5 Plugin Wordpress yang Wajib diinstall agar SEO

Share:

Wordpress adalah salah satu CMS(content management system) yang sangat populer dan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam jenis website, seperti: website berita, blog, e-commerce, e-learning, dan jenis website lainnya. Selain dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, wordpress juga terkenal memiliki banyak sekali plugin yang sangat memudahakan administrator untuk meng-customisasi website se-fleksibel mungkin, baik dari sisi tampilan, fitur, dan performa website itu sendiri.

Nah pada kesempatan kali ini, porkanone akan membahas plugin wordpress yang sangat membantu administarator, khususnya dalam urusan SEO. Karena plugin yang menawarkan fungsi sejenis sangat banyak, jadi kalian tidak perlu khawatir, kali ini porkaone akan membahasnya untuk kalian.


1. Akismet

Salah satu hal yang cukup meresahkan para blogger adalah komentar-komentar spam, biasanya komentarnya tidak jelas dan berisi link aktif untuk mempromosikan produk si pengomentar, hal seperti ini perlu dibasmi karena akan bedampak buruk pada performa SEO website kalian.

Akismet adalah jawabannya. Plugin ini bermanfaat untuk memfilter komentar yang masuk ke website kalian. Dengan menggunakan plugin ini, komentar yang masuk dapat dipilih untuk dihapus atau ditampilkan pada website sesuai dengan algoritma yang telah mereka tentukan. Dengan menggunakan plugin ini, kalian dapat lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting, sehingga untuk urusan spam kalian tidak perlu memilahnya satu persatu lagi. Detail Akismet: https://akismet.com

5 plugin wordpress wajib install
akismet.com




2. Yoast SEO

Membuat konten yang SEO bukanlah pekerjaan mudah, apalagi konten tidak ditulis hanya 1 atau 2 kali, penulis juga butuh inspirasi dan kemudahan dalam SEO adalah hal yang utama. Jika kalian menggunakan platform wordpress, kalian bisa menggunakan plugin yang satu ini, yaitu yoast SEO.

Yoast SEO adalah plugin yang memudahkan kalian untuk mengatur tingkat efektivitas SEO sebuah website, fitur yang diberikan seperti optimasi keyword, keyphrases, sinonim, kata kunci terkait, preview google page, preview post on sosial media, dan fitur SEO lainnya. 

Yoast SEO akan memeriksa kata kunci yang kalian masukkan, apakah kalian sering menggunakannya atau tidak. Selain itu juga yoast SEO akan memberikan batasan maksimal judul SEO yang bisa kalian tulis beserta meta deskripsinya lalu mem-previewnya dengan halaman google pencarian. Di versi peremium yoast SEO akan menganalisa tulisan kalian lebih dalam dan memberikan sinonim dari kata-kata yang cocok dengan teks yang ditulis. Detail Yoast SEO: https://yoast.com/wordpress/plugins/seo

5 plugin wordpress wajib install
yoast.com



3. WP Smush

Salah satu masalah yang cukup serius dan sering terjadi pada hampir semua website adalah masalah ukuran gambar. Gambar dengan ukuran yang besar akan memperlambat load halaman, website dengan load halaman yang terlalu lama berdampak besar pada kunjungan visitor. Visitor akan menurun, karena mereka tidak suka menunggu lama.

Ada cara praktis yang bisa kalian terapkan untuk me-reduce ukuran gambar pada sebuah website. Yaitu dengan wp smush. Wp smush adalah plugin canggih yang dapat mengoptimalkan semua gambar sekaliagus, jadi kompresinya gk manual satu-satu.

Pertama wp smush akan menganalisa semua gambar dengan ukuran yang tidak optimal. Lalu jika ada 100 gambar dengan ukuran yang tidak optimal maka wp smush akan mengkompresinya sekaligus. Detail Wp smush: https://id.wordpress.org/plugins/wp-smushit

5 plugin wordpress wajib install
Wp Smush



4. WP Super Cache

Plugin ini berfungsi untuk menyimpan cache website, dimana saat website ditampilkan ulang load-nya menjadi lebih cepat. Karena html dan data lainnya disimpan secara statis. Dengan cara seperti ini efektivitas waktu lebih terjaga, user juga tidak perlu stress dengan load halaman yang terlalu lama.

Wp super cache memiliki 3 mekanisme berbeda dalam menampilkan halaman, pertama expert, expert adalah metode tercepat dan memastikan kecepatan load halaman tetap stabil meski menerima traffice yang tinggi. Lalu kedua ada simple, simple adalah mekanisme cache di bawah expert, lalu terkahir ada wp-cache caching. Metode ini mengelola user yang masuk ke aplikasi dan memastikan situs kalian memiliki performa yang baik saat diakses oleh user.

WP super cache sangat direkomendasikan untuk digunakan, pasalnya plugin ini ringan dan mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun. Dan yang terakhir plugin ini menggunakan CDN sehingga bisa menaikkan kecepatan situs kalian. Detail wp super cache: https://id.wordpress.org/plugins/wp-super-cache

5 plugin wordpress wajib install
Wp Super Cache


5. Backup Wordpress

Plugin yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh pengelola website apapun yaitu plugin backup data wordpress. Backup wordpress memiliki fitur penjadwalan yang bisa kalian atur sendiri, sehingga kalian tidak perlu secara manual mem-backup data. Fitur ini sangat berguna, apalagi jika administrator lupa atau tidak sempat membackup data. Kemudahan lainnya adalah plugin ini dapat digunakan untuk sistem operasi ios, windows, dan linux.

Plugin seperti ini benar-benar dibutuhkan. Apalagi jika website yang dikelola sudah besar dan memiliki data yang banyak, tentu administrator atau pemilik website harus memiliki mekanisme backup data yang baik dan benar. Detail backup wordpress: https://wordpress.org/plugins/backupwordpress

5 plugin wordpress wajib install
Backup wordpress



Sebenarnya masih banyak plugin lainnya yang bisa kalian gunakan untuk membuat wordpress kalian lebih gacor dalam segi performa, tapi saya pikir plugin-plugin di atas sudah cukup untuk memenuhi itu semua, 5 plugin di atas adalah plugin-plugin yang sangat populer digunakan, teruji kualitasnya, dan teknologi yang digunakan telah mengikuti perkembangan teknologi web saat ini, itu karena plugin yang dibuat selalu di-update secara berkala. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi