5 Fungsi Lain Ms. Power Point yang Tidak Disadari Oleh Banyak Orang

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Ms. Power Point adalah salah satu paket aplikasi office yang diberikan oleh micrososft untuk tujuan presentasi kerja atau tugas, tapi banyak orang tidak menyadari bahwa paket office yang satu ini bisa menjadi solusi alternatif untuk beberapa masalah yang berkaitan dengan media grafis, penasaran? ayo ikuti artikel "5 fungsi Lain Ms. Power Point yang tidak disadari oleh banyak orang" berikut ini.


Keunggulan Ms. Power Point

Ms. Power Point didesain untuk membuat presentasi kerja atau tugas jadi bukan untuk tujuan desain atau membuat animasi video, tapi untuk membuat presentasi yang bagus dan menarik audience, diperlukan gambar, tulisan, dan animasi yang bagus dan semua hal ini telah didukung oleh Ms. Power Point dengan beberapa fitur seperti drawing shape, inserting image, inserting video, inserting audio, transition, animation, link, dan masih banyak lagi.

Ms. Power Point Toolbar

Jika kalian adalah orang yang kreatif maka hal ini bisa menjadi nilai plus untuk menyelesaikan berbagai tugas yang berkaitan dengan media grafis apalagi saat ini terdapat banyak template, gambar dan icon yang bisa kalian unduh untuk mempercepat pengerjaan tugas kalian sehingga kalian tidak perlu memiliki aplikasi lain untuk mengerjakan tugas-tugas yang sepeti itu.

Meski dapat digunakan untuk membuat desain grafis dan video animasi, jelas Ms. Power Point tidak sebanding dengan aplikasi seperti Corel Draw, Photoshop, animation maker dan aplikasi sejenis yang lainnya. Jadi jangan samakan hasilnya dengan aplikasi di atas, atau jangan merasa sok hebat bisa membuat banyak hal hanya dengan Ms. Power Point ya.


Desain Grafis

Seperti yang telah saya singgung di atas, power point dapat kalian jadikan aplikasi desain yang baik tapi bukan pro ya :). Di internet kalian bisa unduh berbagai gambar, template, dan icon yang bagus untuk membuat tampilan yang menarik. Jika itu masih kurang, kalian bisa menggambar dengan menggunakan shape yang telah diberikan oleh Ms. Power Point. Ms. power Point juga memberikan kemudahan berupa garis-garis untuk meratakan tata letak diantara 2 objek sehingga gambar yang dibuat menjadi lebih simetris.

Power Point sebagai aplikasi desain

Hal yang perlu diingat untuk membuat desain yang bagus di Ms. Power Point adalah menyediakan beberapa resource seperti gambar, shape yang telah jadi, dan icon. Karena menurut saya untuk membuat hal-hal seperti itu dari awal sangat sulit dan tidak disarankan dibuat melalui Ms. Power Point.

Salah satu website yang bisa kalian gunakan sebagai rujukan untuk mengambil beberapa resource di atas adalah website berikut ini https://www.slidescarnival.com/. Disana kalian bisa memilih banyak template dengan kategori yang bisa kalian sesuaikan. Di dalam tema yang kalian unduh kalian akan mendapatkan background tema, beberapa icon, beberapa gambar animasi, desktop frame, smartphone frame, dan font yang telah disediakan oleh tema tersebut.

Slide Carnival

Setelah kalian mengunduh salah satu template di atas, kalian akan menyadari bahwa dengan Ms. Power Point kalian bisa membuat hal lain selain presentasi, seperti brosur, katalog, poster, cv dan lain-lain. Semua resource yang kalian butuhkan untuk setiap purpose desain ada di google, tapi kalian juga harus ingat bahwa setiap gambar, template, icon dan semua desain yang kalian unduh di internet memiliki hak cipta yang tidak bisa sembarangan kalian gunakan, jadi tolong diperhatikan ya :)


Desain Diagram, Flow, DLL

Lebih lanjut  lagi, jika kalian adalah seorang desainer sistem, atau desainer di bidang lain. Kalian bisa menggunakan Ms. Power Point untuk menggambar diagram, flow, blue print atau desain pemodelan lainnya. Meski shape pada Ms. power point tidak seperti aplikasi Ms. Visio, Whimsical atau Aplikasi desain lainnya, tapi shape yang telah diberikan sudah cukup untuk membuat custom simbol berdasarkan model diagram yang kita gambar.

Desain Use Case di Power Point

Saya lebih suka membuat beberapa model diagram di Ms. power point karena fleksibel dan mudah diatur, mulai dari posisi objek, tulisan, penggambungan 2 objek, keterangan penjelasan, garis penghubung, sampai warna yang dapat disesuaikan. Hal ini menjadi nilai plus bagi para pengguna Ms. power point karena objek yang digunakan dapat dimanipulasi sesuai dengan kebutuhan. 

Tapi bukankah hal ini menjadi semakin sulit, karena simbol yang kita butuhkan harus dibuat terlebih dahulu dari shape-shape yang ada?. Menurut saya bukan suatu hal yang menyulitkan lagi jika orang tersebut sudah paham dengan diagram yang akan dia kerjakan, justru dengan adanya shape-shape dasar yang bisa kita custom, membuat kita dapat mendesain banyak simbol dari berbagai model diagram yang ada seprti diagram flowchart, data flow diagram, UML dan lainnya, yang mana setiap diagram memiliki simbol yang berbeda-beda.


Selain fleksibel dalam membuat simbol, Ms. power point tidak memberikan batasan dalam membuat file ppt, tidak seperti beberapa aplikasi desain lain yang mengharuskan user membayar bulanan atau 1x bayar dengan harga yang lebih mahal dari Ms. power point. Jadi, kalo kalian cuma punya paket office legal coba untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin dan untuk masalah bagus atau tidaknya hasil yang kalian buat itu tergantung dari desain yang kalian buat sendiri.

Keuntungan lain yang sangat memudahkan kita adalah adanya slide, dalam hal ini slide bisa kita manfaatkan sebagai pembatas antara desain satu dengan desain lainnya, jadi kalian cukup membuat seuah file ppt yang mewakili nama diagramnya contoh: flowchart sistem_informasi_akademik.ppt, lalu di dalamnya terdapat beberapa flowchart yang dibatasi oleh setiap slide.

File ppt Ms. Power point juga sangat fleksibel, dapat dibaca oleh beberapa aplikasi presentasi lainnya. Desain yang kalian hasilkan juga dapat di save sebagai gambar png. So, ini menjadi pilihan yang menarik bukan?, untuk kekurangan pasti ada, ini hanya asumsi dan pengalaman pribadi saya sebagai orang yang gak mau ngeluarain duit terlalu banyak hehehe.  



Desain Interface

Desain interface, ini fungsinya mirip-mirip fungsi yang saya sebutkan di atas. Kalian bisa menggambar desain interface atau wireframe dari aplikasi yang akan kalian buat dengan menggunakan shape Ms. power point. Apakah hasilnya bagus? balik lagi, bagus itu tergantung dari desain kalian, cuma mungkin untuk membuat desain yang cantik butuh effort yang lebih. 

Power point untuk desain interface/wireframe

Agar desain interface yang kalian buat nyata dan dapat disimulasikan menjadi aplikasi prototype kalian bisa menggunakan fitur link pada sebuah objek yang kalian buat. Fitur link ini memungkinkan perpindahan slide awal ke slide yang dituju dengan memberikan alamat(link) pada objek yang dibuat. 

Untuk kolaborasi tim dengan biaya yang murah meriah :) kalian bisa pake google slide. Pertukaran filenya juga mudah sekali, kalian bisa impor file ppt atau sebaliknya download google slide as ppt untuk dijalankan di aplikasi power point local. Kerja kolaborasi bisa remote, client juga bisa lihat hasilnya secara real time dari link google slide yang dibagikan.


Desain Animasi dan Stop Motion Video

Bukan yang terbaik, tapi kalian mesti coba membuat video animasi sederhana dengan power point. Cara membuat video animasi atau stop motion dengan Ms. power point sangat mudah sekali, kalian tinggal memasukkan animasi pada sebuah objek yang dikehendaki lalu atur durasi dan startnya, bisa dijalankan dengan trigger klik atau otomatis. Lalu save as wmv untuk membuat file ppt kalian menjadi format video. Dan untuk membuat video stop motion atau video slide show, kalian bisa menggunakan fitur transition untuk berganti slide ke slide berikutnya dan dikombinasikan dengan animasi agar objek yang ada di dalam slide menjadi lebih hidup.

Kalian kurang ide, tidak kreatif seperti saya?, tenang di google atau di youtube kalian bisa cari model-model animasi dan stop motion keren. Jadi tidak perlu pusing membuat animasi dengan power point, semua tergantung kreatifitas kalian.

power point animation sahretech


Games Sederhana

Selain 4 fungsi di atas, power point ternyata bisa kalian sulap untuk membua game sederhana loh. Carannya gimana?, untuk cara pembuatannya sudah saya siapkan 2 artikel menarik terkait dengan pembuatan game dengan power point, ini linknya:

https://www.sahretech.com/2017/07/cara-mudah-bikin-game-quiz-dengan.html

https://www.sahretech.com/2020/04/cara-mudah-bikin-game-maze-hanya-dengan.html

Kalo cara saya, untuk membuat game di power point saya biasa mengandalkan fitur link di power point untuk berpindah tempat, dengan kondisi yang disesuaikan dengan objek yang kita buat. Jadi kalo user pilih objek ini maka akan dibawa kemana, dan jika user pilih objek yang itu akan dibawa kemana, logikanya gitu sih :), kalo nggak percaya coba artikelnya dibaca aja.


Kesimpulan

Menjadi suatu hal yang wajar kalo aplikasi presentasi seperti Ms. power point bisa mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan media grafis. Pasalnya karena aplikasi presentasi biasa ditujukan kepada client, dan untuk membuat presentasi yang menarik client, slide yang kita buat harus mengandung gambar, tulisan, dan animasi yang cantik dan menarik pula, ini harus ada pada aplikasi presentasi manapun. 

Untuk desain yang ringan, termasuk pembuatan diagram, flow, atau desain pemodelan lainnya, hal ini sangat memungkinkan dan sangat mudah sekali dibuat. Tapi untuk desain yang lebih berat, lebih detail, banyak komponen, banyak gerakan animasi dan banyak warna, tidak cukup hanya menggunakan Ms. power point. Kalo sekedar informatif seperti bikin spanduk di pinggir jalan dengan Ms. power point ya sangat mudah sekali.

5 Fungsi yang saya sebutkan di atas lebih saya tujukan bagi orang-orang yang tidak paham desain dan bingung cari aplikasi desain tapi mereka punya power point di laptop mereka. So, kalian sekarang tidak perlu pusing, kalian punya Ms. power point di kompi atau laptop kalian dan coba untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin. Toh aplikasi ini juga mudah dicari karena hampir setiap orang punya di laptop atau komputer mereka. Import file dan gambar mudah dilakukan, soft filenya bisa kalian jadikan pdf dan dapat dibuka oleh banyak aplikasi presentasi.


Itulah artikel tentang 5 fungsi Ms. power point yang tidak disadari oleh banyak orang. Kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel keren lainnya :)

No comments