Memperbaiki Wifi Rusak atau Tidak Terdeteksi pada Windows

Share:
Memperbaiki Wifi Rusak atau Tidak Terdeteksi pada Windows

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kami akan mengluas cara mengatasi wifi tidak terdeteksi atau wifi hilang di windows 11. Baca tutorial selengkapnya di bawah ini.



Internet sudah menjadi hal yang wajib di setiap komputer atau laptop. Saat ini hampir semua orang menggunakan internet untuk bekerja, seperti mencari referensi, berkomunikasi, bertukar file, atau melakukan transaksi keuangan. Tapi bagaimana jika tiba-tiba laptop atau komputer windows kalian tidak memiliki akses internet?. Bukan karena jaringan di rumah atau kantor kalian mati. Tapi karena terjadi masalah pada sistem operasi kalian. Di bawah ini contoh saat wifi tidak terdeteksi di komputer atau laptop. Biasanya tanda sinyal wifi akan muncul disebelah icon Bluetooth.

Cara Memperbaiki Wifi yang Rusak di Windows
Wifi Not Available


Di beberapa kasus, tidak hanya wifi saja yang tiba-tiba menghilang. Beberapa masalah lain seperti kamera atau speaker juga tidak berfungsi. Belum tentu terjadi kerusakan pada hardware wifi atau hardware lainnya, bisa jadi ada masalah pada sistem. Jika terjadi kalian tidak perlu khawatir, kalian bisa mencoba mengikuti tips mudah berikut ini untuk memulihkan hardware yang tidak terdeteksi pada windows.


Cara Memperbaiki Wifi Menghilang atau Tidak Terdeteksi pada Windows

Pada contoh kali ini kita menggunakan windows 11, tapi cara di bawah ini bisa kalian gunakan pada versi windows 10 dan versi windows sebelumnya.

1. klik tombol windows lalu cari device manager di kotak pencarian  lalu buka device manager

Cara Memperbaiki Hardware tidak terdeteksi di windows


2. Kemudian akan muncul daftar hardware seperti gambar di bawah ini. Terdapat banyak jenis hardware seperti monitor, network, imaging device dan lain sebagainya.

Jika diperhatikan, terdapat tanda segitiga seru. Artinya hardware yang dimaksud bermasalah atau tidak terdeteksi. Jadi jika nanti speaker, kamera, atau hardware kalian tidak terdeteksi, kalian bisa membuka device manager dan mencari tanda segitiga seru serperti di bawah ini.

cara memperbaiki hardware tidak terdeteksi


3. Selanjutnya klik pada hardware yang bermasalah. Lalu pada bagian atas terdapat tanda silang. Klik tanda silang tersebut

Uninstall Hardware


4, Kemdian akan muncul popup seperti gambar di bawah ini. Kita akan melakukan uninstall pada hardware yang bermasalah. Klik tombol uninstall untuk melakukan proses

Uninstall Hardware


5. Selanjutnya klik tombol pencarian seperti gambar di bawah ini. Hal ini berfungsi untuk mencari hardware yang telah kita hapus sebelumnya.

Find Hardware


6. Selajutnya hardware wifi akan muncul seperti gambar di bawah ini. Jika tidak terdapat tanda seru maka wifi kalian sudah terdeteksi. Jika masih terdapat tanda segitiga seru, coba ulangi beberapa kali lagi.

cara memperbaiki wifi windows


Jika berhasil, maka tampilan koneksi wifinya akan muncul di kotak setting seperti di bawah ini. Sayangnya, saat diinstall ulang, kalian harus menghubungkan kembali jaringan yang ada dan memasukan ulang kata sandi jika terdapat kata sandi.

Cara memperbaiki wifi windows
Final Result



Masalah seperti ini sangat sering terjadi di beberapa laptop windows teman. Rata-rata masalahnya bisa diselesaikan dengan cara di atas. Sedikit tambahan, cara di atas mungkin membutuhkan beberapa kali pengulangan. Atau kalian bisa mencoba cara lain, yaitu dengan merestore ke settingan sebelumnya. Sekian tutorial cara memperbaiki wifi yang tidak terdeteksi di windows. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi