Cara Menonaktifkan Fitur Download di Google Drive

Share:
Cara Menonaktifkan Fitur Download di Google Drive
Google Drive adalah salah satu platform penyimpanan cloud pembelajaran termudah yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja dengan sebaik-baiknya. Dengan penyimpanan gratis 15GB yang tersedia untuk setiap pengguna, kalian dapat menyimpan file, foto, video, dll. sebanyak mungkin. Bagian terbaik tentang platform ini adalah bahwa Google membawa banyak pembaruan dan fitur baru dari waktu ke waktu membuatnya jauh lebih layak bagi pengguna. Salah satunya adalah proses di mana kalian dapat menonaktifkan opsi unduhan di Google Drive.



Sekarang, muncul pertanyaan mengapa ada orang yang mau melakukan hal seperti itu? Nah, sering kali, saat kalian berbagi file atau dokumen apa pun dengan pengguna lain, dan kalian tidak ingin mereka mengunduhnya, fitur ini sangat berguna. Fitur ini telah aktif selama beberapa waktu sekarang dan tidak semua orang menyadarinya.


Cara Menonaktifkan Opsi Unduhan di Google Drive

Penting untuk dicatat bahwa opsi nonaktifkan unduhan di Google Drive hanya tersedia di versi web. Berikut adalah bagaimana kalian bisa melakukannya.

1. Buka halaman web Google Drive dan masuk dengan akun kalian.
2. Sekarang, klik kanan pada dokumen yang ingin kalian nonaktifkan unduhannya.
3. Pilih opsi Bagikan.

Disable Download Google Drive
Klik kanan → Bagikan


4. Klik ikon roda gigi di sudut kanan atas jendela.

Disable Download Google Drive
Klik roda gigi



5. Nonaktifkan kotak pada opsi "Pelihat dan pengomentar dapat melihat opsi untuk mengunduh, mencetak, dan menyalin".

Disable Download Google Drive
Menonaktifkan Opsi Download


Setelah selesai kembali ke dokumen kalian. Untuk memastikannya berfungsi, kalian dapat membuka berbagi tautan dan memeriksa opsi menu File. Hasilnya bisa kalian lihat seperti gambar di bawah ini, terlihat opsi download tidak tersedia dan opsi cetak tidak dapat digunakan.

Disable Download Google Drive
Hasil Akhir

Ok sekian tutorial kali ini tentang cara menonaktifkan fitur download di google drive, semoga bermanfaat. Jika ada yang perlu didiskusikan silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik