Mengenal Mesin Cerdas Enigma dan Kehancuran Jerman dalam Perang Dunia ke-2

Share:
Mengenal Mesin Cedas Enigma dan Kehancuran Jerman dalam Perang Dunia Ke-2 Assaalamualaikum. Jumpa lagi di sahreteh, jika anda sering membaca sejarah, khususnya sejarah perang dunia ke-2, anda mungkin akan mengenal mesin yang satu ini. Mesin ini adalah mesin yang sangat cerdas pada zamannya dan menjadi salah satu alat utama dalam berbagai keberhasilan Hitler dalam menaklukan banyak tempat di Eropa.





Selama perang dunia ke-2 berlangsung, mesin inilah yang banyak merepotkan musuh dan sekutu, maka jika teka-teki jerman ini terpecahkan, maka jerman akan segera menemui kehancuran dan menjadi sebuah pertanda bahwa perang dunia ke-2 akan segera berakhir.

film The Imitation Game

Mesin Enigma

Enigma berasal dari bahasa latin (aenigma) yang artinya adalah teka-teki. Enigma adalah alat penyandi yang digunakan untuk mengenskripsi pesan rahasia. Enigma dipatenkan oleh seorang insinyur asal jerman bernama Arthur Scherbius.
Enigma Machine sumber : http://m.infospesial.net

Awalnya mesin ini dijual secara komersial. Tapi pada akhirnya mesin ini populer dan dikenal sebagai mesin penyandi pesan rahasia yang dikirmkan tentara-tentara nazi kepada tentara nazi lainnya selama perang dunia ke-2. Dengan menggunakan mesin enskripsi ini semua pesan yang dikirimkan tidak mungkin dapat dibaca oleh musuh karena dianggap sangat aman dan mustahil untuk diterjemahkan.

Selama perang dunia ke-2 semua komunikasi jerman bergantung penuh pada mesin ini. Dengan bantuan mesin cerdas ini, semua pesan serbuan, konvoi tentara, kordinat musuh, lokasi tank, lokasi kapal perang, dan strategi lainnya menjadi sulit untuk diketahui.

Dilihat dari bentuk fisiknya, desain mesin enigma sangatlah sederhana bentuknya pun mirip dengan mesin tik, hanya saja algoritma penyandiannya sangatlah rumit hingga mustahil orang dapat memecahkannya, bahkan jika seseorang memiliki mesinnya bukan berarti dia dapat menerjemahkannya.


Akhirnya Enigma Terpecahkan dan Jerman Mulai Hancur

lokasi semua kapal perang, tank, dan konvoi tentara masuk dan keluar dari mesin enigma tersebut. Maka jika musuh berhasil memecahkan pesan rahasia ini, artinya perang dunia ke-2 akan segera berakhir dan jerman akan segera menemui kehancurannya.

Sebelum dapat dipecahkan oleh tim peneliti yang berasal dari inggris, mesin enigma ini sudah lebih dulu dipecahkan oleh kriptografer dari polandia pada tahun 1932 oleh Marian rejewski, jerzy Rozycki dan Henryk Zygalski. Namun sayangnya jerman mengetahuinya dan akhirnya jerman mendesain ulang enigma pada tahun 1939.

Turing machine,Bombe Machine 
Walaupun sempat diubah oleh jerman, pada akhirnya mesin tersebut dapat dipecahkan oleh tim dari inggris tanpa diketahui oleh jerman, Tim tersebut berhasil memecahkan sandi enigma lewat mesin yang dirancang oleh Alan Turing.

Dikisahkan dalam "film The Imitation Game", bahwa Alan turing adalah seorang ahli matematika yang bekerja untuk pemerintah inggris pada tahun 1938 dalam misi khusus pemecahan pesan-pesan rahasia enigma. Alan turing berhasil memecahkan sandi enigma dengan mesin yang disebut turing dengan nama machine atau Bombe.

Setelah Alan dan timnya menemukan alat penerjemah enigma, diam-diam mereka merahasiakan informasi tersebut untuk menjaga keamanan dan agar tidak diketahui oleh jerman. Para sejarawan pun sepakat dengan terpecahkanya teka-teki jerman telah memperpendek perang dunia ke-2 menjadi  2 hingga 3 tahun lebih cepat.


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi