Apa itu Data Warehouse?, Manfaat, Karakter, dan Komponen

Share:
Apa itu Data Warehouse?, Manfaat, Karakter, dan Komponen


Apa itu Data Warehouse

Data warehouse adalah gudang penyimpan data, dia berupa sistem yang bertugas mengarsipkan data dan menganalisa data yang ada untuk menujang kebutuhan bisnis perusahaan. Transaksi data setiap harinya sangat lah besar dan terus bertambah, jika tidak dikumpulkan secara terstruktur atau teratur maka perusahaan akan sulit menganalisa bisnis kedepannya dan mengambil keputusan.

Gudang ini akan mengumpulkan semua jenis data seperti dokumen, file, data profil pegawai, data gaji, data jabatan, data transaksi penjualan, pembelian dan semua data yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan.



Manfaat Data Warehouse

Beberapa fungsi atau manfaat memiliki dan menggunakan data warehouse secara maksimal yaitu:


1. Mempermudah Dalam Mengambil Keputusan

Data disimpan terpusat secara terstruktur dalam sebuah sistem dan diolah secara otomatis menggunakan sistem membuat stake holder atau pemangku kepentingan tidak perlu repot-repot lagi mengolah data dan mempresentasikannya ke dalam bentuk yang mudah dipahami. Hal ini adalah sebuah keuntungan, stakeholder atau pemangku kepentingan dapat cepat bertindak dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data yang telah disimpan.


2. Mempermudah Akses Data

Karena data simpan secara terstruktur dan terpusat di suatu sistem, hal ini membuat semua orang yang punya akses data menjadi lebih mudah. Sistem hanya perlu mengatur role atau akses setiap user agar user-user tersebut dapat melihat data yang diperbolehkan saja. Tidak seperti jika perusahaan tidak menggunakan data warehouse. Kita mungkin perlu datang ke divisi lain dan menanyakannya secara langsung untuk tau data apa saja yang telah direkap. Atau kita perlu mengumpulkan data dari semua divisi, lalu kita perlu mengolahnya kembali, barulah kita bisa mendapatkan informasinya.


3. Memberikan Informasi Tentang Historical Data

Ini juga bagian yang menarik. Dengan dikumpulkannya data secara berkala atau setiap periode kita bisa membandingkan banyak hal. Seperti tren positif penjualan, apakah penjualan menurun atau meningkat, bagaimana perilaku konsumen dari masa ke masa, bagaimana sikap atau behavior karyawan dari waktu ke waktu, kita juga bisa melihat history perusahaan itu sendiri. Ini adalah sebuah keuntungan untuk bisnis.


Karakteristik Data Warehouse

Sebelumnya saya telah menjelaskan apa itu data warehouse dan apa manfaatnya untuk bisnis. Selanjutnya kita perlu mengetahui karaktersitik data warehouse. Dengan mengetahui karakter atau sifat ini kalian nantinya dapat membedakan mana data warehouse dan mana yang bukan.


1. Berorientasi Terhadap Subjek

Berorientasi terhadap subjek artinya fokus pada tema atau hal yang utama saja. Contohnya seperti produk atau customer. Karena fokus pada tema atau subjek maka seharusnya data warehouse lebih terklasifikasi dan lebih terstruktur. Hal ini memudahkan manajemen untuk melihat data perkategorinya.


2. Integrasi Data

Data warehouse menyimpan berbagai data bisa document, file, mp4, foto, video, audio, data karyawan, pembelian, penjualan dan data lainnya. Data ini jenisnya bervariasi, data warehouse seharusnya dapat menggabungkan setiap data bahkan dari divisi lain sekalipun. Hal ini penting, karena akan menghasilkan insight baru bagi perusahaan.


3. Statis dan Terbentuk Secara Periodik

Biasanya data yang dihimpun sama dari periode ke periode. Artinya ini bersifat statis. Data ini akan bertambah secara masif dari waktu ke waktu atau dari periode ke periode. Tapi karena polanya statis maka sistem tidak perlu membuat perhitungan dan analisa baru tentang data yang dikumpulkan.



Komponen Data Warehouse

Berikut ini terdapat 5 komponen utama penyusun data warehouse, yaitu:

1. Gudang

Komponen utama yang pertama adalah tempat penyimpanan data atau bisa kita sebut dengan gudang. Bentuknya dapata bervariasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Diantaranya aplikasi data warehouse, aplikasi analytics, cloud hosted atau VPS, server, RDBMS


2. Menajemen Gudang Data

Meski virtual dan menggunakan aplikasi untuk mengelolanya. Pihak yang ditunjuk untuk mengawasi dan mengontrol data warehouse tetaplah ada. Karena manusia masih dibutuhkan untuk mengeksekusi data tertentu, atau untuk menginstruksikan kepada komputer agar data yang dihimpun bisa dianalisa. Terkait pekerjaan manajemen gudang data adalah, memasikan gudang data aman, dapat diakses, data yang disimpan tidak berantakan, monitoring, controling, memastikan pembaruan data, backup dan laporan hasil.


3. Tools Akses

Terdapat beberapa tools untuk memudahkan dan mendukung strategi bisnis perusahaan dalam mengoptimalkan data warehouse. Diantaranya kalian dapat menggunakan konsep data mining, OLAP, query reporting atau mengembangkan sistem grafik dan analisa sendiri jika kalian atau tim perusahaan memiliki kemampuan di bidang programming 


4. Tools ETL

ETL adalah singkatan dari extract, ftransform, and load. yaitu proses dalam pengambilan data yang nanti dapat dimodifikasi atau diolah agar mendapatkan berbagai insight baru nantinya. Tools ini nantinya dapat mempengaruhi waktu, metode, dan tipe modifikasi data.


ok sekian artikel kita kali ini tentang pengertian data warehouse, manfaat, karakteristik dan komponen-komponennya. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi