Bahaya! 5 Kesalahan ini Bisa Bikin Kamu Gagal Seleksi CPNS

Share:

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu menjadi momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang. Dengan kesempatan untuk menjadi abdi negara, banyak pelamar berlomba-lomba untuk memenuhi berbagai persyaratan dan melewati tahapan seleksi. Namun, meskipun telah berusaha dengan keras, banyak pelamar yang gagal pada tahap seleksi administrasi. 


1. Tidak Memenuhi Kelengkapan Dokumen Persyaratan

Kesalahan yang sangat sering terjadi diantara pelamar adalah seringnya tidak melengkapi dokumen yang diminta oleh panitia penyelenggara. Setiap instansi pemerintah biasanya menetapkan persyaratan dokumen yang berbeda-beda. Sedangkan dokumen umum yang pastinya ada di setiap instansi sebagai berikut:

- Kartu Tanda Penduduk (KTP)

- Ijazah dan transkrip nilai

- Surat lamaran yang ditulis tangan

- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

- Pas foto terbaru

Hal seperti ini tidak dapat dianggap sepele, karena jika salah satunya saja tidak dipenuhi seperti tidak mengunggah, salah format, format tidak sesuai, dan lain sebagainya maka pelamar pastinya akan gugur dan tidak dapat masuk ke tahap selanjutnya.


💻Daftar tryout di cbt.sahretech.com sekarang!. Dapatkan soal latihan gratis, kunci jawaban dan pembahasannya. Dapatkan juga ribuan soal dengan harga terjangkau daftar segera di cbt.sahretech.com/register 💻


2. Tidak Memenuhi Persyaratan Umum dan Khusus

Biasanya terdapat persyaratan umum dan khusus di setiap formasi CPNS yang dibuka oleh pemerintah. Persyaratan umum meliputi usia maksimal, kualifikasi pendidikan, dan status kewarganegaraan. Sementara itu, persyaratan khusus mungkin mencakup keahlian spesifik, pengalaman kerja tertentu, atau sertifikasi khusus. Jika salah satu persyaratan tidak dipenuhi baik umum atau khusus maka pelamar otomatis akan gugur. Hal seperti ini jelas tidka dapat dianggap sepele dan harus dicermati secara teliti.


3. Kesalahan dalam Pengisian Formulir Pendaftaran

Saat mengisi formulir pendaftaran, pastikan untuk mengisi semua komponen sesuai dengan instruksi yang diminta oleh panitia. Pelamar perlu berhati-hati dan memastikan bahwa setiap data yang diisi sesuai dengan buktinya, seperti pengisian nomor nik, nama, alamat, pendidikan, dan data lainnya. Jika panitia menemukan ketidak sesuaian antara data formulir dengan dokumen maka pelamar dapat dinyatakan gugur.



4. Dokumen Tidak Memenuhi Persyaratan

Selain melengkapi dokumen, pelamar juga harus memastikan bahwa dokumen yang diunggah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Beberapa contoh persyaratan tersebut antara lain:
- Ukuran file tidak boleh melebihi batas yang ditentukan
- Format file harus sesuai (misalnya, PDF, JPG, atau PNG)
- Pas foto harus memiliki latar belakang tertentu
- Ijazah dan transkrip nilai harus dilegalisir oleh pihak yang berwenang

Jika dokumen yang diunggah tidak sesuai dengan persyaratan ini, pelamar akan dinyatakan gugur.


5. Kurangnya Ketelitian dalam Membaca Pengumuman dan Petunjuk

Salah satu kesalahan yang sering diabaikan oleh pelamar adalah kurang teliti dalam membaca pengumuman dan petunjuk yang diberikan oleh panitia seleksi. Setiap tahapan seleksi biasanya disertai dengan pengumuman dan petunjuk yang sangat rinci. Pelamar yang tidak cermat dalam membaca pengumuman ini sering kali melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang sebenarnya dapat dihindari.

Pastikan juga untuk selalu membaca pengumuman resmi dari pemerintah atau instansi terkait yang membuka formasi CPNS. Jangan hanya kata orang saja, karena semua itu belum tentu benar. Sebaiknya pastikan sumbernya jelas dan valid.


Tryout SKD CPNS Murah Meriah

Kami juga menyediakan tryout dengan harga murah meriah di cbt.sahretech.com anda akan mendapatkan ribuan soal SKD yang terdiri dari TWK, TKP, dan TIU. Anda dapat mengerjakan soal dimanapun, kapanpun tanpa batasan percobaan untuk mengerjakan soal. Terdapat rekap nilai di akhir pengerjaan soal untuk mengukur kemampuan anda. Terdapat kunci jawaban dan pembahasan untuk memudahkan anda dalam mempelajari pertanyaan-pertanyaan yang ada. Buruan daftar di cbt.sahretech.com/register. Gratis daftar dan gratis 60 contoh soal SKD. Buruan daftar dan rasakan manfaatnya!.

Soal Tryout Online SKD
Soal Tryout Online SKD


Memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan dalam seleksi administrasi CPNS 2024 adalah langkah krusial untuk meraih kesempatan menjadi abdi negara. Dengan memperhatikan detail dan mempersiapkan dokumen dengan teliti, Anda dapat mengurangi risiko gugur pada tahap awal seleksi. Ingatlah, kesuksesan dalam seleksi administrasi adalah fondasi pertama menuju karier sebagai PNS. Semoga informasi yang telah dibahas dalam artikel ini dapat membantu Anda mempersiapkan diri dengan lebih baik dan meningkatkan peluang untuk lolos ke tahap selanjutnya. Selamat berjuang dan semoga sukses!

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi