Cara Menggunakan Packages Composer di Project PHP

Share:
Cara Menggunakan Packages Composer di Project PHP

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara menggunakan composer untuk management plugin di project php. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya di bawah ini.



Composer

Composer adalah alat untuk mengelola depedency di dalam bahasa PHP. Dengan menggunakan composer kita dapat dengan mudah mengunduh plugin /library yang kita perlu, menghapus, mengupdate dan mengelolanya. Karena saat kalian bekerja dengan projek yang besar maka biasanya aplikasi membutuhkan banyak library. Banyaknya library perlu dikelola dengan baik maka disiniliah kalian membutuhkan composer.



Cara Menggunakan Composer

Bahasan utama kita kali ini adalah bagaimana cara menggunakan composer. Kita bahas, karena masih banyak yang belum tahu. Sebenarnya cara menggunakan composer pada real project yang kalian bangun sangatlah mudah. Berikut cara-caranya.

1. Download composer di link berikut ini https://getcomposer.org/Composer-Setup.exe. Lalu install seperti biasa. Pastikan juga kalian sudah menginstall php di dalam komputer kalian. Kalian bisa menginstall xampp atau lampp untuk memudahkan instalasi php.

2. Buat sebuah folder baru dengan nama how_to_use_composer di dalam folder htdocs.

3. Masuk ke dalam folder how_to_use_composer dan jalankan perintah di bawah ini. Perintah ini berfungsi untuk menginisialisasi composer.

composer init


4. Kemudian kalian akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan. Ikuti saja contohnya seperti gambar di bawah ini.

Menjalankan composer
composer init

Setelah selesai menjawab semua pertanyaan, maka file composer.json otomatis dibuat. Isinya kurang lebih jawaban yang kita pilih sebelumnya, dan terdapat daftar plugin atau library yang masih kosong di bagian "require": {}


5. Selanjutnya kita akan mencoba menginstall salah satu packet. Packet yang kita install adalah carbon. Carbon ini biasa digunakan untuk mempermudah pengolahan waktu dan tanggal. Silahkan jalankan perintah di bawah ini untuk menginstall carbon

composer require nesbot/carbon


Untuk melihat daftar packet apa saja yang bisa didownload dari composer kalian bisa mengunjungi packagist.org. Disana terdapat banyak sekali packages yang bisa kalian gunakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi dan juga tersedia dokumentasi penggunaanya.


6. Ok, setelah instalasi selsai, maka akan muncul folder vendor dan file composer.lock. Jika kalian buka composer.json maka pada bagian requirenya sudah berubah.

7. Karena packagesnya sudah kita download. Jadi sekarang saatnya kita menggunakan library tersebut. Buatlah sebuah file baru dengan nama index.php. Lalu ikuti scriptnya di bawah ini.



<?php //wajib menyertakan script di bawah ini untuk menggunakan packages require 'vendor/autoload.php'; use Carbon\Carbon; $jakarta_now = Carbon::now('Asia/Jakarta'); $london_now = Carbon::now('Europe/London'); echo "Jakarta: $jakarta_now <br>"; echo "London: $london_now <br><br>"; echo "Apakah hari ini hari libur?<br>"; if (Carbon::now()->isWeekday()) { echo 'Bukaaan, ini bukan hari libur! <br><br>'; } else { echo 'Liburan! <br><br>'; } echo "Lama Kerja: " . Carbon::createFromDate(2020, 1, 1)->age . "tahun <br>"; ?>


Ok, sekarang saatnya kita melakukan uji coba. Silahkan buka localhost/how_to_use_composer Hasilnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

cara menggunakan composer sahretech
Hasil Akhir


Catatan: Untuk cara penggunaan tiap packages berbeda. Yang pasti dan biasanya kita perlu menambahkan require 'vendor/autoload.php' untuk memanggil packages yang ada di vendor


Ok, sekian tutorial kita kali ini tentang cara menggunakan composer pada project php. Semoga bermanfaat dan bisa diimplementasikan. Jika ada pertanyaan, silahkan tanya di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih.


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi