10 Universitas Swasta Terbaik Menurut Webometric, Terbaru!

Share:

10 Universitas Swasta Terbaik Menurut Webometric

Indonesia terus menunjukkan kemajuan dalam dunia pendidikan tinggi, dengan universitas-universitas swasta memainkan peran kunci dalam mengukir prestasi akademis. Dalam rangka memberikan gambaran menyeluruh tentang keunggulan universitas-universitas swasta di Tanah Air, Webometrics telah merilis peringkat terbaru mereka untuk tahun 2023. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sepuluh universitas swasta terbaik yang telah berhasil mencapai prestasi luar biasa dalam berbagai bidang. Penilaian Webometrics, yang mencakup parameter-parameter seperti keberlanjutan, visibilitas online, dan dampak akademis, memberikan pandangan yang komprehensif tentang kontribusi universitas-universitas ini terhadap dunia pendidikan tinggi di Indonesia. 


Metode Pemeringkatan Webometric

Visibilitas merujuk pada sejauh mana pengaruh dari konten yang berasal dari laman universitas dapat dirasakan. Tingkat keterbukaan mencerminkan seberapa sering penelitian yang dihasilkan oleh 310 ahli dari institusi tersebut diakui dan dikutip oleh pihak lain.

Keunggulan mencerminkan jumlah makalah dari sebuah perguruan tinggi yang masuk dalam 10 persen makalah terbaik yang paling sering dikutip di 27 bidang studi yang berbeda dalam basis data yang digunakan.

Webometrics melakukan pengumpulan data dari 31.000 universitas terkemuka di seluruh dunia berdasarkan indikator tersebut selama periode 1-20 Januari atau Juli. Penilaian ini mencakup universitas baik negeri maupun swasta.


1. Telkom University (Tel-U)

Menurut laporan Webometrics per Juli 2023, Telkom University telah diakui sebagai perguruan tinggi swasta terkemuka. Terletak di Bandung, Jawa Barat, kampus ini menduduki peringkat ke-11 di Indonesia, sementara secara global, Tel-U menempati peringkat 1.268. Berdiri sejak 2013 di bawah Yayasan Pendidikan Telkom, Tel-U menonjol dengan 7 fakultas dan 50 program studi. Saat ini, Telkom University memiliki akreditasi unggul dari BAN-PT dan juga telah meraih akreditasi internasional.

Source: https://jakarta.telkomuniversity.ac.id/en/



2. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Webometrics melaporkan bahwa Binus telah meraih posisi sebagai kampus swasta terbaik kedua di Indonesia per Juli 2023. Secara keseluruhan, kampus yang berlokasi di Jakarta Barat ini menempati peringkat ke-12 di Indonesia dan 1.531 secara global. Dibandingkan dengan data Juli 2022, peringkat Binus di tingkat nasional relatif stabil, yaitu ke-11 di Indonesia dan 1.758 dunia. Berdiri sejak 21 Oktober 1974, Binus menawarkan 7 fakultas dengan 4 program diploma, 51 program sarjana, 6 program magister, dan 2 program doktor yang tersebar di 8 kampus.

binus
Source: binus.ac.id


3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menempati posisi ketiga sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Dalam laporan Webometrics, kampus ini berada di peringkat ke-19 di tingkat nasional dan 1.947 di tingkat global. 

Terdapat peningkatan posisi UMY dari tahun sebelumnya yang berada di peringkat ke-16 di Indonesia, dengan peringkat dunia sebesar 2.069. Didirikan pada 1 Maret 1981 dan terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, UMY pada tahun 2022 berhasil menerima 5.570 mahasiswa baru yang tersebar di 10 fakultas dan 41 program studi.

UMY
Source: https://www.viva.co.id/indepth/sorot/527425-universitas-muhammadiyah-yogyakarta



4. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menduduki peringkat keempat sebagai perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia. Kampus ini, yang terletak di Jawa Timur, menempati posisi ke-22 di tingkat nasional dan 2.264 di tingkat global menurut laporan Webometrics. Dibandingkan dengan data Juli 2022, terjadi peningkatan posisi UMM yang sebelumnya berada di peringkat ke-25 di Indonesia dan 2.776 di tingkat dunia. 

Pada tanggal 5 Mei 2023, jumlah mahasiswa UMM mencapai 39.485, dan kampus ini menawarkan 10 fakultas dengan 6 program internasional, 5 program vokasi, 40 program sarjana, 6 program profesi, 13 program magister, dan 4 program doktor.


5. Universitas Mercu Buana (UMB)

Mercu Buana menempati posisi kelima sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, dengan peringkat keseluruhan 24 di tingkat nasional dan 2.316 di tingkat global, menurut laporan terbaru Webometrics. Jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya, Mercu Buana mengalami kenaikan peringkat dari posisi ke-21 menjadi ke-24 di Indonesia, sementara di tingkat dunia, peringkatnya meningkat dari 2.425 menjadi 2.316. 

Sejak berdiri pada 22 Oktober 1985, Mercu Buana menjelma sebagai institusi pendidikan yang memiliki tiga kampus utama, yakni Kampus Meruya di Jakarta Barat, Kampus Menteng di Jakarta Pusat, dan Kampus Pejaten di Jakarta Selatan. Dengan menawarkan 14 program sarjana dan dua program D3, universitas ini kini memiliki 695 dosen yang memberikan ilmu kepada 27.923 mahasiswa pada tahun 2022.

Source: https://www.mercubuana.ac.id/id


6. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Sebagai peringkat keenam dalam daftar perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut Webometrics, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menduduki peringkat keseluruhan ke-33 di tingkat nasional dan 2.720 di tingkat dunia. Institusi yang berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah, ini berdiri pada 24 Oktober 1981. 

Sebagai hasil perubahan dari IKIP Muhammadiyah Surakarta, yang sebelumnya merupakan bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Jakarta cabang Surakarta sejak tahun 1958. Pada tahun 2022, UMS menjadi rumah bagi 7.169 mahasiswa yang mengejar pendidikan di 12 Fakultas dengan total 35 program sarjana, 19 program magister, 5 program doktoral, 7 program profesi, dan 11 program vokasi.


7. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyandang predikat sebagai kampus swasta terbaik berikutnya, menempati peringkat ketujuh sebagai PTS terunggul di Indonesia. Terletak di Yogyakarta, kampus yang mengambil nama dari pendiri organisasi Muhammadiyah ini berada di peringkat 35 terbaik secara nasional dan 2.920 di tingkat global. 

UAD awalnya merupakan cabang dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta, yang merupakan bagian dari FKIP Muhammadiyah Jakarta di Yogyakarta. Pada 19 Desember 1994, IKIP Muhammadiyah Yogyakarta diubah menjadi Universitas Ahmad Dahlan. Hingga tahun 2022, UAD telah berhasil menarik minat 7.022 mahasiswa yang menempuh pendidikan di 11 fakultas dan satu program pelatihan.


8. Universitas Gunadarma (UG)

Universitas Gunadarma (UG) meraih peringkat terbaik kedelapan di Indonesia, menempatkannya sebagai salah satu PTS terkemuka. Berlokasi di Depok, Jawa Barat, Gunadarma menempati peringkat ke-36 secara nasional dan 2.935 di tingkat dunia. Universitas ini, yang berawal dari pendirian Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) di Jakarta pada 7 Agustus 1981, telah berkembang menjadi sebuah lembaga pendidikan dengan 6 fakultas dan 18 program studi. 

Transformasi dari PPIK menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma, kemudian bergabung dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma) dan menjadi Universitas, mencerminkan evolusi dinamisnya selama bertahun-tahun.


9. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa)

Melangkah ke urutan kesembilan sebagai PTS terbaik di Indonesia, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) muncul sebagai institusi pendidikan unggulan. Perguruan tinggi ini, yang didirikan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya, awalnya berdiri sebagai Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) YARSIS pada tahun 1979. 

Namun, pada tahun 2012, sekolah ini mengalami perubahan besar dan ditingkatkan menjadi universitas di bawah dukungan kuat dari Nahdlatul Ulama. Pada tahun 2022, Unusa berhasil menarik minat 1.810 mahasiswa baru, yang mengejar pendidikan mereka di lima fakultas dan 20 program studi yang ditawarkan.


10. Universitas Islam Sultan Agung (Unissula)

Terakhir dalam daftar ini, Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menempati peringkat terbaik ke-10 di Indonesia. Terletak di Semarang, Unissula menempati posisi ke-45 di antara perguruan tinggi terbaik se-Indonesia dan ke-3.564 di tingkat dunia berdasarkan laporan Webometrics. 

Didirikan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) pada 20 Mei 1962, Unissula mengambil nama dari pahlawan Sultan Agung sebagai bentuk penghormatan atas jasanya bagi bangsa Indonesia. Dengan stuktur yang kokoh, Unissula memiliki 11 fakultas yang menawarkan 38 program studi, mencakup tingkat D3, S1, S2, dan S3.


Penutup

Dengan perkembangan pesat dalam dunia pendidikan tinggi, universitas-universitas swasta di Indonesia telah membuktikan bahwa mereka mampu bersaing di tingkat global. Melalui peringkat Webometrics untuk tahun 2023, kita telah mendapatkan wawasan mendalam tentang universitas-universitas yang memimpin dalam aspek keberlanjutan, visibilitas online, dan dampak akademis. 

Semoga, dengan terus meningkatnya kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, universitas-universitas swasta ini dapat terus bersinar dan menjadi tempat yang menginspirasi bagi generasi penerus. Mari kita sambut masa depan cerah pendidikan tinggi Indonesia dengan optimisme yang tinggi.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi