Cara Melihat History Perjalanan Kita di Google Maps

Share:
Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan trick cara melihat semua history perjalanan dan lokasi kita di google maps. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Selama kalian menghubungkan smarphone android dengan akun google, selama itu pula lokasi dan perjalanan anda akan dipantau oleh google. Kalian

bisa melihat dan melacak kembali perjalanan yang kalian lakukan, seperti tempat apa yang dikunjungi, jarak perjalanan, kendaraan yang digunakan dan waktu tempuh setiap perjalanan. Semua data bisa kalian tracking perhari, perbulan, pertahun bahkan semua aktivitas.

 
Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Bagaimana cara google mengenal dan mengerti para penggunanya? read more
📰 2. Cara Membuat Widget Pencarian Trending dengan Google Trends di Blogger read more
📰 3. Cara Mudah Membaca Google Trends Untuk Riset Internet Marketing read more


Cara Melihat Semua Aktivitas di Google Maps

1. Pertama kalian kunjungi laman berikut ini https://myactivity.google.com
2. Di laman kontrol aktivitas, kalian bisa melihat aktivitas web & aplikasi, history lokasi, dan history youtube. Tapi pada kesempatan kali ini saya akan bahas history lokasi saja.
3. Klik kelola aktivitas untuk melihat detail aktivitas yang selama ini kalian lakukan


melihat history google maps
Halaman aktivitas akun google

4. Di halaman ini kalian bisa melihat semua aktivitas google maps kalian, mungkin kalian akan terkejut. Karena setiap harinya google ternyata melacak perjalanan kalian. 

Note: google akan tetap mencatat perjalanan yang kalian lakukan meski tidak menggunakan layanan google atau menggunakan gps.  

Di halaman ini kalian bisa eksplorasi banyak hal, dari tempat yang pernah dikunjungi, semua titik perjalanan, kendaraan yang digunakan, frekuensi perjalanan. Bisa kalian lihat perhari, perminggu, perbulan, pertahun, bahkan seluruh aktivitas.

melihat history google maps
History perjalanan google maps


Mungkin sebagian orang merasa takut dengan hal ini, pasalnya setiap pergerakan akan dicatat oleh google. Hal yang mungkin dilakukan oleh banyak orang untuk mencegah google melakukan pelacakan adalah mematikan GPS yang ada di smartphone mereka, tapi hal ini tidak memberikan efek apapun alias google akan tetap melacak perjalanan kalian. Nah terus gimana dong biar nggak dilacak? tenang!, berikut ini tipsnya.


Cara Menonaktifkan Pelacakan Google Maps

Seperti yang suda saya sebutkan di atas, meski kita tidak sedang menggunakan layanan google atau mematikan GPS pada smartphone, google tetap bisa melihat aktivitas lokasi kita. Ada cara yang bisa kalian lakukan jika kalian tidak ingin diikuti oleh google. Caranya:

Cara Mematikan Pelacakan Lokasi Google di Smartphone Android

Kalian tinggal buka pengaturan → Google → kelola akun google anda → klik tab data & personalisai → Klik history lokasi → klik tombol toogle untuk menonaktifkan history lokasi.

Cara Mematikan Pelacakan Lokasi Google di Komputer atau Laptop

Kunjungi laman berikut ini https://myactivity.google.com, lalu pada baigan history lokasi klik tombol toggle yang ada di sebelah kanan untuk mematikan pelacakan.

melihat history google maps
Menonaktifkan pelacakan google maps



Sekian tips cara melihat history perjalanan kita di google maps. Semoga bermanfaat, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di artikel keren lainnya.


No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik