Apa itu Cloud Computing, Manfaat dan Jenis-jenisnya

Share:
Apa itu Cloud Computing, Manfaat dan Jenis-jenisnya


Cloud Computing

Cloud computing adalah teknologi yang memungkinkan kalian untuk bekerja dan menyimpan data melalui internet. Menyimpan file, mengerjakan tugas, dsb bisa dilakukan melalui internet dan tidak lagi melalui komputer lokal. Cloud computing terbagi menjadi tiga jenis yaitu software as a service, platform as a service, dan infrastructure as a service. Ketiga jenis cloud computing ini akan saya bahas di artikel ini.

Jika kalian pernah mendengar istilah cloud storage, itu adalah bagian dari cloud computing. Tapi sebenarnya cloud computing itu jauh lebih luas dan banyak hal bisa dikerjakan. Intinya kita tidak lagi menyimpan dan bekerja menggunakan sumber daya (resource) laptop atau komputer pribadi. Kalian tinggal mengakses situs seperti google doc, google spreadsheet, google drive, atau lainnya. kemudian mulai bekerja dengan platform tersebut. Setiap kali kalian ingin bekerja, kalian harus mengaksesnya menggunakan internet.




Fungsi Cloud Computing

Hadirnya cloud computing telah memberikan manfaat yang luar biasa pada bisnis. Apa saja manfaat dari cloud computing?

1. Kemudahan Akses

Dengan menggunakan teknologi cloud computing. Kita dapat bekerja dimanapun, kapanpun, dan dari perangkat apapun. Asalkan kalian memiliki internet yang cukup untuk mengakses platform itu semua. Jadi tidak perlu khawatir jika komputer kalian tertinggal atau rusak. Karena datanya tetap aman selagi platform tersebut masih bisa diakses.


2. Meningkatkan Efektivitas Kerja

Terkait dengan kemudahan akses, hal ini membuat semua tim mudah mengakses tugas yang diberikan. Tim juga bisa bekerja dimanapun karena bisa diakses secara bersamaan. Informasi juga jadi cepat tersampaikan. Karena antara pengirim dan penerima dapat segera mengetahuinya hanya dengan mengakses platform yang dimaksud.


3. Efisiensi Biaya

Dengan menggunakan cloud computing, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Perusahaan tidak perlu membeli komputer server, atau melakukan maintenance server. Semua itu akan dilakukan oleh si penyedia atau si pemilik server.



Jenis Cloud Computing

Terdapat 3 jenis cloud computing yang sempat saya singgung di atas. Apa saja 3 jenis layanan cloud computing tersebut dan penjelannya?


1. Software as a Service (Saas)

Software as a service, adalah layanan cloud computing yang paling sering digunakan saat ini. Dimana kita sebagai pengguna tinggal menikmati aplikasi yang disediakan oleh si pemilik. Contohnya seperti gmail, facebook. Google doc, google drive, office.com, netflix dan berbagai macam layanan lainnya.

Layanan-layanan ini tersedia secara gratis atau berbayar. Jika gratis, biasanya si pemilik layanan akan menampilkan iklan atau kita hanya dapat mengakases fitur, informasi, jumlah storage atau hiburan tertentu. Contohnya seperti google drive, jika kita berlangganan maka kita dapat mendapatkan storage yang berlipat dari versi gratis. Youtube premium misalnya, kita dapat mendengarkan audio tanpa membuka apliksi atau terbebas dari gangguan iklan.


2. Platform as a Service (Paas)

Selanjutnya ada platform as a service. Layanan ini memungkinkan kita untuk menguload dan memiliki aplikasi secara online dan dapat digunakan oleh semua orang. Contohnya adalah VPS atau hosting. Biasanya blogger atau perusahaan yang tidak memiliki server akan menggunakan layanan ini. Jadi pada layanan ini kita bebas mengatur dan memaintenance aplikasi yang kita buat.


3. Infrastructure as a Service (Iaas)

Selain Saas dan Paas ada layanan cloud computing lain yaitu inrastructure as a service. Layanan ini memungkinkan kita menyewa infrastruktur dari penyedia layanan. Kita tidak hanya dapat mengupload aplikasi atau website. Tapi kita juga bisa menyewa satu server utuh dengan spesifikasi yang kita tentukan sendiri. Kita bisa menentukan apa prosessor yang digunakan, berapa besar ram yang digunakan, berapa besar storage yang digunakan dan infrastruktur lainnya.

Pengguna Iaas biasanya adalah perusahaan teknologi dan yang sudah memiliki banyak pengguna. Mereka membutuhkan resource yang besar dan ingin mengelolanya sendiri secara mandiri.


Ok sekian artikel singkat kita kali ini tentang apa itu cloud computing, manfaat dan jenis-jenis layanannya. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi