Komponen yang Harus Dicek Saat Membeli HP Bekas

Share:
Komponen yang Harus Dicek Saat Membeli HP Bekas
Membeli HP bekas bisa menjadi pilihan yang lebih hemat biaya dibandingkan membeli HP baru, namun tentunya memerlukan perhatian ekstra dalam memeriksa kondisi HP tersebut. Tapi sebelum membeli hp bekas cari terlebih dahulu spesifikasi tentang hp yang akan dibeli. Anda bisa dengan mudah mencari tentang spesifikasi hp yang akan dibeli di internet

Dengan membaca spesifikasi hp yang akan dibeli, kita akan mengetahui kemampuan apa saja yang ada di hp tersebut dan kemampuan itulah yang akan kita cek saat ingin membelinya. Berikut adalah beberapa komponen yang perlu Anda periksa saat membeli HP bekas:


Layar

Periksa apakah layar HP dalam kondisi baik dan tidak terdapat retak, goresan, baret. Cek juga warna yang dihasilkan, cek juga apakah terdapat cacat saat layar dihidupkan seperti garis atau titik-titik hitam. Jika HP menggunakan touch screen, cek juga apakah touchscreen berfungsi dengan baik dan responsive.


Baterai

Periksa kondisi baterai dan kapasitas dayanya. Pastikan bahwa baterai masih dapat bertahan selama beberapa jam dan tidak mengalami masalah seperti cepat habis. Di android dan iphone anda dapat dengan mudah mengecek Kesehatan baterai dengan masuk ke settings > battery. Cek juga apakah charger dapat mengisi daya baterai.


Kamera

Pastikan bahwa kamera pada HP bekas dapat bekerja dengan baik dan hasil foto tidak terlalu buram atau pecah-pecah. Lakukan hal ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Sistem Operasi

Periksa apakah sistem operasi HP bekas masih terbaru dan dapat diperbarui. Pastikan juga tidak terdapat masalah seperti crash atau hang pada sistem operasi. Disarankan untuk menggunakan sistem operasi terbaru atau minimal sistem operasi 2 versi dibawah versi terbaru saat ini. Hal ini penting, karena mungkin Sebagian aplikasi seperti whatsapp, youtube, Instagram dan aplikasi lainnya tidak dapat dijalankan di sistem operasi terlalu jadul.




Memori

Pastikan bahwa memori internal HP bekas masih mencukupi untuk menyimpan file dan aplikasi yang dibutuhkan. Dan periksa apakah tersedia tambahan storage dengan micro SD.


Sensor

Periksa apakah sensor pada HP bekas masih berfungsi dengan baik seperti sensor sidik jari, sensor wajah, sensor gerak dan sensor lainnya. Untuk mengetahui sensor apa saja yang ada di hp, silahkan merujuk ke spesifikasi hp tersebut.


Konektivitas

Pastikan bahwa semua fitur konektivitas seperti jaringan provider, Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC berfungsi dengan baik.


Speaker dan Mikrofon

Periksa apakah speaker dan mikrofon pada HP bekas dapat bekerja dengan baik dan tidak ada masalah seperti suara pecah atau jangkauan mikrofon yang buruk.


Port Audio

Jika hp yang akan anda beli masih terdapat port audio silahkan cek terlebih dahulu dengan menggunakan headset yang ada. Pastikan headset yang anda gunakan baik sehingga jika suara tidak muncul bisa dipastikan terjadi masalah pada hp.


Cek Tombol Fisik

Cek juga apakah tombol fisik, seperti volume, tombol on/off, atau tombol fisik di layar dapat bekerja dengan baik. Lakukan beberapa kali untuk memastikan bahwa tombol benar-benar berfungsi dengan baik.


Body

Cek juga body hp yang akan dibeli. Apakah terdapat kerusakan seperti retak, lecet atau cacat lainnya.
 

Pastikan Anda membeli HP bekas dari penjual terpercaya dan selalu melakukan transaksi secara aman. Selain itu, sebaiknya juga membeli HP bekas yang masih memiliki masa garansi yang cukup atau memiliki riwayat pemakaian yang baik.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi