Apakah Kendaraan Listrik Benar-benar Ramah Lingkungan?

Share:
Apakah Kendaraan Listrik Benar-benar Ramah Lingkungan?
Kendaraan listrik adalah kendaraan yang menggunakan motor listrik sebagai sumber tenaga utama untuk menggerakkan rodanya. Motor listrik ini membutuhkan tenaga baterai sebagai sumber tenaga utama, yang dapat diisi ulang menggunakan listrik dari sumber energi terbarukan seperti tenaga surya atau angin atau sumber energi konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil seperti batu bara.

Kendaraan listrik dapat dianggap lebih ramah lingkungan daripada kendaraan bermesin pembakaran dalam karena tidak menghasilkan emisi secara langsung di tempat yang digunakan. Namun, apakah kendaraan listrik benar-benar ramah lingkungan bergantung pada banyak faktor, termasuk sumber dan metode pembangkitan listrik, bahan baku pembuatan kendaraan, serta cara penggunaan dan pembuangannya. .



1. Produksi Baterai

Kendaraan listrik membutuhkan bahan baku seperti litium, kobalt, nikel dan tembaga, membutuhkan energi, dan proses penambangan berdampak pada kerusakan lingkungan. Tapi seiring berjalannya waktu, pabrik kendaraan dan aki terus berupaya mencari cara agar proses pembuatan lebih ramah lingkungan.


2. Sumber Energi

Pasokan listrik untuk menghidupkan kendaraan listrik juga menjadi hal penting untuk dinilai dalam pengaruhnya ke lingkungan. Jika listrik dihasilkan dari pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil, seperti batu bara atau gas, dampak penggunaan kendaraan listrik terhadap lingkungan masih signifikan. Namun, jika listrik dihasilkan dari sumber energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga air, tenaga angin atau energi surya, penggunaan kendaraan listrik akan jauh lebih ramah lingkungan.

Pemasok listrik di Indonesia, khususnya PLN (Perusahaan Listrik Negara), masih banyak menggunakan bahan bakar fosil seperti batu bara dan gas untuk menghasilkan listrik. Penggunaan bahan bakar fosil ini berdampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia, karena menghasilkan emisi gas rumah kaca dan polutan lain yang berkontribusi terhadap perubahan iklim dan polusi udara.


3. Cara Menggunakan Kendaraan Listrik

Cara kendaraan listrik digunakan juga mempengaruhi lingkungan. Jika kendaraan listrik digunakan secara efisien dan diisi dengan listrik dari sumber energi terbarukan, dampak terhadap lingkungan dapat diminimalkan. Namun, jika kendaraan listrik banyak digunakan dan diisi ulang dengan listrik dari pembangkit berbahan bakar fosil, dampak lingkungan akan semakin besar.

Singkatnya, kendaraan listrik dapat dianggap sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan daripada kendaraan yang dilengkapi dengan mesin pembakaran internal, tetapi dampak lingkungan dari kendaraan listrik sangat bergantung pada sumber dan alat transportasi. dibuat dan bagaimana kendaraan digunakan dan dirawat setelah masa pakainya. 

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi