apk. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Berkas paket aplikasi android(application package file) atau yang disingkat dengan apk adalah file mentah yang harus diinstall terlebih dahulu agar dapat digunakan menjadi aplikasi. File apk sama dengan file exe, dimana keduanya perlu diinstall terlebih dahulu agar dapat digunakan. Bedanya klo exe ada di windows, sedangkan apk ada di android. Hanya sedikit info aja, biar yang nyasar ke sini nggak bingung apa itu apk, hehehe 😁


Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Bagaimana cara google mengenal dan mengerti para penggunanya? read more
📰 2. Cara Membuat Widget Pencarian Trending dengan Google Trends di Blogger read more
📰 3. Cara Mudah Membaca Google Trends Untuk Riset Internet Marketing read more


Hal yang akan kita bahas kali ini adalah cara menconvert aplikasi yang telah terinstall di android menjadi file apk. Dimana terkadang file apk sangat kita butuhkan. Misalahnya: seorang teman ingin meminta aplikasi yang belum terintall di hpnya tapi kita punya, maka kita tinggal kirim file apknya saja. Memiliki file apk juga akan meringankan kuota internet karena nggak perlu download terlebih dahulu dari play store. Ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk mengkonversi file apk. Caranya mudah sekali, yaitu :


Menggunakan Aplikasi Convert Apk

1. Pertama silahkan download dan install aplikasi apk extractor buatan meher. Terlihat seperti gambar di bawah ini.
ekstrak apk
Donwload aplikasi pengonversi apk



2. Buka aplikasi lalu pilih aplikasi mana yang akan dibuat menjadi apk. Setelah diklik maka aplikasi otomatis akan menjadi apk. Kalian juga dapat langsung mengirimkan file apk dengan menekan icon titik tiga yang berada di sebelah kanan aplikasi, lalu pilih bagikan.

ekstrak aplikasi to apk
Pilih aplikasi yang akan diekstrak



3. Buka file manajer lalu cari folder extractedapks. Semua aplikasi yang telah diekstrak menjadi apk akan tersimpan di dalam folder tersebut. Kalian bisa menyimpannya sebagai backup aplikasi sewaktu-waktu dibutuhkan

ekstrak apk
Letak folder hasil ekstrak apk


Menggunakan Aplikasi Share it

1. Download aplikasi Share it.
2. Lalu tekan icon kirim, kemudian pilih tab aplikasi, setelah semua aplikasi yang akan dikirim telah dipilih selanjutnya tekan tombol kirim. 
3. Kalian akan diarahkan ke tampilan radar, dimana penerima juga harus menginstall aplikasi share it dan menjalankannya sebagai penerima.

kirim apk dengan shareit
Cara kirim apk ke share it


Sekian tips dan trick cara menkonversi aplikasi android menjadi apk atau file aplikasi mentah. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat, bagi kalian yang ingin bertanya silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial menarik lainnya. 😀


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik