Download Aplikasi Ujian Online Keren dengan Codeigniter

Share:

Aplikasi ujian online berbasis web adalah solusi modern untuk mengelola ujian dengan lebih efisien dan efektif. Dengan menggunakan aplikasi ujian online, pengguna tidak perlu menggunakan kertas dan merekap nilainya secara manual. Pengguna cukup menyediakan perangkat yang terhubung ke internet dan mengerjakan soal dalam waktu yang telah ditentukan.

Saat pengguna selesai mengerjakan soal, nilai otomatis direkap dan hasil dapat diketahui langsung oleh pengguna maupun guru atau dosen. Aplikasi ujian online sangat diminati saat ini, karena memang lebih efektif dan efisien. Soal-soal yang telah diujikan akan disimpan sebagai bank soal. Soal-soal tersebut dapat digunakan kembali tanpa harus membuat soal baru. Ini benar-benar memudahkan pekerjaan dosen dan guru.

Aplikasi yang akan saya bahas kali ini cukup unik. Karena memiliki banyak fitur pendukung seperti set jurusan, set mata kuliah, set dosen, set mahasiswa, set kelas, manajemen soal, manajemen hasil ujian, setting jadwal ujian dan masih banyak lagi. Selain fitur yang lengkap, aplikasi dibangun menggunakan template yang resposnive sehingga tetap nyaman diakses di berbagai ukuran layar.



Fitur Aplikasi

  1. Setting data master
    1. manajemen jurusan → anda dapat menambahkan jurusan apa saja yang sudah ada pada sebuah universitas atau sekolah tinggi.
    2. manajemen kelas → anda dapat dengan mudah menambah, mengedit atau menghapus kelas yang ada di sebuah universitas atau sekolah tinggi
    3. manajemen mata kuliah → anda dapat menambah, mengurangi atau mengedit mata kuliah yang ada
    4. manajemen dosen dan manajemen mahasiswa →anda dapat menambahkan dosen atau mahasiswa, dosen sebagai pembuat soal dan mahasiswa dapat mengerjakan soal
  2. data yang sudah diset pada data master dapat diatur di menu kelas dosen dan jurusan mata kuliah. Hal ini untuk mengklasifikasi dosen dan mata kuliah yang diampuhnya. Dosen nantinya dapat membuat ujian berdasarkan kelas yang diampuh.
  3. Terdapat bank soal, soal-soal yang telah digunakan dapat digunakan kembali untuk ujian yang akan datang. Dan juga sebagai bahan belajar bagi siswa atau mahasiswa lain.
  4. Dosen dapat dengan mudah membuat jadwal ujian berdasarkan waktu yang telah ditentukan, dosen juga dapat megeset apakah soal akan diacak atau tidak.
  5. Hasil ujian sangat penting, baik dosen atau mahasiswa dapat melihat rekap penilian secara detail. Hasil dapat diketahui segera setelah peserta mengerjakan ujian.
Aplikasi ini sudah siap untuk digunakan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk segala kebutuhan baik tingkat SD, SMP, SMA, atau kuliah. Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan selain kuliah anda dapat mengedit kata-kata seperti dosen, mahasiswa, jurusan agar dapat digeneralisir lagi.

Aplikasi dapat ditingkatkan lagi dengan menambah fitur sesuai selera dan keinginan anda. Masih ada beberapa fitur yang belum disebutkan diatas. Tapi jika ingin custom melalui saya, hubungi saya di 081271449921.


Cara Install Aplikasi

  1. Download aplikasi di link berikut ini https://github.com/arfandotid/ujian-online-ci.git
  2. Download xampp https://www.apachefriends.org/blog/new_xampp_20191227.html lalu lakukan instalasi seperti biasa, ikuti saja step by stepnya.
  3. Setelah aplikasi didownload, ekstrak dan letakkan folder di dalam folder htdocs
  4. Setelah diinstall → buka xampp control panel → lalu nyalakan apache dan mysql service
  5. Buka browser → ketik localhost/phpmyadmin di kotal url
  6. Buatlah database baru dengan nama ci_online_test
  7. Masuk ke database ci_online_test → klik tab import → klik choose file lalu cari file ci_online_test.sql di dalam folder sql → scroll ke bawah dan klik go untuk melakukan import
  8. jalankan composer install untuk menginstall plugin yang diperlukan
  9. ketik localhost/ujian-online-ci pada url browser lalu masuk dengan Username : admin@admin.com, password : password
Catatan: jika terjadi error saat akses aplikasi pertama kali, pastikan konfigurasi database di aplikasi dan mysql sama. Terkadang error terjadi karena username, password, nama database tidak sesuai. 

Terkendala pada instalasi aplikasi atau ingin aplikasi dapat diakses secara online. Hubungi saya melalui nomor whatsapp 081271449921. Harga pemasangan aplikasi mulai dari Rp. 100.000 di hosting.


View Aplikasi

Halaman Dashboard
Halaman Dashboard


Halaman Bank Soal
Halaman Bank Soal


Halaman Set Ujian
Halaman Set Ujian


Halaman Saat Ujian
Halaman Saat Ujian



Halaman Hasil Ujian
Halaman Hasil Ujian



credit: Saya ucapkan terima kasih kepada https://github.com/arfandotid atas aplikasinya, semoga bermanfaat bagi yang menggunakan dan semoga sukses. Salam dari https://github.com/nabilchen96

Butuh custom aplikasi atau bikin aplikasi baru, aplikasi akuntansi, aplikasi surat menyurat, aplikasi absensi, sistem informasi, dan jenis aplikasi lainnya. Saya bisa bantu kalian dengan harga yang disesuaikan dengan kebutuhan. Hubungi saya di 081271449921 jika anda perlu bantuan. 

1 comment:

  1. KEREN..... boleh sya reupload d youtube gak ?

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi