Cara Mudah Membuat Virtual Memory di Windows 11

Share:
Cara Mudah Membuat Virtual Memory di Windows 11
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi tips cara menambah RAM windows 11 dengan virtual memory. Bagaimana caranya?, ikuti tutorialnya di bawah ini.




Virtual memory adalah RAM tambahan yang dipinjam dari memory penyimpanan PC atau komputer. Disebut virtual memory karena bukan RAM yang sebenarnya, tapi mengalokasikan sedikit ruang penyimpanan harddisk atau SSD komputer untuk dijadikan virtual memory.

Virtual memory ini dapat membantu PC menangani kelebihan beban pada RAM. Jadi jika RAM fisik sudah penuh, maka virtual memory akan membantu meminjamkan ruang penyimpanannya. Cara kerja virtual memory dan RAM hampir sama, yaitu berfungsi menyimpan data sementara. Untuk penjelasan lebih detail tentang RAM bisa kalian cari di google atau youtube.

Sayangnya, virtual memory memiliki kecepatan yang lebih rendah dari pada harddisk atau SSD, meskipun begitu virtual memory sangat dibutuhkan saat beban RAM meningkat, seperti terlalu banyak aplikasi yang dijalankan. Pada sistem operasi windows, kalian dapat mengatur sendiri jumlah penyimpanan virtual memory yang diinginkan. Caranya cukup mudah, ikuti tutorialnya di bawah ini.


Cara Membuat Virtual Memory di Windows 11

1. Buka file explorer klik kanan pada This PC  klik properties

Cara Membuat Virtual Memory di Windows 11



2. pilih advanced system settings

Cara Membuat Virtual Memory di Windows 11 sahretech



3. Lalu pilih tab advanced → lalu pada bagian performance klik settings

Cara Membuat Virtual Memory di Windows 11 sahretech



4. Lalu pilih tab advanced → pada bagian virtual memory klik change

Cara Membuat Virtual Memory di Windows 11 sahretech



5. Kemudian uncheck automatically manage paging file size for all drives → pilih drive → klik custom size → isi initial size dan maximum size sesuai kapasitas yang kalian inginkan → kemudian klik set.

cara membuat virtual memory sahretech



6. Ukuran paging file size otomatis ditambahkan sesuai dengan pengaturan kita sebelumnya → lalu klik ok.

7. klik ok pada popup yang muncul

cara membuat virtual memory sahretech

8. kemudian klik ok, sampai muncul kotak popup restart seperti di bawah ini. Lalu klik restart now untuk menyelesaikan pembuatan virtaul memory kita sebelumnya. 

membuat virtual memory sahretech



Ok sekian tips dan trik kali ini tentang cara membuat virtual memory pada windows 11, semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa dipraktekkan. Jika ada pertanyaan, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih.

1 comment:

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi