Pengertian Prosessor, Komponen dan Cara Kerja Prosessor

Share:
Pengertian Prosessor, Komponen dan Cara Kerja Prosessor
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang prosessor. Apa itu prosessor?, fungsi, cara kerja, dan komponen yang ada pada prosessor. Ayo ikuti pembahasannya di bawah ini.

💻 Prosessor

Prosessor di dalam komputer adalah pemain utama atau otak dalam menggerakkan segala aktivitas atau proses yang dijalankan. Semakin bagus prosessor yang dipilih, maka semakin baik pula proses yang dikerjakan. Prosessor juga disebut sebagai CPU(central processing unit). CPU berbentuk sirkuit elektronik yang dapat menjalankan operasi artimatika, logika, controling, input dan output yang didasarkan oleh perintah program.

Processor Sahretech
Ilustrasi Processor


 
 


🔭 Fungsi Prosessor

Dari sedikit penjelasan di atas, kita sudah dapat menyimpulkan bahwa salah satu fungsi prosessor adalah menggerakkan setiap aktivitas atau proses yang berjalan. Adapun penjabaran fungsi lengkapnya sebagai berikut:

1. Pusat pemrosesan data dalam sistem komputer
2. Mengatur lalu lintas proses dan membagikannya ke komponen-komponen yang membutuhkan seperti ram, memory, kamera, keyboard, dan komponen lainnya.
3. Menjaga performa dan stabilisasi komputer
4. Mendukung kegiatan spesifik komputer seperti desain, rendering, perhitungan aritmatika, logika, dsb


📦 Komponen Prosessor

1. Control Unit (CU)

Mengatur jalannya kegiatan atau aktivitas yang sedang dikerjakan oleh komputer, dimulai dari input sampai ouput. Juga mengatur bagaimana multi proses yang terjadi dalam satu waktu dieksekusi secara berurutan dan membagikannya ke komponen-komponen yang membutuhkan seperti ram, vga, harddisk, ssd, ethernet modul dsb secara bergantian tanpa crash

2. Aritmatics Logical Unit(ALU)

Prosesor bertanggung jawab melakukan perhitungan aritmatika sesuai instruksi program komputer. Unit ini dibutuhkan agar proses atau aktivitas dapat dikerjakan dengan benar tanpa ada kesalahan akibat perhitungan yang salah.

3. Register Unit(RU)

Unit ini adalah komponen penyimpanan yang ukurannya lebih kecil dari main memory atau memory utama, namun memiliki kecepatan akses yang sangat tinggi. Data disimpan sementara selama proses eksekusi terjadi. Data yang telah diproses di unit CU dan unit ALU nantinya akan disimpan di komponen atau unit ini kembali, dan nanti datanya akan diolah kembali.

  

👻 Cara Kerja Prosessor

Sederhanannya saat kita melakukan aktivitas terentu di sebuah komputer entah itu mengetik, menjalankan kursor mouse, klik icon aplikasi dan semua aktivitas lainnya. Maka aktivitas tersebut akan dilanjutkan ke prosessor. Lalu prosessor akan mengatur lalu lintas proses yang kita lakukan. Kemudian prosessor mengirimkannya kembali ke unit dan komponen terkait untuk mengeluarkan output yang kita inginkan.

Jadi singkatnya Input → proses → output. Itu adalah gambaran mudahnya. Secara teknis, prosessor setidaknya mengerjakan 4 proses sebagai berikut:

1. Fetch

Prosessor mengambil instruksi yang akan dieksekusi dari memori komputer. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Instruksi dilakukan oleh user, berupa ketikan, klik pada mouse, atau membuka aplikasi tertentu.


2. Decode

Setelah data itu diambil, maka prosessor akan membaca satu persatu instruksi yang diberikan. Pembacaan ini berfungsi agar prosessor mengerti apa yang dinginkan oleh user dan dapat meneruskannya ke unit atau komponen terkait sesuai dengan arahan instruksi tersebut.


3. Execute

Setelah dibaca dan dipahami, barulah prosessor menjalankan instruksi yang diberikan, sekaligus menyampaikannya pada komponen terkait. Dan disinilah prosesor menjalankan unit artimatika atau disingkat ALU.


4. Store

Setelah dieksekusi pada unit ALU. Selanjutnya hasil eksekusi akan disimpan di dalam memori utama atau register unit(RU). Dan hasilnya dapat diambil kembali jika diperlukan.


Prosessor akan melakukan tahapan tahapan ini secara berulang-ulang dengan kecepatan yang telah ditentukan oleh clock speed. Pemilihan prosessor yang baik akan mempercepat proses yang dikerjakan. Selain itu, dukungan SSD dan kapasitas mermoi ram yang besar juga sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja prosessor.

Sekian artikel kali ini tentang pengertian prosessor, komponen dan cara kerja prosessor. Semoga artikel kali ini bermanfaat, jika ada pertanyaan, dan saran silahkan kirim komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi