7 Minuman Nikmat Untuk Mengurangi Kolesterol

Share:
7 Minuman Nikmat Untuk Mengurangi Kolesterol
Kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh banyak orang di era modern ini. Gaya hidup yang kurang sehat dan pola makan yang tidak seimbang seringkali menjadi penyebab utama peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Namun, kini ada solusi alami dan nikmat untuk menurunkan kadar kolesterol, yaitu dengan mengonsumsi minuman yang secara khusus dirancang untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tingkat kolesterol jahat. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tujuh minuman yang tidak hanya enak diminum, tetapi juga terbukti efektif dalam menurunkan kolesterol. Mari kita temukan cara menikmati minuman-minuman ini sambil merawat kesehatan tubuh kita.


1. Susu Kedelai

Minuman yang dapat digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol adalah susu kedelai. Iya, susu kedelai atau produk makanan dan minuman yang berasal dari kedelai memiliki potensi untuk mengurangi tingkat kolesterol yang tinggi dalam sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi 1/2 gelas susu kedelai secara teratur setiap hari, dapat menghasilkan penurunan sekitar 5-6 persen pada kolesterol LDL dalam darah.

Walaupun memberikan manfaat, disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman penurun kolesterol secara berlebihan. Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi jenis minuman ini.


2. Teh Hijau

Ternyata, teh hijau termasuk dalam kategori minuman yang dianggap memiliki potensi sebagai penurun kolesterol. Seperti halnya minuman-minuman yang disebutkan sebelumnya, teh hijau mengandung catechins, polifenol aktif yang dapat berperan dalam melindungi organ jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dalam sirkulasi darah.

Sebuah studi yang diterbitkan di Nutrition Journal bahkan menyatakan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan total kolesterol dalam darah. Temuan ini berlaku baik untuk individu dengan berat badan normal maupun yang mengalami obesitas. 

Tidak hanya itu, dengan secara rutin menikmati minuman penurun kolesterol ini, Anda juga dapat mengurangi risiko menghadapi masalah kesehatan jantung yang seringkali dipicu oleh tingginya kadar kolesterol.


3. Jus Jeruk

Jus selanjutnya yang dianggap memiliki kemampuan menurunkan tingkat kolesterol ketika dikonsumsi secara teratur adalah jus jeruk. Minuman ini juga mengandung antioksidan dengan konsentrasi yang tinggi, terutama flavonoid, carotenoid, dan asam askorbat.

Dengan mengonsumsi jus jeruk secara teratur, dapat membantu mengurangi kadar total kolesterol dan kolesterol LDL dalam sirkulasi darah. Bahkan, melalui konsumsi yang konsisten, minuman ini dapat berkontribusi pada peningkatan kandungan vitamin C dan asam folat dalam tubuh.

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya, diperlukan kebiasaan mengonsumsi setidaknya 750 mililiter (ml) jus jeruk setiap hari selama lebih dari 12 bulan atau setahun penuh.


4. Jus Delima

Jika dibandingkan dengan jus apel, minuman yang satu ini mungkin kurang familiar di telinga. Padahal, jus delima memiliki keunggulan sebagai minuman penurun kolesterol. Mengapa demikian? Karena minuman ini mengandung polifenol, yaitu antioksidan yang juga ditemukan dalam apel.

Tetapi, kadar polifenol dan antioksidan lainnya dalam buah delima ini ternyata lebih tinggi daripada berbagai jenis buah lainnya. Bahkan, jumlah antioksidan dalam buah ini tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan yang terdapat dalam teh hijau.


5. Jus Apel

Jus apel mengandung serat dan polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, termasuk dalam menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, jus apel sering diakui sebagai minuman yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Polifenol yang terdapat dalam minuman penurun kolesterol ini memiliki kemampuan untuk mencegah akumulasi kolesterol jahat (LDL) dalam pembuluh darah arteri. Hal ini penting karena penumpukan tersebut dapat menjadi pemicu beberapa masalah kesehatan, seperti serangan jantung atau stroke.


6. Jus Alpukat

Buah ini diyakini dapat memperbaiki kesehatan jantung dengan mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam sirkulasi darah, terutama pada individu yang mengalami obesitas. Namun, disarankan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya saat membuat jus alpukat.

Selain itu, sebaiknya dihindari penggunaan susu cokelat cair yang kerap digunakan dalam jus alpukat. Hal ini karena penambahan berbagai jenis pemanis dapat berkontribusi pada peningkatan kadar gula darah, yang pada akhirnya tidak menguntungkan bagi kesehatan Anda.


7. Kunyit Asam

Jika Anda lebih memfavoritkan minuman yang memiliki nuansa lebih klasik, kunyit asam bisa menjadi pilihan untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit diyakini memiliki kemampuan untuk mengurangi tingkat kolesterol jahat dan total kolesterol dalam sirkulasi darah.

Temuan ini didukung oleh penelitian yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal pada tahun 2017, yang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kurkumin cenderung mengalami penurunan kadar kolesterol jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.


Penutup

Dengan mengintegrasikan minuman-minuman sehat ini ke dalam rutinitas harian, kita tidak hanya dapat menurunkan kadar kolesterol tetapi juga merasakan nikmatnya kelezatan yang ditawarkan oleh minuman-minuman alami ini. 

Sebuah hidup sehat dimulai dari keputusan kecil sehari-hari, dan memilih minuman yang baik untuk kesehatan adalah langkah yang tepat. Jadi, mari kita bersama-sama merawat kesehatan tubuh kita dengan menikmati minuman-minuman penurun kolesterol yang lezat dan bermanfaat ini.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi