Apa itu CMS?, Kelebihan dan Contoh CMS

Share:
Apa itu CMS?, Kelebihan dan Contoh CMS


Apa itu CMS?

CMS adalah kepanjangan dari content management system yaitu sebuah aplikasi yang memungkinkan kalian untuk menerbitkan dan mengelola konten web secara visual. Setiap konten disimpan rapi, dapat dikategorikan, dapat dicari dengan mudah dan dapat diedit dengan mudah menggunakan text editor.

Dengan menggunakan CMS kalian tidak perlu mahir menggunakan bahasa pemrograman, CMS sangat mudah digunakan karena visualnya yang tidak rumit dan tersedia banyak tutorial dalam bentuk teks atau video. Biasanya, CMS menyediakan akses ke pembuatan dan manajemen post, manajemen user, komentar, perubahan tema, konfigruasi profil website dan ekstensi lainnya yang langsung disediakan oleh CMS tanpa harus kalian buat secara manual.

CMS menjadi solusi yang tepat bagi para pemula hingga profesional untuk membuat website secara praktis, membangun website sesuai keinginan dengan biaya yang dapat disesuaikan dan tanpa pengalaman di bidang pemrograman.


CDA dan CMA

CMS Memilki dua komponen utama yaitu CMA atau Content Management Application dan CDA atau Content Delivery Application. CMA berfungsi untuk mengelola pembuatan konten website agar pengguna dapat dengan mudah menambahkan, mengelola, dan mengedit konten. Biasanya, CMS menggunakan editor WYSIWYG yang memudahkan pengguna dalam menulis artikel layaknya menulis dalam Microsoft Word. CDA akan menampilkan konten yang telah dibuat dan disimpan oleh pengguna ke pengunjung. Pada CMS yang seperti wordpress, CDA dapat disesuaikan dengna mengatur template website atau layout yang dapat diubah secara mudah.


Kelebihan

1. Mudah digunakan – Hadirnya CMS agar semua orang dapat mengunggah dan mengatur konten dengan mudah tanpa harus memiliki keahlian di bidang pemrograman. Tersedia banyak template dan ekstensi yang dapat diperoleh secara gratis dan berbayar. Penggunaanya juga mudah, kalian bisa mengikuti panduan yang disediakan tanpa perlu mengerti secara mendalam tentang bahasa pemrograman

2. Mudah Dikustomisasi - Ada ekstensi dan plugin yang dapat diinstal untuk menambah fungsionalitas baru ke situs web Kalian berdasarkan kebutuhan Kalian. Selain itu, Kalian dapat memilih dari banyak opsi dari direktori resmi dan situs web pihak ketiga.

3. Kustomisasi yang Dinamis – Agar lebih mudah digunakan, biasanya pengembang dan kontributor mennyediakan banyak plugin atau ekstensi. Alat-alat ini akan sangat dibutuhkan untuk menambah fitur, memudahkan manajemen konten dan kalian juga tidak perlu menambahkan plugin dan ekstensi secara manual lewat pemrograman.

4. Manajemen pengguna - Salah satu fungsi CMS adalah menyediakan fungsionalitas manajemen pengguna. Misalnya, WordPress memungkinkan Kalian mengatur peran dan izin pengguna dalam manajemen situs web. Instalasi Mudah - Sebagian besar CMS dapat diinstal secara gratis. Jadi yang perlu Kalian lakukan hanyalah membeli paket domain dan hosting murah.

5. Mudah mengatur pengguna – Agar dapat mengatur CMS lebih mudah, biasanya terdapat fitur manajemen pengguna. Kalian dapat menambahkan pengguna lain dengan role dan hak akses yang berbeda untuk membantu kalian dalam mengelola CMS.

6. Panduan yang lengkap – Agar lebih mudah digunakan platform CMS akan menyediakan panduan secara lengkap. Panudan ini dapat diakses secara gratis di laman penyedia CMS. Biasanya juga terdapat forum yang dapat mebantu kalian mencari solusi masalah yang terjadi. Di internet tersedia panduan lengkap dalam bentuk teks dan video.


Contoh CMS

🌐Wordpress

Wordpress adalah CMS yang sangat populer digunakan saat ini. Salah satu alasannya adalah karena sangat mudah digunakan dan tersedia banyak tema dan ekstensi yang membuat wordpress dapat dikustomisasi sesuai keinginan. Kalian dapat membangun semua jenis website seperti e-commerce, e-learning, portal berita, portfolio pribadi atau organisasi dan jenis website lainnya.

CMS
Wordpress Website

 

Kalian dapat menggunakan plugin atau tema yang disediakan dari yang gratis hingga yang berbayar. Semua disediakan panduan sehingga mudah dalam menggunakannya. Wordpress memiliki komunitas yang besar, dan inilah alasan yang membuat wordpress memiliki banyak plugin dan tema.

Wordpress sangat cocok digunakan oleh pemula sekalipun, tapi website profresional juga menggunakan wordpress untuk menunjang bisnis mereka. Jadi kalian tidak perlu khawatir tentang kehebatan wordpress.


🌐 Joomla

Selain wordpress, joomla juga menjadi salah satu CMS open source terbaik. Sama seperti wordpress, kalian dapat membangun berbagai jenis webiste untuk menunjang kebutuhan bisnis atau pribadi kalian.

CMS
Joomla



Hal yang cukup keren tentang joomla adalah kalian bisa mengatur konten secara terpisah, hal ini bisa sangat membantu jika website yang kalian miliki terdapat berbagai jenis konten yang berbeda. Menu ulasan pada CMS ini juga membantu kalian mengedit file lebih aman.

Namun, pengetahuan teknis dasar diperlukan untuk menggunakan Joomla, sehingga CMS ini sangat cocok untuk pengguna dan pengembang web berpengalaman. Jika Anda ingin menggunakan sistem manajemen konten ini, Anda harus memilih hosting Joomla karena Joomla menawarkan banyak alat manajemen hosting yang mudah digunakan untuk mempermudah pekerjaan Anda.


Dan masih banyak lagi contoh dan jenis CMS lainnya. Ada yang khusus pendidikan, forum, e-commerce, pembuatan website dan masih banyak lagi. Sekian artikel kali ini tentang pengertian CMS, kelebihan dan contoh-contohnya. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi