Cara Membuat Fungsi Format Mata Uang Rupiah di PHP -Sahretech

Share:

Cara Membuat Format Mata Uang Rupiah di PHP. 
 Fungsi pembuatan format ke dalam mata uang adalah fungsi yang cukup bermanfaat dan akan banyak digunakan di aplikasi penjualan. Fungsi ini adalah lanjutan dari fugnsi lain yang telah saya buat pada artikel sebelumnya yaitu "cara membuat fungsi terbilang di php". Artikel ini saya buat untuk melengkapi fungsi sebelumnya, dan cara membuatnya cukup sederhana ikuti scricpnya di bawah ini.


Kalian dapat memanfaatkan fungsi bawaan php yaitu number_format untuk membuat angka ribuan yang dipisahkan dengan koma dan tambahkan "Rp" di bagian paling depan untuk menampilkan tulisan Rp.

<?php 

//fungsi pertama, pemisah ribuan menggunakan koma

//buat sebuah variabel yang menampung angka awal
$number = 1000000;

//tampilkan variabel $number dengan menggunakan fungsi number_format
//masukkan variabel $number sebagai paramternya
echo "Rp ".number_format($number);

?>

Selain dengan koma, kalian juga dapat merubah pemisah ribuan menjadi titik dengan mengisi 4 parameter di dalam fungsi number_format dan tambahkan "Rp" sebagai string opsional untuk menyempurnakan format rupiah kalian.

<?php

//fungsi kedua, pemisah ribuan menggunakan titik
echo "Rp " .number_format(1000000,0,',','.');

?>

Jika kalian merasa contoh penggunaan fungsi di atas masih ada yang kurang, kalian bisa menggunakan cara terakhir di bawah ini. Cara di bawah ini akan membuat angka memiliki separator titik untuk ribuan dan separator koma pada 2 angka terakhir.


<?php

//cara membuat fungsi php untuk setiap halaman, cukup tulis sekali
//dapat dipanggil disetiap halaman yang akan digunakan

function rupiah($angka){
	
	$hasil_rupiah = "Rp " . number_format($angka,2,',','.');
	echo $hasil_rupiah;
 
}

rupiah(1000000)

?>


Sama seperti artikel sebelumnya, agar codingan kalian lebih efisien kalian dapat membuat sebuah fungsi format rupiah yang nantinya fungsi tersebut dapat digunakan di semua halaman yang ingin kalian gunakan. Caranya buat sebuah file baru dengan nama fungsi.php lalu copy paste script sebelumnya, lalu buat sebuah file dengan nama data.php dan include file fungsi.php, terakhir panggil fungsinya di file data.php. untuk pembuatan file dengan nama fungsi.php dan data.php hanya contoh saja, kalian bisa menggunakan nama lain sesuai kebutuhan kalian masing-masing.

No comments