Cara Menampilkan Daftar Log Error di Laravel

Share:
Cara Menampilkan Daftar Log Error di Laravel
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara menampilkan daftar pesan error atau log error di laravel. Ayo ikuti selengkapnya di bawah ini!.



Secara default log aplikasi disimpan oleh laravel pada file storage/logs/laravavel.log. Jadi setiap terjadi error atau exception maka akan dicatat pada file tersebut. Masalahnya, saat aplikasi sudah dideploy atau dipublish di internet maka kita akan kesulitan melihat error yang terjadi. Saat terjadi error laravel hanya akan menampilkan tulisan 550 | server error saja. Untuk memantau error yang terjadi kita bisa menggunakan package yang tersedia di laravel.


Cara Menampilkan Daftar Log Error di Laravel

1. Siapkan sebuah project laravel, kalian bisa menggunakan laravel versi 6,7,8,9 dan seterusnya. Kalian bisa menggunakan project yang ada atau menginstall project laravel baru. Klik tautan berikut ini untuk baca cara instalasi laravel #link

2. Selanjutnya kita akn menginstall package laravel log viewer. Silahkan masuk ke dalam direktori laravel kalian masing-masing. Lalu buka cmd atau terminal dan jalankan perintah di bawah ini.
composer require rap2hpoutre/laravel-log-viewer:2.2.0


3. Setelah proses instalasi selesai, silahkan jalankan perintah di bawah ini.
php artisan vendor:publish


4. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Kemudian masukan angka 9

cara menampilkan daftar error laravel sahretech


5. Setelah proses di atas selesai. Buka config/app.php pada bagian providers edit seperti di bawah ini.


'providers' => [ ... Rap2hpoutre\LaravelLogViewer\LaravelLogViewerServiceProvider::class, //add this script ],


6. Selanjutnya buka file routes/web.php. Lalu tambahkan sebuah route baru.
  

Route::get('log-viewers', [\Rap2hpoutre\LaravelLogViewer\LogViewerController::class, 'index']);


Semua tahapan sudah kita kerjakan, sekarang saatnya melakukan uji coba. Silahkan jalankan perintah php artisan serve. Lalu akses http://localhost:8000/log-viewers. Jika berhasil, maka tampilannya akan tampak seperti di bawah ini.

Cara Menampilkan Daftar Log Error di Laravel Sahretech
Log Viewers



Gambar di atas adalah contoh error yang terjadi selama proses penggunaan aplikasi. Dan jika dipublish di internet, route ini bisa kalian proteksi dengan autentikasi sehingga hanya user tertentu saja yang dapat melihat log error yang terjadi.

Ok, sekian tutorial kali ini tentang cara menampilkan daftar log pada laravel. Semoga tutorial singkat ini dapat bermanfaat dan dapat diimplementasikan. Jika ada pertanyaan, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi