Mengetahui Nama Hari, Nomor, dan Nama Bulan Dari Tanggal di PHP

Share:
Mengetahui Nama Hari, Nomor, dan Nama Bulan Dari Tanggal di PHP

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara mendapatkan nama hari, nomor hari, dan nama bulan dari tanggal tertentu. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya di bawah ini.


Sebelumnya saya sudah membuat tutorial cara mengambil seluruh tanggal diantara dua tanggal, klik tautan berikut ini untuk membacan. Klik.

Sekarang kita akan mencari tahu, nama hari, nomor hari atau nama bulan dari sebuah tanggal. Fungsi ini sangat cocok untuk aplikasi penjadwalan, perhitungan hari kerja atau perhitungan hari libur. Kalian bisa melakukan improvisasi pada contoh di bawah ini dengan artikel yang sudah saya tulis sebelumnya.


📆 Cara Mengetahui Nama Hari dari Tanggal di PHP

  
// use timestamp $timestamp = strtotime("2022-05-15"); echo date("l", $timestamp); // Output: "Tuesday" // use datetime object $date = new DateTime("2022-05-10"); echo $date->format("l"); // Output: "Tuesday"



📆 Cara Mengetahui Nama Hari Bahasa Indonesia dari Tanggal di PHP



$days = array( 'Sun' => 'Minggu', 'Mon' => 'Senin', 'Tue' => 'Selasa', 'Wed' => 'Rabu', 'Thu' => 'Kamis', 'Fri' => 'Jumat', 'Sat' => 'Sabtu' ); // use timestamp $timestamp = strtotime("2022-05-10"); $day = date("D", $timestamp); echo $days[$day]; // Output: "Selasa" // use DateTime Object $date = new DateTime("2022-05-10"); $day = $date->format("D"); echo $days[$day]; // Output: "Selasa"



📆 Cara Mengetahui Nomor Hari dari Tanggal di PHP


// use timestamp $timestamp = strtotime("2022-05-10"); echo date("N", $timestamp); // Output: "2" // use DateTime object $date = new DateTime("2022-05-10"); echo $date->format("N"); // Output: "2"



📆 Cara Mengetahui Nama Bulan dari Tanggal di PHP



// use DateTime Object $date = new DateTime("2022-05-10"); echo $date->format("F"); // Output: "May"



📆 Cara Mengetahui Nama Bulan dari Tanggal di PHP



$months = array( 'Jan' => 'Januari', 'Feb' => 'Februari', 'Mar' => 'Maret', 'Apr' => 'April', 'May' => 'Mei', 'Jun' => 'Juni', 'Jul' => 'Juli', 'Aug' => 'Agustus', 'Sep' => 'September', 'Oct' => 'Oktober', 'Nov' => 'November', 'Dec' => 'Desember' ); // use timestamp $timestamp = strtotime("2022-05-10"); $month = date("M", $timestamp); echo $months[$month]; // Output: "Mei" // use DateTime Object $date = new DateTime("2022-05-10"); $month = $date->format("M"); echo $months[$month]; // Output: "Mei"


Ok, sekian tutorial kali ini tentang cara mengetahui nama hari, nomor hari dan nama bulan dari sebuah tanggal. Semoga bermanfaat dan bisa diimplementasikan. Jika ada pertanyaan silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi