Cara Membuat Fitur Copy di Flutter

Share:
Cara Membuat Fitur Copy di Flutter

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara membuat fitur salin teks di flutter. Penasaran?, mari ikuti tutorial selengkapnya di bawah ini.


Fitur salin (Copy) di aplikasi Android adalah kemampuan untuk menyalin teks atau konten tertentu dari suatu lokasi (seperti teks di dalam pesan teks, email, browser, atau aplikasi lain) ke clipboard perangkat.  Fitur ini sangat berguna untuk berbagi teks atau informasi antara aplikasi atau untuk menyimpan teks yang penting untuk pengguna.

Pada tutorial kita kali ini, kita akan membuat fitur salin teks sederhana, setelah disalin akan memunculkan snackbar di bawahnya. Scroll ke bagian bawah halaman untuk melihat hasil akhirnya.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Membuat Aplikasi Berita dari Blogger API di Flutter read more
📰 2. Menampilkan Video Youtube Populer di Aplikasi Flutter dengan Youtube API read more
📰 3.Membuat Aplikasi Berita dengan API Wordpress read more
📰 4. Menggunakan State Management Provider pada Aplikasi Todo List Flutter read more


Cara Membuat Fitur Salin di Flutter

1. Buatlah sebuah project flutter baru dengan nama yang kalian inginkan. Gunakan flutter versi terbaru atau versi 3 ke atas. 

2. Buka file main.dart. Kemudian edit dengan script di bawah ini.



// ignore_for_file: prefer_const_constructors, use_key_in_widget_constructors import 'package:flutter/material.dart'; import 'package:flutter/services.dart'; void main() { runApp(MyApp()); } class MyApp extends StatelessWidget { @override Widget build(BuildContext context) { return MaterialApp( home: Scaffold( appBar: AppBar( title: Text('Copy Text Example'), ), body: Center( child: CopyTextWidget(), ), ), ); } } class CopyTextWidget extends StatelessWidget { //teks untuk disalin final String textToCopy = "Teks yang ingin disalin"; //fungsi untuk menyalin teks dan menampilkan snackbar void _copyTextToClipboard(BuildContext context) { //menyalin teks Clipboard.setData(ClipboardData(text: textToCopy)); //menampilkan snackbar ScaffoldMessenger.of(context).showSnackBar( SnackBar( content: Text('Teks sudah disalin'), ), ); } @override Widget build(BuildContext context) { return Row( //membuat widget berada di tengah mainAxisAlignment: MainAxisAlignment.center, children: [ Text(textToCopy), SizedBox(width: 10,), //inkwell adalah widget yang dapat merubah element di dalamnya //dapat diklik atau diberikan aksi InkWell( onTap: () { _copyTextToClipboard(context); }, child: Icon(Icons.copy), ), ], ); } }


3. Jalankan melalui emulator untuk melihat hasil akhirnya. Jika yes maka tampilan seperti di bawah ini.

Fitur Copy di Flutter



Keren!, sekarang kalian sudah bisa membuat fitur salin teks di flutter. Kalian bisa melakukan improvisasi pada real project yang kalian punya. Untuk aplikasi yang tertentu fitur ini sangat bermanfaat untuk diimplementasikan.

Sekian tutorial singkat kali ini tentang cara membuat fitur salin di flutter. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawa ini. Sekian dan terima gaji.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi