Cara Mudah Memasang Captcha Google di WordPress

Share:
Cara Mudah Memasang Captcha Google di WordPress

Halo semuanya, pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara mudah menambahkan recacptcha google pada semua form di wordpress. Ayo ikuti tutorial selengkapnya di bawah ini.


Captcha adalah salah satu fitur keamanan untuk menghindari terjadinya spam pada suatu form di website, seperti form komentar atau form pendaftaran. Hal seperti ini perlu diantisipasi karena akan sangat merugikan pemilik website, jika semakin masif, maka akan mengganggu kesehatan website.

Recaptcha adalah salah satu fitur captcha milik google yang sangat powerful. Captcha ini akan sangat menyulitkan robot untuk mengisi form secara otomatis. Dan beruntungnya recaptcha google dapat diintegrasikan dengan website yang kita punya.



Cara Memasang Recaptcha di Wordpress

1. Masuk ke wordpress kalian masing-masing. Lalu buka menu plugins add new → lalu cari reCaptcha by BestWebSoft di kolom pencarian  klik install now  klik activate

cara pasang captcha google

2. Setelah melakukan instalasi plugin, selanjutnya kita perlu mendapatkan api key dari google recaptcha. Hal ini bertujuan agar website kita dapat berintegrasi dengan google recaptcha. Silahkan buka link berikut ini https://www.google.com/recaptcha/admin/create

3. Cara Pengisian:

  • Label: isi dengan nama website kalian atau bebas
  • Recaptcha type: pilih versi 3 atau versi 2, kali ini kita akan pilih versi 2, lalu pilih im not robot checkbox
  • Domains: tambahkan nama domain website kalian tanpa menggunakan https atau port
  • Owners: boleh menggunakan email yang sudah ada atau tambah email baru
  • Centang pada kotak accept the recaptcha terms of service

cara pasang captcha google sahretech



4. Selanjutnya kalian akan mendapatkan site key dan secret key. salin kedua kunci yang diberikan. Keduanya akan kita gunakan pada setting di wordpress nanti.

sahretech


5. kembali lagi ke wordpress  buka menu recaptcha  pilih recaptcha version 2  isi site key dan secret key

sahretech

6. Scroll ke bawah, kemudian hidupkan recaptcha untuk komentar dan pilih google.com pada recaptcha domain -> scroll ke bawah lagi dan klik save changes

sahretech


7. Ok selanjutnya coba kalian buka salah satu postingan yang ada, kemudian scroll ke bawah. Maka akan muncul kotak iam not robat seperti gambar di bawah ini.

sahretech

Ok sekian tutorial kita kali ini tentang cara menambahkan google recaptcha pada wordpress. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan dapat kalian aplikasikan. Jika ada kesulitan silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi