Template Boostrap Admin Gratis Pilihan Sahretech

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pembuatan website saat ini semakin mudah dan cepat karena banyak sekali pilihan teknologi yang akan membantu para developer untuk mengembangkan sebuah aplikasi berbasis website. Saat ini para developer backend tidak perlu pusing lagi memikirkan pembuatan tampilan yang tidak biasa ia kuasai, karena saat ini tersedia banyak sekali template gratis, responsive, dan memiliki banyak element dan fitur yang telah disediakan oleh pengembang.

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi template admin boostrap yang bisa kalian pakai untuk mengembangkan aplikasi berbasis website dengan tampilan yang responsive di berbagai ukuran layar perangkat. Untuk itu, ayo ikuti artikelnya berikut ini!.



Admin LTE 3

admin lte dashboard sahretech

Admin LTE 3 adalah template boostrap yang pertama saya gunakan, dan ini juga sebagai template yang paling favaorit bagi para pemula sampai menengah, beberapa aplikasi instansi di Indonesia juga menggunakan Admin LTE versi 2. Admin LTE 3 adalah template admin yang sangat responsive dan telah menggunakan framework bootstrap 4.4 untuk mempercantik tampilannya. Karena menggunakan boostrap 4 maka Admin LTE 3 ini tentunya menggunakan Jquery Plugin untuk tampilan web yang lebih interaktif. Template ini sangat mudah dikustomisasi dan digunakan.




SB Admin 2

SB Admin Dashboard sahretech

SB Admin 2 adalah terusan dari versi SB Admin sebelumnya, menggunakan bootstrap 4 dan memiliki tampilan yang lebih sederhana dari Admin LTE 3. Meski tidak memiliki library custom sebanyak Admin LTE 3, tapi SB Admin 2 telah memberikan snippet code, pages, dan penggunaan library-library lain yang umum digunakan oleh pengembang web. 
Berikut ini beberapa fitur yang disebutka di laman resmi SB Admin 2: 
  • Template modern, terinspirasi dari desain material 
  • Fokus pada utilitas untuk meminimalkan pengembangkan CSS
  • Kustom komponen card dan button
  • Kustom utlitas class untuk extended functionality
  • Layout dibuat dengan menggunakan flexbox agar fitur responsif lebih mulus
  • Dibangun menggunakan SASS untuk kustomisasi variabel SASS default bootstrap
  • Termasuk manajemen depedensi menggunakan npm
  • Lingkungan work flow di tingkat lanjut berdasarkan npm dan gulp dengan pemuatan ulang melalui browserSync
  • Kustom chart.js 
  • Datatable pengurutan, tabel pencarian
  • Penggunaan minimal Jquery dan javascript untuk mempermudah peulisan ulang menggunakna framework JS
  • Menggunakan Fontawesome versi 5 (versi gratis)




Cool Admin

cool admin dashboard sahretech

Cool Admin adalah boostrap admin template yang responsive, menggunakan bootstrap versi 4.1 dalam pengembangannya. Template ini telah siap digunakan dengan snippets code, utilitas, kustom halman, grafik, 4 variasi dashboard, plugin serta library lainnya. 

Kesan pertama yang bisa anda lihat pada template ini adalah sederhana, tapi tetap memiliki kualitas yang baik seperti SB Admin sebelumnya. Memiliki 4 tampilan dashboard yang berbeda membuat template ini lebih unggul. Kalian bisa memilih bentuk menu dahboard samping(vertikal) ataupun diatas(horizontal) yang bisa kalian kustom untuk penggunaan frontend dan backend aplikasi. 

Tetapi ada beberapa hal yang perlu ditambahkan oleh kalian sendiri, diantaranya tidak ada tombol penutup menu samping saat mode desktop dijalankan, hal ini membuat tampilan menjadi lebih sempit saat tidak ditutup. Untuk tabel yang diberikan juga tidak memiliki fitur searching, sehingga kalian perlu menambahkannya sendiri.



Adminator

adminator dashboard sahretech

Berikutnya ada template adminator. Kesan pertama yang bisa kalian lihat pada demo template adminator adalah simple dan warna putih sangat dominan. ukuran layar utamanya lebih luas dari Admin LTE 3 dan Cool Admin, hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pengembang yang lebih senang dengan icon dan komponen yang lebih kecil. Elemen dan fitur yang ditawarkan oleh adminator juga cukup lengkap meski tidak selengkap Admin LTE 3, tapi itu sudah cukup untuk mengembangkan berbagai jenis aplikasi berbasis web. 



Gentelella

gentelella dashboard sahretech

Admin Gentelella adalah template admin bootstrap 4 yang responsif, menggunakan jquery dan berbagai library lainnya untuk membuat antar muka dan fitur yang lengkap bagi para developer front end. Keunggulan yang ditawarkan oleh template ini adalah fitur yang lengkap, dan pemilihan warna dasar yang cantik. Hal pertama yang saya lihat dari demo template ini adalah bahwa tema ini terlihat seperti tema aplikasi perkantoran yang ditujukan untuk manajemen karyawan dan keuangan. Artinya dari sisi UX design tampilannya kompleks dan memiliki banyak laporan dan ini hanya pendapat pribadi saya :)

Untuk hal lain Gentelella terlihat bagus, hal yang paling penting dalam pemilihan sebuah tema adalah tema tersebut responsif untuk semua ukuran device dan terlihat nyaman digunakan oleh pengguna (user friendly). Mungkin keuntungan lainnya adalah model mutli level menu, additional dan extra page yang bisa kalian sesuaikan dengan model halaman.



Sufee Admin

sufee admin sahretech

Selanjutnya ada template bootstrap yang sederhana dan terlihat seperti template-template jadul, tapi itu tidak menjadi masalah jika kalian bisa mengkustomnya dan mengisi content yang tepat di dalamnya, karena penilaian jadul hanya dari prespektif saya pribadi. Sufee admin memiliki banyak warna di dalamnya, so bagi yang suka dengan banyak warna sufee admin bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat website yang lebih hidup. Sufee admin juga memiliki banyak fitur dan menggunakan 2 jenis icon pada menu icon-nya.



Material Dashboard

material dashboard sahretech

Template ini berbeda dengan template-template sebelumnya, yaitu material dashboard template. Meski namanya material tapi template ini menggunakan framework bootstrap untuk membangun tampilan yang mirip dengan material design ala-ala google. Template yang dibuat oleh creative design menawarkan ui yang berbeda dari template bootstrap kebanyakan, pasalnya template ini mirip dengan material design.

Jadi bagi kalian yang ingin membuat aplikasi dengan model material design ala-ala google, tapi hanya menguasai bootstrap, tenang!, ini bisa menjadi solusi yang tepat. Hal lain yang bisa saya review di sini adalah, fitur dan library yang diberikan oleh pengembang di versi gratis tidak sebanyak template-template yang telah disebutkan di atas.



Argon Dashboard

argon dashboard sahretech

Selanjutnya ada template yang sangat-sangat keren, yaitu Argon Dashboard. Argon Dashboard dibuat oleh https://www.creative-tim.com/ sama seperti material dashboard sebelumnya. Disadur dari deskripsi Argon Dashboard: Argon dibuat dengan lebih dari 100 kompoen individual, memberi kalian kebebasan memilih dan menggunakan semua komponen yang ada. Setiap komponen memiliki warna yang dapat dimodifikasi menggunakan file SASS. Kalian akan menghemat banyak waktu dari pembuatan prototipe tampilan. Setiap elemen memiliki beberapa warna, gaya, hover, focus, yang dapat kalian gunakan dengan mudah



Paper Dashboard

paper dashboard sahretech

Selain 2 template di atas, ada satu template lagi yang dibuat oleh https://www.creative-tim.com/ dan memiliki ciri khas yang berbeda dari template-template admin kebanyakan. Paper Dashboard, adalah panel admin bootstrap yang menggabungkan warna-warna lembut dengan tipografi yang indah serta kartu grafik yang luas. Ringan, dan memiliki fitur yang cukup untuk menyelesaikan berbagai kebutuhan aplikasi kalian.



Stisla

Stisla dashboard sahretech

Stisla adalah salah satu template admin bootstrap buatan orang Indoensia, pembuatnya adalah Muhamad Nauval Azhar. Stisla memberikan banyak fitur serba guna dan gratis untuk diunduh. Dalam laman resmi stisla mengatakan, bahwa simple version dan pro version sama saja, artinya kalian bisa menikmati semua fitur yang diberikan.

Stisla di desain untuk kalian dan klien kalian, terintegrasi dengan 30+ library pihak ketiga dan banyak komponen lainnya. Sehingga kamu bisa mengembangkan aplikasi dengan lebih mudah. Stisla menyediakan javascript APIs untuk memudahkan interaksi antar komponen, kemudian semua halaman HTMLnya bebas error, karena semuanya telah diverifikasi oleh W3C.



Masih banyak template admin bootstrap gratis yang mungkin lebih bagus yang mungkin saya belum tahu template tersebut. Hal lain yang sangat penting dalam mengembangkan sebuah aplikasi dengan template gratis adalah harus ingat lisensi yang ada pada template tersebut. Untuk template gratis biasanya tetap harus mencantumkan authors, Hal ini bisa kalian baca dalam ketentuan MIT lisensi https://id.wikipedia.org/wiki/Lisensi_MIT dan nama 

Dan bagi kalian yang baru pertama kali main template bootstrap dan bingung cara menggunakannya saya berikan link tutorialnya berikut ini https://www.sahretech.com/2019/10/cara-pasang-template-bootstrap-di.html dan ini tutorial untuk pengguna laravel https://www.sahretech.com/2020/08/cara-mudah-memasang-template-bootstrap.html

Ok sekian kumpulan template boostrap admin gratis pilihan sahretech. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, kurang lebihnya saya mohon maaf. Dan apabila ada hal yang ingin ditanyakan, kritik, saran silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel keren lainnya. :)

No comments