Sejarah Singkat Perjalanan Domain dari Awal Hingga Saat Ini

Share:
Sejarah Singkat Perjalanan Domain dari Awal Hingga Saat Ini


Sejarah Singkat Domain  

Pada awal perkembangannya, internet cuma dipakai sebagai sarana komunikasi oleh kelompok militer saja. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat umum pun mulai membutuhkan internet. Inilah yang kemudian menjadi penggagas terbentuknya organisasi IANA yang bertugas mengatur sistem penamaan domain. Namun sekarang, karena penggunaan internet sudah secara global maka kekuasaan mengatur domain diberikan kepada ICANN. Mari kita bahas sejarah domain terlengkap dari awal dibentuk hingga sekarang:


📅1972 – Lahirnya IANA

Tahun 1972 merupakan awal dimulainya domain. Internet pada awalnya diperuntukkan hanya untuk sarana komunikasi militer yang dikenal sebagai ARPA(Advanced Research Projects Agency).
Namun karena adanya permintaan untuk penggunaan internet secara umum, maka NSF(National Science Foundation) memutuskan membentuk IANA atau Internet Assigned Numbers Authority.
Pembentukan IANA bertujuan untuk menstandarisasi sistem penamaan komputer yang terhubung pada jaringan. Sistem ini bertugas untuk memastikan bahwa semua perangkat mempunyai angka unik yang disebut IP atau Internet Protocol.


📅1983 – Pengembangan DNS

Ditahun 1983, Paul Mockapetris mengembangkan DNS (Domain Name System) karena sistem penamaan pada IP dianggap agak asing oleh pengguna. DNS dibuat agar sistem pembuatan alamat host dalam jaringan menjadi lebih sederhana.
Dengan dikembangkannya DNS, pengguna internet tidak perlu lagi harus mengingat dan mengetikkan IP Address yang diterapkan pada setiap komputer.  


📅1985 – Pengguna TLD Pertama

Pada tahun 1985, TLD atau generic Top Level Domain mulai dikenalkan ke publik. TLD ini merupakan bagian akhir dari sebuah domain. Diawal kemunculannya, ada 6 TLD yang tersedia, yaitu: 

1 .com: dipakai pada komersial atau bisnis
2 .org: dipakai pada organisasi nirlaba
3 .net:  dipakai pada organisasi atau perusahaan yang bergerak di bidang layanan komunikasi atau jaringan (network)
4 .mil:  dipakai pada organisasi militer
5 .edu: dipakai pada institusi pendidikan
6 .gov: dipakai pada lembaga pemerintahan   

Symbolics Inc menjadi perusahaan produsen komputer pertama yang mendaftar pada domain.com. Pada 15 Maret 1985 nama domain symbolics.com resmi didaftarkan.


📅1995 – Penetapan Harga Sewa Domain

Pemerintah Federal Amerika Serikat berkeinginan untuk memprivatisasi infrastruktur internet yang dibiayai pengembangannya oleh pemerintah. Di tahun 1995 inilah kemudian pendaftaran nama domain mulai dikenakan biaya. Harga yang dipatok untuk pendaftaran domain adalah sebesar Rp 1,5 juta untuk masa waktu 2 tahun. Pemerintah lalu menunjuk  NSF untuk mengurusi persoalan biaya pendaftaran nama Domain.


📅1998 – Pembentukan ICANN

Awalnya, IANA yang ditunjuk pemerintah Amerika Serikat untuk berperan mengkoordinasi sistem internet. Namun pada tahun 1998, Bill Clinton selaku presiden AS mendesak Departemen Perdagangan AS untuk membuat organisasi swasta yang bertugas mengatur DNS karena beliau melihat adanya pertumbuhan kebutuhan internet secara global.

Permintaan ini direspon oleh Departemen Perdagangan dengan mengeluarkan proposal yang berisi tentang pengelolaan DNS secara internasional akan dipegang resmi oleh ICANN atau Internet Corporation for Assigned Names and Numbers. 

Walaupun ICANN ditunjuk sebagai pengelola resmi namun kinerja mereka tetap diawasi dan dikontrol oleh pemerintah AS. Perjanjian ini telah tertulis dan bersifat mengikat dalam kontrak kerjasama antara Departemen Perdagangan AS dengan ICANN.


📅2006 dan 2007 – Lahirnya PANDI

Sementara sejarah domain di Indonesia sendiri, berawal dari dibentuknya Pengelola  Nama Domain Internet Indonesia atau PANDI pada tanggal 29 Desember 2006. PANDI merupakan organisasi nirlaba hasil bentukan komunitas internet Indonesia dengan pemerintah untuk menjadi registry domain.id.
Dan di tahun 2007 tepatnya pada 29 Juni, secara resmi pengelolaan seluruh domain internet Indonesia diserahkan Departemen Komunikasi dan Informatika RI kepada PANDI.


📅2013 –  Kombinasi 4 Huruf untuk Domain .com telah habis

WhoApi, startup yang bertugas menganalisis data domain melaporkan bahwa seluruh kombinasi empat huruf untuk domain.com sudah habis terdaftar. Total peluang kombinasi empat huruf untuk membuat domain dengan ekstensi.com tersebut berjumlah 456.976.


📅2014 – Perilisan TLD baru

Sejarah mencatat bahwa Imbas dari habisnya kombinasi domain empat huruf untuk domain.com adalah perilisan TLD baru. Di tahun 2014, ICANN merilis ratusan TLD baru mulai dari .biz, .info, .music, dan banyak lagi.
Pada tahun 2014 juga mulai dihapuskannya beberapa pembatasan pada pemakaian TLD lama. Sebagai contoh yang awalnya pendaftaran .org hanya untuk organisasi non-profit saja kini diperbolehkan digunakan untuk umum.


📅2016 – Berakhirnya Kontrak ICANN

Di tahun 2016, kontak kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dengan IVANN resmi berakhir. Dan artinya sekarang ICANN memegang kendali secara penuh untuk mengatur DNS tanpa ada campur tangan oleh pemerintah AS lagi.


📅2022 – 341,7 Juta Domain Sudah resmi Terdaftar 

Sampai saat ini, ada 341,7 juta domain yang telah terdaftar dari keseluruhan TLD yang tersedia. Angka yang fantastis bukan?


ok, sekian artikel kali ini tentang sejarah perkembangan domain. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat. Jika ada yang ingin bertanya atau sharing silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi