Cara Mengunci Folder di windows Tanpa Aplikasi Tambahan

Share:
Cara Mengunci Folder di windows Tanpa Aplikasi Tambahan

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara mengunci folder di windows tanpa aplikasi tambahan. Ayo ikuti selengkapnya di bawah ini.








Jika kalian memiliki file pribadi yang tersimpan di dalam folder dan tak ingin dilihat oleh orang lain, memproteksinya dengan kata sandi adalah salah satu solusinya. Apalagi jika komputer atau laptop yang kita gunakan sering dipinjam atau digunakan oleh orang lain.

Di Windows, kalian dapat memproteksi folder pribadi tanpa aplikasi tambahan. Caranya cukup mudah, Namun sayangnya banyak orang yang belum mengetahui cara ini. Berikut ini cara mengunci folder dengan password di windows.


Cara Mengunci Folder dengan Password

1. Masuk ke folder yang ingin diproteksi.

2. klik kanan lalu pilih new  lalu pilih text document

Mengunci Folder di Windows Sahretech
New Text Document



3. Buka text document yang baru dibuat, lalu edit dengan script di bawah ini. Silahkan ganti tulisan PASSWORD dengan password yang kalian inginkan
  

cls @ECHO OFF title Folder Locker if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER :CONFIRM echo Are you sure u want to Lock the folder(Y/N) set/p "cho=>" if %cho%==Y goto LOCK if %cho%==y goto LOCK if %cho%==n goto END if %cho%==N goto END echo Invalid choice. goto CONFIRM :LOCK ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" echo Folder locked goto End :UNLOCK echo Enter password to Unlock folder set/p "pass=>" if NOT %pass%==PASSWORD goto FAIL attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker echo Folder Unlocked successfully goto End :FAIL echo Invalid password goto end :MDLOCKER md Locker echo Locker created successfully goto End :End


4. Kemudian Save AS dengan nama FolderLocker.bat, lalu pada save as type pilih All Files. Kemudian klik save.
Cara mengunci Folder Windows Sahretech
Save As FolderLocker.bat


5. Kemudian klik dua kali pada FolderLocker.bat

cara mengunci folder windows sahretech

6. Selanjutnya otomatis akan membuat folder baru bernama Locker. Folder inilah yang akan kita gunakan untuk menyimpan file-file pribadi. Silahkan pindahkan semua file pribadi kalian ke dalam folder tersebut. Caranya bisa dengan drag and drop pada file yang dipilih.





7. Kemudian klik dua kali pada FolderLocker.bat, kemudian akan muncul jendela command prompt, ketik Y lalu tekan enter untuk mengkonfirmasi bahwa folder akan dikunci.

cara mengunci folder windows sahretech



8. Maka folder Locker otomatis disembunyikan.

sahretech



9. Untuk menampilkan kembali folder Locker, klik dua kali pada FolderLocker.bat. Selanjutnya command prompt akan muncul. Silahkan masukan password yang kalian set sebelumnya. Lalu tekan enter

sahretech



OK, sekarang kalian sudah bisa membuat proteksi pada folder dengan menggunakan trik sederhana. Cara ini bisa kalian gunakan pada windows 11, 10, 8 dan 7. Kalian bisa melakukannya pada semua folder yang ada di komputer kalian.

Sekian tutorial singkat kita kali ini tentang Cara Mengunci Folder dengan Password di windows. Semoga tutorial singkat ini dapat bermanfaat dan dapat dipraktekkan. Jika ada kendala, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini. Sekain dan terima kasih.



No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi